Setiap orang tentu pernah merasakan berduka, banyak hal yang menyebabkan orang tersebut mengalami kedukaan, bahkan ada yang sampai mengalami rasa duka secara mendalam. Salah satunya karena orang tersebut kehilangan seseorang yang dicintai.

Ini merupakan saat yang sangat sulit untuk dilalui. Apalagi ketika sudah banyak momen yang sama-sama telah dilalui. Jika ini terjadi pada keluarga, sahabat, teman, atau saudara Anda, maka pastikan Anda tahu cara menghiburnya.

Anda harus paham bagaimana cara menghibur hati yang berduka tersebut. Jangan biarkan kerabat Anda terus-menerus meratapi kedukaannya.

Cara Efektif Mendukung Orang yang Sedang Berduka

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang sedang dirundung duka, ada beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan, yaitu:

1. Menghubungi Orang Tersebut

Cara pertama yaitu cobalah untuk menghubunginya. Anda bisa mulai dengan mengucapkan salam lalu coba tanyakan kabarnya. Tidak perlu bertanya tentang perasaannya karena sudah pasti orang yang berduka merasa sedih.

Lebih baik Anda bisa bertanya kira-kira apa yang dapat Anda lakukan untuk orang tersebut. Usahakan ketika Anda menghubunginya mampu menghibur suasana hati orang tersebut. Cara ini efektif untuk membuatnya merasa diperhatikan dan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan orang tersebut.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Untuk menghilangkan rasa sedihnya, Anda juga bisa menjadi sosok pendengar yang baik. Di sini Anda tidak perlu banyak bicara kepada orang yang sedang berduka. Tidak perlu juga terlalu memberi nasihat yang membuat suasana hatinya menjadi lebih buruk.

Tugas Anda hanya menjadi pendengar dan berusaha mendengarkan apa yang menjadi keluh kesahnya. Intinya Anda harus lebih banyak diam. Memang terkesan sederhana namun cara tersebut efektif untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dan berusaha selalu ada untuk orang tersebut.

3. Membiarkannya Mengungkapkan Emosi

Beberapa orang mampu menahan rasa duka yang dia alami. Mereka cenderung tetap bisa bergairah dan menunjukkan perasaan senang kepada orang lain. Meskipun di dalam hatinya sedang merasakan kesedihan yang mendalam.

Namun tidak sedikit orang yang tidak bisa menahan perasaannya. Salah satu cara untuk mengungkapkan kesedihannya yaitu dengan menangis. Biarkan orang tersebut menangis dan meluapkan emosinya.

Ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu melarangnya untuk menangis. Dengan menangis, umumnya orang akan merasa lega karena apa yang dirasakannya telah ia ungkapkan melalui tangisannya.

4. Tidak Menghakimi

Emosi seseorang yang tengah berduka biasanya tidak stabil. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda cukup bersabar dan cobalah menahan diri. Jangan menghakimi orang tersebut meskipun tindakan yang ia lakukan mungkin kurang tepat.

5. Mendukung Harapannya

Cara lain yang dapat Anda lakukan agar duka orang tersebut hilang yaitu berusaha mendukung harapannya. Anda bisa bertanya kira-kira apa yang menjadi harapannya. Kemudian Anda juga perlu menjelaskan padanya bahwa Anda memberikan support padanya.

6. Berikan Bantuan Secara Nyata

Seseorang yang tengah berduka juga perlu Anda berikan bantuan secara nyata. Bantuan tersebut bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya Anda menawarkan diri untuk membantu dalam membelikan makanan, menghubungi toko bunga, mengurus pemakaman, dan sebagainya.

Berkaitan dengan pengurusan pemakaman, ada jasa pemakaman terpercaya yaitu Kamboja. Saat ini, Kamboja juga telah terpercaya mengurusi pemakaman termasuk layanan jasa on demand service pemakaman. Proses pengurusan makam terbilang mudah. Anda tidak perlu melakukan proses yang rumit dan proses biaya pemakamannya pun juga masih terjangkau.

Bagi Anda yang tinggal di Bandung, Anda bisa menggunakan jasa pemakaman Bandung yang disediakan oleh Kamboja. Kamboja juga menawarkan jasa pemakaman Bekasi dan pemakaman Bogor bagi Anda yang tinggal di daerah Bekasi dan Bogor.

7. Peluk Dia

Tidak bisa dipungkiri, pelukan merupakan cara yang efektif untuk menenangkan seseorang. Jika Anda memiliki teman atau saudara dekat yang tengah berduka, Anda bisa memberikan pelukan yang hangat.

Meskipun sederhana, pelukan tersebut mampu menenangkan pikiran dan meredam kesedihan atau kekesalan seseorang. Akan tetapi, sebelum Anda mulai memeluk seseorang, mintalah izin terlebih dahulu. Ini karena tidak semua orang merasa nyaman dipeluk karena ada beberapa yang malah tidak merasa nyaman.

Jika orang tersebut mengizinkannya, Anda bisa memeluknya dan berusaha menenangkan suasana hatinya. Ketika orang tersebut merasa nyaman, bukan tidak mungkin ia malah menangis di pundak Anda.

8. Ajak Berkegiatan

Cara berikutnya untuk membantu seseorang yang tengah berduka adalah dengan mengajaknya bepergian. Mungkin orang tersebut suka melakukan aktivitas di luar atau mengunjungi tempat-tempat tertentu. Anda bisa menawarkan padanya untuk healing agar pikirannya menjadi lebih tenang.

Tanyakan aktivitas apa yang dia suka atau tempat mana yang ingin dikunjungi. Daripada hanya berdiam dan memikirkan hal tersebut, akan lebih baik Anda melakukan aktivitas outdoor dan melakukan hal-hal positif. Cara ini akan membantu mengalihkan pikirannya.

9. Membawakan Makanan

Bagi yang tahu apa makanan favorit teman atau saudaranya tersebut, Anda bisa langsung membawakan makanan kesukaannya. Tidak perlu bertanya apakah dia mau memakannya atau tidak. Bisa langsung membawanya dan menjadikan hal yang spesial untuknya.

Sudah Paham Cara Menghibur Orang yang Berduka?

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menunjukkan reaksi atau penerimaan ketika mengalami duka yang mendalam. Ketika dialami orang terdekat Anda, Anda dapat membantunya dengan menghibur serta memposisikan diri Anda sebagai pendengar yang baik.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0