Banyak kejadian-kejadian tidak terduga selalu membayangi kehidupan kita, misalnya seperti sakit, kecelakaan, bahkan sampai kematian. Risiko-risiko tersebut memang sering kali terjadi tanpa sepengatahuan kita, sehingga kita pun siap tidak siap harus menghadapinya.

Ketika musibah tersebut datang tiba-tiba, tentu kita akan direpotkan dengan biayanya yang terkadang membebani kita, karena mahalnya jasa layanan yang kita pakai. Tidak sedikit dari masyarakat yang harus menjual kembali aset atau harta benda berharga lainnya untuk mendapatkan uang lebih agar bisa menebus kekurangannya. Ada pula yang harus rela meminjam ke orang lain atau jasa kreditur lainnya agar bisa segera mendapatkan uang untuk membayar beban biaya yang belum terbayarkan.

Pemakaman pun juga demikian. Masyarakat juga sering kali dipusingkan dengan mahalnya harga tanah pemakaman Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin melambung tinggi nilai sewanya. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, nilai tanah untuk kuburan belum semahal seperti sekarang dan masih banyak orang bisa mendapatinya dengan mudah.

Karena sudah terlalu banyak masyarakat yang terbebani dengan biaya membeli kuburan, sejumlah perusahaan layanan masyarakat menghadirkan asuransi pemakaman yang beberapa tahun belakangan ini sudah mulai berjalan. Keberadaannya terbukti berhasil dengan adanya antusias masyarakat yang seiring berjalannya waktu semakin banyak yang menggunakannya.

Adanya layanan masyarakat ini tentunya mengurangi beban biaya pemakaman yang kian hari semakin mahal. Coba saja Anda perhitungkan dari semua kebutuhan untuk pemakaman, mulai dari harga tanah kuburan sampai dengan sewa transportasinya. Walaupun hanya dibayangkan saja, pastinya sudah terlihat sangat mahal, bukan?

Mahalnya biaya hanya untuk mengkuburkan jenazah saja tentu bisa membuat keluarganya pontang-panting mencari sumber dana. Meskipun mereka bisa mendapatkan dana dari para penyumbang, belum tentu semua biayanya tertutupi, bukan?

Misalnya saja, Anda yang berada di kota besar, seperti Jakarta. Kalau Anda bandingkan harga di setiap lokasinya, pasti akan memiliki harga yang tidak berbeda jauh. Yang membedakannya mungkin golongan makamnya yang umumnya terbagi menjadi 5, yakni blok AAI yang harganya mencapai ratusan ribu. Lalu ada blok AAII, AI, dan AII di mana harga sewanya puluhan ribu. Sedangkan untuk kalangan bawah atau yang kurang mampu bisa menggunakan golongan blok AIII yang tidak dipungut biaya apapun.

Pembagian blok tersebut sebenarnya hanya berdasarkan letak strategisnya makam itu saja, apakah berada di tempat yang mudah dilalui orang atau jauh dari jalan setapaknya. Untuk sebagian kalangan mungkin tidak merasa terbebani, tapi, bagaimana dengan kalangan bawah atau yang tidak mampu? Apakah mereka bisa sanggup membayar biaya pemakaman Jakarta?

Tentu saja akan sangat menyulitkan mereka, apalagi kondisi ekonomi yang tidak mendukung. Adanya asuransi kuburan yang saat ini sudah banyak yang meminatinya, masyarakat kurang mampu pun bisa terbantu dengan biaya yang harus mereka keluarkan. Belum lagi jika mereka ingin jenazahnya dipindahkan ke kampung halaman, pastinya akan membutuhkan uang jutaan hanya untuk memindahkannya saja.

Contohnya seperti penggunaan pesawat sebagai transportasi jenazahnya. Perusahaan lokal menyebutkan kalau pihak keluarga menggunakan pesawat untuk mengantarkan jenazah, memang harus membutuhkan biaya yang banyak hanya untuk sekali jalan saja. Kenapa bisa sangat mahal?

Karena pihak penerbangan sudah mengurusi semua hal yang dibutuhkan untuk kepindahan jenazah sampai ke makam tujuan, mulai dari ambulans, ruang untuk pihak keluarga menunggu keberangkatan, sampai mengurus segala macam dokumen yang dibutuhkan oleh pihak maskapai.

Lalu, berapa sebenarnya biaya transport jenazah untuk sampai ke makam tujuan? Sebenarnya, biaya yang dikeluarkan untuk memakai pesawat maupun hanya ambulans saja, nilainya tidak berbeda jauh dan masih berada di kisaran jutaan. Yang lebih memberatkan mungkin ada di peti matinya.

Sebagian besar orang yang sering mengurus makam pasti tahu kalau peti mati memiliki harga yang lebih mahal dibanding pengurusan pemakaman Jakarta lainnya. Bayangkan saja, hanya untuk sebuah peti mati saja, ada yang harganya mencapai puluhan juta. Meskipun masih ada yang dikisaran yang lebih murah, tetap saja 1 atau 2 juta tidak akan cukup untuk membelinya.

Karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaman, layanan perlindungan untuk pengkuburan sangatlah penting. Jika Anda sudah memiliki asuransi kematian, lebih baik tambahkan pula dengan layanan untuk pemakaman.

Kalau Anda anggap asuransi kematian bisa mengcover biaya tanah, peti mati dan kebutuhan lainnya untuk pemakaman, itu salah. Jaminan tersebut hanya mengganti rugi dalam bentuk sejumlah uang jika pemilik meninggal dunia. Layanan tersebut sangat cocok jika Anda sebagai pencari nafkah. Ketika sudah meninggal, pihak keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan sejumlah untuk membantu finansialnya.

Jika Anda menambahkan jaminan pemakaman, pihak keluarga akan terbantu karena tidak banyak beban pengeluaran untuk biaya pengkuburan jenazahnya. Jadi, ada baiknya Anda menggunakan kedua asuransi tersebut untuk perencanaan financial yang lebih baik ke depannya.

Dari penjelasan di atas, pasti Anda sudah mengetahui mahalnya biaya pengurusan pemakaman. Memang tidak mungkin Anda mengcovernya sendiri, apalagi kondisi keuangan tidak membantu. Jadi, ada baiknya Anda menginvestasikan sebagian tabungan Anda untuk membeli asuransi agar ke depannya tidak memberatkan Anda nantinya.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman