Mungkin Anda pernah mendengar istilah “setiap yang bernyawa tentu akan merasakan kedukaan”. Berbicara tentang kedukaan, banyak yang merasa menyakitkan karena tidak bisa kembali lagi. Karena itu, Anda hanya bisa mencoba cara menghilangkan kesedihan untuk membantu menyembuhkan diri.

Memang tidak mudah pada awalnya, karena bisa jadi orang tersebut adalah keluarga terdekat atau orang tersayang. Namun, jika Anda terus berlarut dalam kesedihan, dampak kedukaan tersebut akan mengganggu kesehatan Anda. Bahkan akan berpotensi untuk meningkatkan resiko depresi, karena terlalu memikirkan rasa kehilangan.

Cara Menghilangkan Kesedihan karena Kematian

Mengatasi rasa kehilangan tidak semudah yang Anda bayangkan. Setiap orang membutuhkan cara yang tepat dan juga waktu hingga dapat kembali seperti sedia kala. Adapun berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan luka karena kehilangan orang tersayang:

1. Biarkan Diri Berduka dan Berikan Waktu

Jika Anda bertanya kapan bisa sembuh dari rasa duka akibat kematian, maka hanya waktu yang bisa menjawabnya. Ketika duka terjadi pada di Anda, cara menghilangkan kesedihan yang paling tepat ialah biarkan dulu kesedihan tersebut ada.

Tahapan ini tidak bisa Anda hindari, karena sekuat apapun jiwa dan hati Anda rasa sedih pasti akan muncul. Berikan waktu agar diri bisa memahami dan mengikhlaskan. Pada akhirnya, jika hati sudah siap, maka Anda akan pulih dengan sendirinya.

2. Terima Kenyataan Kalau Hidup Itu Tidak Ada yang Abadi

Dalam ajaran agama, hidup tidak ada yang abadi. Semua makhluk yang hidup pasti akan mati. Karena itu, Anda perlu menerima kenyataan bahwa orang tersayang usianya sudah tutup dan urusannya di dunia sudah selesai. Kemungkinan untuk menolak kenyataan pasti muncul dan hal tersebut merupakan yang respon lazim.

Meskipun demikian, hal itu bukan masalah. Karena fase ini memang harus Anda alami sebelum pulih. Hati yang perih akan sangat terasa ketika Anda baru saja kehilangan. Setidaknya jika Anda merasa rindu dengan mendiang, Anda bisa mendatangi pemakamannya untuk mendoakan.

3. Beradaptasi dengan Kondisi yang Baru

Cara menghilangkan kesedihan selanjutnya adalah beradaptasi dengan kondisi yang baru tanpa kehadiran orang yang sudah meninggal. Setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk menyembuhkan diri. Seperti dengan berdiam diri, mencoba aktivitas positif lain, membangun hobi, bekerja, atau kegiatan lainnya.

Hal yang pasti adalah Anda tidak harus melupakan segala kenangan dengan mendiang. Namun, Anda harus keluar dari zona nyaman dan jangan terlalu fokus dengan kegiatan-kegiatan yang sering Anda lakukan bersama mendiang sebelumnya.

4. Curhat dengan Orang Lain untuk Mendapatkan Dukungan

Hampir semua orang yang baru saja kehilangan orang terdekatnya pasti akan mengalami masalah pada psikisnya. Entah itu berpikir negatif atau overthinking, stres, tidak bisa tidur, mood berantakan, hingga depresi. Bahkan karena pikiran dan hati terlalu kacau gangguan fisik pun bisa terjadi.

Maka dari itu, cara menghilangkan rasa duka yang bisa Anda lakukan adalah dengan curhat bersama orang lain atau keluarga agar mendapatkan dukungan. Jangan terlalu memendam perasaan, karena itu akan lebih menyakitkan. Ketika bercerita, Anda pasti akan merasa lebih tenang dan beban bisa lebih terangkat.

Keberadaan support system akan membantu Anda untuk pulih dengan cepat. Ingat! Anda sebaiknya tidak memendam perasaan Anda sendiri, karena dapat memicu gangguan fisik dan mental. Cari solusi dari orang lain agar pikiran Anda lebih terbuka dan tidak berpikir untuk melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri.

5. Bangkit dan Lakukan Kegiatan Positif yang Menyenangkan

Bangkit dan lakukan kegiatan positif yang menyenangkan agar bisa segera sembuh. Cara menghilangkan kesedihan ini patut Anda coba apabila rasa sedih dan duka tidak kunjung hilang. Setidaknya melalui kegiatan ini, Anda bisa mengalihkan pikiran sejenak agar tidak terlalu fokus dengan kesedihan yang melanda.

Ada beberapa kegiatan positif yang dapat Anda lakukan. Misalnya, memperdalam hobi dan skill, berkemah, berorganisasi, berkebun, dan lainnya. Kehilangan kerabat bukan akhir dari kehidupan Anda. Jangan hanya mengurung diri di kamar dan tetap lanjutkan hidup Anda dengan lebih baik daripada sebelumnya.

6. Memperbanyak Ibadah

Cara menghilangkan duka selanjutnya ialah dengan beribadah dan berdoa. Ibadah merupakan kegiatan spiritual yang sangat dianjurkan ketika Anda sedang bersedih. Bicara pada Tuhan apa yang Anda inginkan, berdoa agar Anda mendapat kekuatan dan kesabaran.

Ceritakan semuanya tanpa Anda harus menutupi kesedihan tersebut. Tuhan sendiri tidak melarang hambanya bersedih, karena itu adalah sikap lahiriah. Namun, Tuhan pun tidak akan menyukai ketika Anda terus menerus meratapi nasib sebab kehilangan seseorang.

7. Konsultasi dengan Psikater atau Ahli

Cara menghilangkan kesedihan terakhir adalah konsultasi dengan psikiater atau ahli psikis. Langkah ini hanya boleh Anda lakukan ketika opsi-opsi yang lain sudah Anda coba, namun tidak ada hasilnya.

Carilah psikiater yang bisa Anda percaya untuk mendapatkan kesembuhan. Melalui konseling ini, penanganan akan terlaksana dengan lebih tepat. Mungkin Anda akan menjalani beberapa terapi untuk menghilangkan rasa kehilangan yang menggerogoti hati.

Hormati Kepergian Mendiang dengan Persembahan Terbaik

Membahas tentang kematian, Anda sebagai pihak keluarga juga harus mempersiapkan pemakaman yang terbaik. Setidaknya ini bentuk dari rasa sayang untuk keluarga yang sudah tiada dan persembahan terakhir untuknya sebelum Anda berusaha menerima kenyataan akan kepergiannya.

Salah satunya dengan menggunakan jasa pemakaman terbaik untuk bisa memperoleh prosesi pemakaman dengan layanan yang berkualitas. Jasa on demand service Kamboja adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dalam proses pemakaman.

Semua pengurusnya sudah berpengalaman di bidangnya, sehingga Anda tidak perlu lagi kerepotan di tengah kesedihan.

Coba Cara Menghilangkan Kesedihan untuk Kesembuhan Diri!

Demikianlah penjelasan tentang 7 cara menghilangkan kesedihan yang dapat menjadi referensi untuk Anda. Melalui langkah-langkah tersebut, harapannya Anda bisa segera pulih dan bangkit untuk menjadi versi yang lebih baik. Meskipun tidak mudah, namun jangan terlalu menyiksa diri Anda dengan kesedihan tersebut.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman