Mendapat kabar duka dari teman atau kerabat yang kehilangan orang terdekatnya pasti membuat kita ikut merasakan kesedihan. Tak jarang ada rasa kasihan yang membuat kita ingin segera membantu dan menghibur supaya keadaan menjadi lebih baik. Perasaan duka akibat kehilangan orang terdekat akan membuat seseorang lebih sensitif. Ucapan turut berduka cita dan niat yang baik bisa saja menjadi salah arti sebab tidak peka melihat suasana.

Sebagai orang terdekat, kita harus mengerti bahwa sedih adalah respon normal saat kehilangan seseorang yang berarti. Seseorang yang sedang berduka memang membutuhkan semangat dan motivasi untuk mengurangi rasa sedihnya. Namun, tidak semua ucapan turut berduka cita itu pantas diungkapkan pada saat berduka. Agar tidak salah mengucapkan duka cita, ada baiknya pikirkan dahulu kata-kata yang ingin diungkapkan. Jangan sampai orang yang mendengarnya malah lebih bersedih.

ucapan belasungkawa

Berikut tips yang bisa dilakukan ketika ingin mengucapkan ucapan turut berduka cita :

  1. Jangan menghakimi perasaannya ketika bersedih

Kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup pasti sangat menyedihkan. Alih-alih ingin menasehati supaya tidak terlarut dalam kesedihan, hal ini justru menghakimi perasaannya. Jangan meminta seseorang untuk berhenti menangis, terlebih sampai memintanya untuk tidak bersedih. Ungkapan ini justru bisa memperburuk suasana hatinya.

Berikan waktu untuknya supaya bisa menenangkan diri. Biarkan ia menangis agar perasaannya lebih lega atas kehilangan yang terjadi. Lebih baik katakan “Pasti rasanya kehilangan itu berat. Tidak apa-apa jika mau menangis, setelah ini kamu bisa lebih tegar.” Lalu biarkan ia menenangkan dirinya sampai merasa lebih stabil.

Baca juga : Bermitra Dengan Sejumlah Pihak, Kamboja Permudah Biaya Pemakaman

  1. Jangan terlalu banyak memberikan pertanyaan

Ketika sedang berduka, suasana hati seseorang cenderung tidak stabil. Jangan bebankan ia dengan pertanyaan yang sulit dijawab seperti “seperti apa kejadiannya?” . Tidak semua orang mampu menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Apalagi jika kondisinya masih syok atas kejadian yang dialami. Hal ini bisa menjadi tekanan tersendiri bagi dirinya, terlebih hampir setiap orang datang menanyakan hal yang sama. Cukup berada didekatnya, biarkan ia bercerita dengan sendirinya jika ingin.

  1. Tidak perlu memberikan nasehat saat berduka

Tidak ada salahnya berniat menghibur seseorang yang berduka, salah satunya dengan memberikan nasehat. Namun cara ini kurang tepat jika dilakukan pada saat berduka. Setiap orang memiliki rasa kehilangan yang berbeda dan cara berduka yang berbeda. Jika menasehati pada saat seperti ini, bisa jadi malah membuat seseorang merasa tersudut dan bersalah.

Kita tidak pernah benar-benar tahu perasaan seseorang. Baiknya hormati momen berduka seseorang, jangan menasehati apalagi membandingkan kondisinya dengan orang lain. Lebih baik memberikan dukungan dengan cara menemaninya hingga kondisinya lebih stabil.

  1. Berusaha memperbaiki keadaan dengan menawarkan bantuan

Menawarkan bantuan sebagai salah satu cara membantu seseorang yang berduka memang tidak salah. Namun tak jarang seseorang yang berduka akan menolak ketika ditawarkan bantuan. Terus bertanya atau bahkan berusaha menghiburnya malah membuat seseorang tidak nyaman.

Apalagi berusaha mencairkan suasana dengan bercanda, hal ini justru tidak sopan dan bisa melukai perasaan seseorang. Jika ingin membantu, sebaiknya temani ia sampai prosesi pemakaman selesai atau  langsung tawarkan apa yang ia butuhkan seperti makanan dan minuman. Lakukan apa saja yang terbaik tanpa menyinggungnya dan biarkan ia menenangkan perasaannya.

  1. Mencoba menghibur dengan mengajaknya jalan-jalan

Saat seseorang kehilangan orang yang dicintai, situasi ini menjadi pengalaman emosi yang sangat berat. Tak jarang seseorang akan memilih menenangkan diri di rumah. Jangan memaksanya untuk keluar dan berjalan-jalan, hal ini tidak akan membuatnya lupa dengan rasa sedih. Jika seseorang dirasa berubah, kita harus paham bahwa hal itu terjadi sebab kehilangan orang terdekat tidaklah mudah. Biarkan ia berdamai dengan diri sendiri, berikan ia waktu. Selalu perhatikan jika perubahan dirinya mulai mengkhawatirkan.

Kesedihan atas sepeninggalan orang terdekat memang tidak mudah dilewati. Banyak beban yang mereka tanggung, namun siapapun harus siap dengan kondisi yang akan terjadi. Kamboja hadir memberikan solusi #UntukMereka saat hari duka itu tiba. Kamboja memberikan perlindungan mulai dari mengurus segala sesuatu saat proses pemakaman, menjamin pembiayaan yang diperlukan, hingga dana tunjangan bagi keluarga yang ditinggalkan. Kehilangan sudah menjadi kondisi terberat bagi mereka, jangan tambahkan lagi dengan beban lainnya. Daftarkan diri dan keluarga menjadi anggota Kamboja untuk perlindungan di masa depan melalui Daftar Sekarang.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman