Orang yang sudah meninggal biasanya akan menulis surat wasiat sebelumnya untuk menyatakan pemberian hak waris kepada ahli waris. Contoh surat wasiat yang paling sering dijumpai yaitu  keterangan hak waris berupa kekayaan, namun juga bisa berupa pesan tertentu.

Surat wasiat sangat rentan disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan. Oleh sebab itu, surat wasiat harus ditulis dengan jelas dan benar agar keasliannya terjaga. Jika masih bingung bagaimana cara menulis surat wasiat, yuk simak informasinya di bawah ini!

Daftar Contoh Surat Wasiat

Setelah memahami bagaimana cara membuat surat wasiat, berikutnya ada contoh beberapa surat wasiat yang formatnya bisa Anda ikuti di bawahnya.

  1. Surat Wasiat yang Benar

SURAT WASIAT

Pada hari ini, 2 Juli 2007, saya:

Nama : Jermaine Pangestu

Tempat, Tanggal Lahir : Brisbane, 15 Juli 1976

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 27 Jakarta Timur

 

dengan sadar sepenuhnya tanpa ada paksaan membuat Pernyataan Surat Wasiat Waris atau Hibah Harta Saya kepada anak-anak kandung selaku ahli waris saya, yaitu:

Narandra Rayan Pangestu

Juandra Rayan Pangestu

Malandra Rayan Pangestu

Dengan surat ini saya menyatakan bahwasanya sebagian harta saya serahkan kepada anak-anak saya tersebut dengan rincian berupa rumah yang saya diami sekarang dan seluruh aset perusahaan pribadi yang saya miliki.

Jika saya sudah tidak ada, harta tersebut dapat digunakan dengan ketentuan penyelesaian semua permasalahan utang dan piutang saya jika ada, wakaf atas sisa harta keseluruhan sebesar 20%, dan harta yang tersisa setelah penggunaan tersebut saya serahkan kepada anak-anak saya yang telah disebutkan sebelumnya dengan pembagian secara rata.

 

Demikian surat pernyataan wasiat warisan atau hibah harta yang saya buat dengan disaksikan oleh beberapa orang saksi kepercayaan saya.

 

NotarisPewaris

Feri Sulistiyo, S.H., M.Kn.Jermaine Pangestu

 

Saksi I Saksi II

 

Narandra Rayan PangestuJuandra Rayan Pangestu


  1. ​Contoh Surat Wasiat Tanah

SURAT WASIAT

Pada hari ini, Kamis tanggal 23 Januari 2015 bertempat di Semarang, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Reyhan Aditama

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 5 April 1970

Alamat : Jl. Kemerdekaan Kita No. 12 Bandung, Jawa Barat

No. KTP : 12303978882920

 

bersamaan dengan ini menerangkan beberapa hal berikut:

  • Bahwa saya adalah pemilik sah atas harta kekayaan berupa sebuah Tanah Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 123/5432 atas nama Reyhan Aditama yang berlokasi di Jl. Mawar No. 12 Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
  • Bahwa harta kekayaan saya sebagaimana yang disebutkan pada poin 1 di atas saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum, jaminan jenis utang, ataupun dalam penyitaan pihak bank atau instansi mana pun.
  • Bahwa saya bermaksud untuk menghibah-wasiatkan harta tersebut kepada anak kandung saya atas nama Mahesa Aditama.

Dengan ini saya mengangkat Mahesa Aditama sebagai pelaksana surat wasiat ini dan kepadanya saya berikan hak dan kekuasaan yang menurut Undang-Undang diberikan kepadanya selaku pelaksana wasiat setelah saya tiada.

Demikian surat wasiat ini saya buat dengan sadar sepenuhnya dan tanpa ada paksaan dari siapapun, disaksikan oleh para saksi yang saya percaya.

​Syarat Pembuatan Surat Wasiat

Surat wasiat bukanlah surat yang bisa dibuat secara sembarangan karena menyangkut keterlibatan ahli waris di dalamnya. Untuk itu, ketika hendak membuat surat wasiat Anda harus memenuhi beberapa syarat. Berikut syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membuat surat wasiat.

  1. Penulis adalah Orang Dewasa

Anak-anak dan remaja yang belum memenuhi umur minimal yaitu 21 tahun, tidak diperkenankan untuk membuat surat wasiat. Hal ini untuk menghindari kekeliruan dan kecerobohan, karena biasanya remaja atau anak-anak pikirannya masih labil.

  1. Berakal Sehat

Surat wasiat tidak sah hukumnya jika dibuat oleh orang yang akalnya kurang sehat atau gila. Selain itu, berakal sehat di sini juga merujuk pada jalan pikiran yang tenang dan tidak terpengaruh apa pun.

Surat wasiat tidak boleh dibuat karena pembuatnya dipaksa atau didesak orang lain, melainkan atas keinginannya sendiri. Orang yang sedang dalam pengaruh obat-obatan, minuman keras, kekhilafan, keraguan, dan lain sebagainya juga tidak boleh menulis surat wasiat.

  1. Objek Warisan Ditulis dengan Jelas

Beberapa contoh surat wasiat memiliki kesalahan yang sama mengenai penulisan objek warisan. Padahal, penulisan objek warisan dalam surat wasiat harus ditulis dengan jelas dan rinci untuk menghindari penyalahgunaan dan kekeliruan.

Penulis surat harus menulis objek warisan dengan detail, seperti deskripsi objek tersebut hingga hukum yang terkait dengan itu.

  1. Mengerti Pihak yang Terlibat

Surat wasiat yang berisi keterangan warisan harta tidak bisa ditulis sendiri tanpa ada keterlibatan pihak-pihak yang berkepentingan. Pewasiat haruslah mengerti siapa saja pihak tersebut, mulai dari notaris hingga saksi-saksi, jadi kebenaran surat tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh sebab itu, pihak berkepentingan yang telah terlibat dengan pembuatan surat tersebut juga perlu memberi bukti dengan membubuhkan tanda tangan di dalamnya.

  1. Pemahaman Hukum dan Undang-Undang

Penulisan surat wasiat memang harus mengikuti hukum dan Undang-Undang yang berlaku, oleh sebab itu sebaiknya Anda meminta bantuan notaris jika memang tidak paham dengan hal itu. Hal ini agar surat wasiat Anda nantinya dihukumi sah dan tidak disalahgunakan.

  1. Pencabutan Wasiat

Surat wasiat dapat dicabut atau dibatalkan sewaktu-waktu sesuai kehendak pewasiat. Namun, tentunya harus dilakukan ketika pewasiat masih hidup agar keaslian pencabutan tersebut dapat terlihat dan bukan mengada-ada.

Biaya dan Cara Membuat Surat Wasiat

Agar surat wasiat dapat memenuhi syarat dan ketentuan yang sah menurut hukum, maka harus dibuat sesuai dengan prosedur. Berikut cara membuat surat wasiat yang baik dan benar agar bisa disahkan oleh notaris secara hukum.

  1. Memilih Notaris yang Terpercaya

Tidak ada salahnya memiliki notaris dari sekarang jika memang memiliki aset atau kekayaan yang nilainya cukup hingga sangat tinggi. Notaris akan mengurus harta kekayaan tersebut, termasuk dalam pembuatan surat warisan.

Karena ada sangkut-pautnya dengan harta, maka Anda harus memilih notaris yang kredibel dan terpercaya.

  1. Wasiat Dibuat Sesuai Kebutuhan

Surat wasiat kerap memicu konflik antar-pihak yang terlibat dan pihak yang berhak atas harta Anda. Oleh sebab itu, buatlah wasiat sesuai kebutuhan dengan melibatkan semua orang yang memiliki hak atas kekayaan Anda.

  1. Menyerahkan Surat yang sudah Jadi

Setelah surat selesai ditulis, Anda perlu menyerahkannya kepada notaris untuk diperiksa dan disegel. Sebelum itu, Anda bisa meminta masukan kepada notaris terlebih dahulu, apakah isi surat sudah lengkap atau belum.

  1. Membayar Notaris

Notaris adalah orang yang sangat berjasa dalam manajemen kekayaan Anda, oleh sebab itu Anda juga perlu membayarnya dengan layak. Adapun biaya pembuatan surat wasiat di notaris rata-rata adalah 1 – 2,5% dari nilai objek wasiat.

2 contoh surat wasiat di atas bisa menjadi referensi ketika Anda hendak membuatnya. Jangan lupa untuk meminta masukan dari notaris mengenai isi dari surat wasiat tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman