Kematian adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Meskipun demikian, ketika kematian itu datang atau terjadi kepada seseorang, hal tersebut membuat keluarga serta orang terdekatnya merasakan kesedihan yang mendalam. Kesedihan inilah yang kadang membuat pihak keluarga yang sedang berkabung lebih memilih untuk menggunakan jasa pengurusan pemakaman.

Dengan menggunakan jasa tersebut, pihak keluarga hanya perlu membayar biaya pengurusan pemakaman saja. Kemudian, pihak jasa akan membantu untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan pemakaman, seperti mengurusi surat pemakaman, transportasi, proses pemakaman hingga makanan untuk keluarga serta para pelayat.

Jasa pengurusan pemakaman meringankan beban keluarga yang berduka bukan? Meskipun meringankan, ada hal yang perlu kamu pertimbangkan jika kamu ingin menggunakan jasa pengurusan pemakaman.

Berikut ini tips dalam memilih jasa pengurusan pemakaman.

1. Jarak Penyedia Jasa dengan Rumah Kamu

Tips pertama, kamu memperhatikan jarak antara penyedia jasa penyedia pengurusan pemakaman dengan rumah kamu. Hal ini dilakukan agar kamu tahu, berapa lama kamu harus menunggu penyedia jasa datang ke rumah untuk mengurusi pemakaman.

Nah, sebaiknya, kamu pilih penyedia jasa pengurusan pemakaman yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Dengan begitu, penyedia jasa tersebut bisa cepat datang ke rumah dan mengurusi segala hal yang berkaitan dengan pemakaman. Saat ini Kamboja beroperasi di wilayah Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya, hal ini sangat membantu jika pihak keluarga yang berlokasi di wilayah tersebut menginginkan proses pemakaman segera dilakukan.

2. Adanya Pendamping

Dengan adanya duka di keluarga kamu, maka kamu perlu adanya pendamping untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan pemakaman. Seperti urusan dokumen kematian, pengurusan tanah makam, pemilihan peti mati atau kain kafan untuk kaum muslim hingga proses pemakaman, bahkan acara adat sekalipun. Kamboja menyediakan pendamping keluarga atau yang kita namakan funeral manager khusus bagi setiap anggotanya. Manfaatnya segala sesuatu kebutuhan keluarga akan di tampung dan di jalankan secara lebih personal dan tepat.

3. Kesediaan Perlengkapan Kematian

Selanjutnya, kamu juga perlu memilih jasa pengurus pemakaman yang menyediakan perlengkapan kematian yang lengkap. Hal ini dilakukan agar kamu beserta keluarga yang lainnya tidak perlu mencari lagi perlengkapan kematian seperti peti mati, kain kafan serta perlengkapan yang lainnya.

Selain itu, dengan adanya kesediaan perlengkapan kematian yang lengkap, maka segala proses pemakaman akan bisa segera dilakukan. Kemudian, kamu serta pihak keluarga bisa memilih harga yang disesuaikan dengan finansial.

Kamboja bekerja sama dengan penyedia layanan pemakaman professional, mulai dari rumah duka, penyedia transportasi, catering, florist hingga printing agar proses pengurusan pemakaman dapat berjalan dengan lancar dan terorganisir dengan baik. Sehingga keluarga tidak lagi repot dalam prosesi pemakaman.

4. Memiliki Petugas untuk Membantu Proses Pemakaman

Selain pendamping, pilihlah penyedia jasa pengurusan pemakaman yang memiliki petugas yang bisa membantu proses pemakaman. Di mana petugas tersebut mampu membantu dalam memandikan jenazah, mengkafani atau merias, mengatur proses acara adat hingga proses penguburan jenazah atau proses kremasi.

Kamboja bekerja sama dengan banyak rumah duka atau krematorium di wilayah operasionalnya. Sehingga hal ini memudahkan keluarga dalam menentukan prosesi pemakaman anggota keluarganya.

5. Menyediakan Catering

Kemudian, kamu harus memilih penyedia jasa yang menyediakan jasa catering. Ini karena biasanya pihak keluarga yang sedang berkabung lupa untuk menyediakan makanan untuk diri mereka maupun pelayat yang datang.

Lebih dari 40+ usaha catering telah terdaftar menjadi mitra Kamboja. Keluarga dapat menentukan berbagai macam variasi konsumsi bagi pelayat dan keluarga dengan anggaran yang dapat disesuaikan.

6. Biaya

Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan soal biaya. Ada beberapa biaya yang harus kamu pertimbangkan. Pertama, jika kamu memakamkan jenazah di luar kota, kamu harus mempertimbangkan biaya transportasi jenazah melalui udara ataupun darat.

Kemudian, kamu harus mempertimbangkan biaya perlengkapan kematian yang penyedia jasa tersebut tawarkan serta jasa cateringnya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan biaya perawatan jenazah hingga biaya kremasi atau pemakamannya.

Kenapa kamu harus memperhatikan biayanya? Hal ini karena setiap penyedia jasa menawarkan jasa pengurusan pemakaman menawarkan biaya jasa layanan yang berbeda. Dan biasanya harganya cukup mahal karena penggunaan penyedia jasa pengurusan pemakaman tidak direncanakan jauh hari.

Namun, jika kamu tidak ingin menanggung biaya yang cukup besar dalam sekejap, kamu bisa loh menggunakan jasa proteksi pemakaman agar biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu banyak, karena pengurusan pemakaman telah direncanakan jauh hari dengan kamu membayar tagihan yang harus dibayar setiap bulannya.

Sebagai anggota Kamboja, anggota tidak perlu khawatir mengenai biaya pemakamannya. Karena segalanya akan di atur dan dibayar oleh Kamboja sesuai dengan paket yang dimiliki anggota. Jadi tidak ada lagi beban yang ditinggalkan kepada keluarga.

Itulah enam hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih jasa pengurusan pemakaman. Semoga pertimbangan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kamu dalam memilih jasa pengurusan pemakaman yang tepat.

Artikel Lainnya

Hukum Mengurus Jenazah Muslimah, Syarat, Proses, Hingga Doa yang Perlu Dibaca!

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman