Kehilangan seseorang yang dicintai adalah pengalaman yang penuh emosi, dan di tengah-tengah kesedihan tersebut, ada banyak urusan praktis yang perlu ditangani. Salah satu dari urusan tersebut adalah pengurusan kematian.

Bagi banyak orang, mencari tahu biaya pengurusan kematian bisa menjadi tugas yang menantang dan membingungkan. Namun, di era globalisasi seperti sekarang, layanan pengurusan kematian internasional semakin menjadi pilihan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa dari Kamboja. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang biaya pengurusan kematian, mulai dari prosedur hingga pengurusan akta kematian, serta memperkenalkan pilihan menggunakan layanan dari Kamboja.

Prosedur Pengurusan Kematian

Prosedur pengurusan kematian merupakan serangkaian langkah yang harus diikuti setelah seseorang meninggal dunia. Meskipun prosedur ini dapat sedikit bervariasi tergantung pada lokasi geografis dan kebijakan setempat, ada beberapa langkah umum yang biasanya harus diambil oleh keluarga atau pihak yang bertanggung jawab. Berikut adalah penjelasan rinci tentang prosedur pengurusan kematian:

1. Pemberitahuan Kematian

Langkah pertama setelah kematian seseorang adalah memberi tahu otoritas yang berwenang. Biasanya, ini dilakukan dengan menelepon layanan darurat atau polisi (jika kematian terjadi di rumah atau dalam keadaan yang tidak terduga) atau menghubungi rumah sakit atau pusat perawatan jangka panjang (jika kematian terjadi di fasilitas medis).

Di beberapa tempat, ada juga prosedur khusus yang harus diikuti saat memberi tahu kematian kepada otoritas setempat.

2. Pengumpulan Dokumen dan Informasi

Setelah pemberitahuan kematian, keluarga atau pihak yang bertanggung jawab perlu mengumpulkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk proses selanjutnya.

Dokumen-dokumen ini mungkin termasuk identifikasi pribadi (seperti kartu identitas atau paspor), dokumen medis (seperti catatan medis atau surat keterangan kematian dari dokter), dan informasi tentang preferensi pemakaman atau upacara.

3. Penentuan Pilihan Penguburan atau Pemakaman

Setelah mengumpulkan dokumen dan informasi yang diperlukan, keluarga harus memutuskan apakah akan mengubur atau memakamkan jenazah. Keputusan ini sering didasarkan pada preferensi budaya, agama, atau pilihan pribadi yang telah diungkapkan oleh orang yang meninggal sebelumnya.

4. Perencanaan Upacara Pemakaman

Jika keluarga memilih untuk mengadakan upacara pemakaman atau penghormatan, mereka perlu merencanakannya dengan hati-hati. Ini mungkin melibatkan berbagai detail, seperti lokasi, waktu, tema, musik, dan partisipasi dari anggota keluarga atau teman-teman yang ingin berkontribusi.

5. Pengurusan Dokumen Resmi

Setelah keputusan tentang penguburan atau pemakaman diambil, keluarga harus mengurus semua dokumen resmi yang diperlukan oleh otoritas setempat. Ini termasuk proses seperti mendapatkan akta kematian resmi, mengisi formulir administrasi, dan membayar biaya yang mungkin terkait dengan prosedur ini.

Berapa Biaya Pengurusan Kematian?

Biaya pengurusan kematian dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk lokasi, jenis layanan yang dipilih, dan kebutuhan tambahan seperti transportasi atau pengurusan dokumen. Berikut ini beberapa biaya umum yang terkait dengan pengurusan kematian:

A. Biaya Pemakaman atau Penguburan

Ini termasuk biaya kuburan, peti mati, upacara pemakaman, dan layanan terkait lainnya. Biaya ini dapat sangat bervariasi tergantung pada preferensi keluarga dan layanan yang dipilih.

Menurut Perda DKI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Retribusi Daerah, pada umumnya biaya pemakaman di Jakarta bisa dihargai Rp 275,000 ataupun gratis, namun salah satu dari narasumber Kumparan menyebutkan bahwa ia malah wajib membayar biaya pemakaman sebesar Rp 4 juta.

B. Biaya Pengangkutan Jenazah

Jika jenazah harus dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti dalam kasus kematian di luar negeri, biaya pengangkutan jenazah haruslah menjadi salah satu pertimbangan.

Beberapa cargo jenazah mematok harga mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 50 juta untuk pengangkutan jenazah dari luar kota.

C. Biaya Pengurusan Dokumen

Ini mencakup biaya untuk mengurus akta kematian dan dokumen-dokumen resmi lainnya yang diperlukan oleh otoritas setempat. Biaya ini juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan prosedur setempat. Umumnya biaya pengurusan ini sekitar Rp 3 juta.

D. Biaya Tambahan

Ada juga biaya tambahan yang mungkin timbul, seperti biaya untuk pengobatan forensik (jika diperlukan), biaya untuk pengiriman barang-barang pribadi, atau biaya untuk layanan tambahan seperti penata rias jenazah. Namun ini sangatlah opsional dan harganya berbeda-beda sesuai preferensi.

Layanan Pengurusan Kematian dengan Kamboja

Kamboja adalah penyedia layanan dan proteksi pemakaman pertama di Indonesia. Dengan menggunakan layanan Kamboja, keluarga yang berduka dapat mengurangi stres dan beban administrasi yang terkait dengan pengurusan kematian di luar negeri. Layanan pengurusan akta kematian yang ditawarkan oleh Kamboja dapat mencakup:

1. Pengurusan Akta Kematian DKI Jakarta

Pengurusan Akta Kematian DKI Jakarta meliputi layanan di berbagai wilayah ibu kota, seperti Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Ini mencakup:

  • Pengurusan Laporan Kematian
  • Pengurusan Kartu Keluarga Baru (Yang baru dapat diperoleh jika keluarga dan almarhum/almarhumah/mendiang tinggal di tempat tinggal yang sama dan tertera di KTP)
  • Pengurusan Surat Rekomendasi Pengantar
  • Pengurusan IPTM (Izin Pengurusan Tanah Makam)
  • Pengurusan Administratif Retribusi (3 Tahun)

Layanan ini juga mencakup koordinasi dengan pihak ketiga, transportasi, konsumsi, dan biaya administrasi lainnya. Harga untuk layanan ini adalah Rp 3.000.000, ditambah dengan biaya manajemen dari Kamboja Management.

2. Pengurusan Akta Kematian BoDeTaBek

Pengurusan Akta Kematian di wilayah BoDeTaBek, yang meliputi Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan, menawarkan serangkaian layanan termasuk:

  • Pengurusan Laporan Kematian
  • Pengurusan Kartu Keluarga Baru (Yang baru dapat diperoleh jika keluarga dan almarhum/almarhumah/mendiang tinggal di tempat tinggal yang sama dan tertera di KTP)
  • Pengurusan Surat Rekomendasi Pengantar
  • Pengurusan IPTM (Izin Pengurusan Tanah Makam)
  • Pengurusan Administratif Retribusi (3 Tahun)

Layanan ini juga mencakup koordinasi dengan pihak ketiga, transportasi, konsumsi, dan biaya administrasi lainnya. Harga total untuk layanan ini adalah Rp 3.500.000, ditambah dengan biaya manajemen dari Kamboja Management.

3. Pengurusan Akta Kematian Area 1

Pengurusan Akta Kematian di Area 1 mencakup sejumlah kota dan kabupaten seperti Karawang, Tangerang Kabupaten, Bogor Kabupaten, Cikampek, Puncak, dan Purwakarta. Layanan yang disediakan termasuk:

  • Pengurusan Laporan Kematian
  • Pengurusan Kartu Keluarga Baru (Yang baru dapat diperoleh jika keluarga dan almarhum/almarhumah/mendiang tinggal di tempat tinggal yang sama dan tertera di KTP)
  • Pengurusan Surat Rekomendasi Pengantar
  • Pengurusan IPTM (Izin Pengurusan Tanah Makam)
  • Pengurusan Administratif Retribusi (3 Tahun)

Selain itu, layanan ini juga mencakup koordinasi dengan pihak ketiga, transportasi, konsumsi, dan biaya administrasi lainnya. Total harga untuk layanan ini adalah Rp 4.000.000, dengan tambahan biaya manajemen dari Kamboja Management.

Sudah Tahu Biaya Pengurusan Kematian?

Biaya pengurusan kematian bisa menjadi beban tambahan bagi keluarga yang berduka di tengah masa yang sulit. Namun, dengan perencanaan yang baik dan pemahaman tentang opsi yang tersedia, keluarga dapat menangani pengurusan kematian dengan lebih mudah.

Menggunakan layanan pemakaman dari Kamboja adalah salah satu opsi yang layak untuk dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan bantuan dalam mengurus kematian.

Kamboja adalah penyedia layanan dan proteksi pemakaman terintegrasi pertama di Indonesia. Kami hadir untuk memberikan solusi terpercaya dan terjangkau dalam persiapan dan pengurusan pemakaman bagi Anda dan keluarga.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Apa Saja Prosedur dan Biaya Kremasi Bayi

permalink

4 Referensi Layanan Kremasi di Tangerang

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0