Pernahkah Anda berpikir tentang hal-hal yang perlu Anda persiapkan demi menjamin masa tua bahagia? Banyak pasangan hidup yang menyimpan sejumlah rencana, namun ada juga pasangan yang bersikap laizzes-faire.

Bagi pasangan yang sudah menikah dan berkeluarga, selain urusan membesarkan anak, ada hal lain yang sering mereka pikirkan seperti persiapan hari tua. Apa yang harus mereka lakukan demi membuat hari tua mereka bebas dari masalah? Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

7 Rahasia Mempersiapkan Masa Tua Bahagia

Untuk mempersiapkan masa tua yang bahagia, perhatikan 7 tips rahasia dibawah ini:

1. Siapkan Tabungan Hari Tua

Cara pertama untuk mempersiapkan hari tua yang aman dan nyaman yaitu menabung untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Bagi keluarga yang berkecukupan, mungkin mereka tidak perlu repot soal urusan uang. Namun, bagi mereka yang berasal dari kalangan biasa, mereka wajib tahu kapan harus menabung.

Daripada menunggu-nunggu sampai nanti berusia lanjut, alangkah lebih baik jika Anda mulai membuat tabungan khusus hari tua dari sekarang. Tujuannya adalah untuk memberikan jaring pengaman atau safety net apabila di masa mendatang ada suatu ‘ancaman’ yang perlu tindakan cepat dan dana yang besar.

Baik itu kecelakaan, sakit parah, atau kegagalan usaha, semuanya tentu perlu biaya yang tak sedikit, sehingga keberadaan tabungan ini cukup penting.

Selain itu, tabungan hari tua juga mampu membantu sebuah keluarga yang kesulitan ekonomi agar tak memberatkan seluruh anggota keluarganya.

2. Berlangganan Asuransi untuk Keluarga

Persiapan masa tua bahagia berikutnya adalah membuka rekening asuransi untuk seluruh keluarga. Asuransi tersebut bisa mencakup perlindungan dari kebakaran, penyakit mematikan, hingga pensiun. Anda dianjurkan untuk mencari asuransi yang bisa bertahan hingga tua nanti.

Anda bisa pilih berbagai jenis penyedia layanan yang memang terkenal handal dalam menyediakan asuransi untuk keluarga. Tentu saja masing-masing layanan punya ketentuan yang harus Anda patuhi agar dapat Anda gunakan. Apapun pilihan Anda, yang penting asuransi tersebut dapat melindungi keluarga di hari tua.

Selain itu, Anda juga jangan langsung membuka rekening asuransi dengan paket layanan yang harganya cukup tinggi. Cobalah untuk berlangganan paket asuransi yang murah terlebih dahulu. Begitu uang sudah terkumpul, baru Anda bisa berlangganan paket layanan yang lebih tinggi.

3. Buat Rencana Pengeluaran Masa Depan

Tidak sedikit keluarga di negeri ini yang gagal dalam menjamin masa tua bahagia demi keluarganya. Mengapa? Karena mereka terlalu sibuk belanja sampai lupa terhadap kondisi finansialnya. Kebiasaan ini pun bisa berakibat pada kesulitan ekonomi saat mereka memasuki usia lanjut.

Oleh karena itu, susunlah rencana pengeluaran masa depan yang sekiranya dapat Anda penuhi. Misalnya dengan menulis catatan pengeluaran penting dalam buku kas atau kertas folio. Jika perlu, Anda bisa juga menggunakan jasa konsultasi keuangan untuk membantu urusan pengelolaan tabungan.

Beberapa contoh pengeluaran yang sebaiknya Anda utamakan ialah biaya pendidikan anak, asuransi kesehatan keluarga, dan modal usaha rumahan. Adapun pengeluaran tambahan lain yang patut mendapat perhatian di antaranya biaya pengobatan dan modal membeli rumah bagi anak yang sudah menikah.

4. Jaga Kesehatan Fisik

Meskipun saat ini sudah tersedia banyak layanan kesehatan untuk kaum lansia, akan lebih baik jika Anda rajin berolahraga semasa muda. Ini bukan hanya soal menjaga penampilan fisik semata, melainkan mengelola kesehatan tubuh dan jiwa sampai hari tua nanti.

Tergantung dari kondisi fisik Anda, ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Adapun untuk olahraga yang sifatnya ringan seperti senam, yoga, dan peregangan tubuh. Sementara itu, contoh olahraga yang agak berat misalnya jogging, berenang, bersepeda, dan mendaki gunung.

Bukan hanya itu, ada juga hal-hal lain diluar olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh hingga tua nanti. Contohnya adalah makan makanan yang bergizi, menghindari rokok dan alkohol, istirahat yang cukup, serta banyak berpikir positif untuk menghindari stres.

5. Ajarkan Anggota Keluarga untuk Berhemat

Berhemat bukan hanya untuk orang yang kurang mampu saja, tetapi juga untuk orang berkecukupan. Apakah Anda ingin mempunyai masa tua bahagia tanpa sibuk meminta uang kesana-kemari? Berikan pemahaman ini kepada anggota keluarga, terutama anak-anak Anda, supaya mereka mau menghemat uang.

Apabila anak-anak Anda masih kecil atau bersekolah, ajarkan mereka untuk rajin menabung supaya tidak terbiasa minta banyak uang kepada orang tuanya.

Pasangan hidup pun wajib mendapat nasihat agar tidak boros baik dalam hal penggunaan uang, air, maupun listrik yang ada di rumah.

Menyisihkan pendapatan untuk ditabung dapat menyelamatkan Anda di masa depan. Tidak hanya itu, berhemat dapat mencegah Anda dari jeratan hutang dan jenis tanggungan lainnya.

6. Lakukan Investasi

Bagi kebanyakan orang, ketika mereka mendengar kata “investasi” akan sering mengira bahwa aktivitas ini hanya untuk kalangan pebisnis besar saja. Nyatanya, orang-orang biasa termasuk Anda dan keluarga juga bisa melakukan investasi. Tujuannya yaitu menciptakan masa tua bahagia dan punya kebebasan finansial.

Salah satu contoh investasi yang cocok untuk persiapan hari tua adalah investasi emas. Harga emas di pasaran, baik batangan maupun perhiasan, cenderung lebih stabil ketimbang harga logam mulia lainnya. Belum lagi risiko kerugian investasi ini tergolong rendah.

Contoh investasi kedua yang cocok untuk masa depan keluarga ialah deposito. Pencairan dana yang tersimpan dalam deposito hanya bisa Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, uang Anda mendapat jaminan keamanan serta jaminan uang kembali secara full.

7. Buka Usaha Sampingan

Tips menjamin hari tua yang aman dan sejahtera di bagian terakhir adalah membuka usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Setiap manusia pasti harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun sayangnya, belum tentu hasil pekerjaannya itu cukup untuk mencukupi seluruh kebutuhan anggota keluarganya.

Dalam situasi ini, ada sejumlah usaha kecil-kecilan yang bisa Anda jadikan ide bisnis rumahan. Bentuk usaha sampingan itu bisa berupa berjualan makanan ringan, membuat karya seni, atau membuka jasa servis alat elektronik. Apapun jenisnya, yang penting usaha tersebut bisa menambah penghasilan.

Mengapa seseorang harus punya usaha tambahan di rumah jika yang bersangkutan sudah punya pekerjaan utama? Sebab, Anda tidak mungkin selamanya aman dari musibah dan kegagalan dalam bekerja. Akan jauh lebih baik jika Anda punya penghasilan cadangan di hari tua daripada berdiam diri di rumah.

Ingin Memiliki Masa Tua Bahagia bersama Keluarga?

Demikianlah 7 tips atau rahasia untuk menjamin hari tua yang penuh kebahagiaan bagi keluarga Anda. Meskipun begitu, hari tua yang aman dan gembira jangan sampai membuat Anda lupa terhadap proteksi pemakaman di kemudian hari.

Pada masa kini, lahan untuk memakamkan kerabat dan keluarga yang sudah meninggal dunia tergolong sulit dicari, dan harganya cenderung mahal. Untungnya, ada jasa pemakaman yang selalu siap membantu Anda dalam urusan ini, yaitu perusahaan Kamboja!

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman