Dalam sebuah prosesi pemakaman, peti jenazah adalah salah satu hal penting yang wajib dipersiapkan dengan matang. Selain memastikan bahwa petinya ada, Anda juga bisa pertimbangkan jenis atau model peti jenazah yang digunakan.

Fungsi Peti Jenazah

Di Indonesia, hanya ada satu istilah saja yang digunakan untuk menyebut peti jenazah. Sedangkan di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, ada yang namanya coffin dan casket. Dilansir dari Memorial Planning, keduanya sama-sama merupakan peti khusus yang berfungsi untuk menampung tubuh jenazah. Lantas, apa perbedaan di antara keduanya, ya?

Untuk casket sendiri, petinya akan ikut dikubur bersama jenazah dalam upacara penguburan jika keluarga tidak menyelenggarakan kremasi. Sedangkan jika ada kremasi, petinya tidak selalu ikut dikubur sehingga hanya dipergunakan sebagai tempat jenazah agar keluarga dan tamu dapat melihat jenazah untuk terakhir kali.

Sedangkan coffin merupakan peti mati yang memiliki 6 sisi, di bagai bagian atasnya lebih lebar dari bagian bawah. Coffin ini sering Anda lihat di film-film barat, terutama film lawas. Untuk fungsi coffin sendiri, fungsinya tidak jauh berbeda dengan fungsi casket.

10 Model Peti Jenazah

Kalau begitu, seperti apa ya model-model peti jenazah yang bisa Anda temukan atau pesan secara khusus? Simak daftar rekomendasinya berikut ini, yang dikompilasikan dari Stibbards dan Join Cake.

1. Peti Jenazah Logam Dari Stainless Steel

Peti logam dari stainless steel

Jenis atau model peti jenazah yang satu ini sangat tahan lama dan tahan korosi (karat). Anda bisa memesan peti jenazah stainless steel dengan lapis kayu untuk memberikan kesan tampilan tradisional peti jenazah kayu yang jauh lebih umum digunakan.

2. Peti Jenazah Berbahan Kayu

Peti Jenazah Berbahan Kayu

Sebagai jenis yang bisa dibilang paling populer dan paling banyak digunakan, peti jenazah kayu punya range harga yang sangat luas. Karena harganya juga bergantung pada jenis kayu yang digunakan serta kualitas struktur atau konstruksi petinya.

Meski begitu, masih ada faktor-faktor lainnya juga yang mempengaruhi harga peti jenazah kayu.

3. Peti Jenazah Logam Dari Baja Standar

Peti Jenazah Tembaga Atau Kuningan

Meskipun peti kayu adalah jenis yang paling umum ditemukan terutama di Indonesia, ternyata sebenarnya ada banyak juga peti jenazah yang terbuat dari logam, seperti baja.

Bahkan tak sedikit peti jenazah logam yang tersedia dalam berbagai pilihan warna dengan banyak fitur, termasuk fitur custom. Peti jenazah logam sendiri juga tahan lama, dan ketahanannya meningkat jika material yang digunakan makin tebal.

4. Peti Jenazah Tembaga Atau Kuningan

Peti Jenazah Logam Dari Baja Standar

Meskipun keduanya termasuk ke dalam jenis logam, peti jenazah dari tembaga atau kuningan layak di-list sebagai poin terpisah karena berkaitan dengan kualitasnya.

Sebab, penentuan kualitas tembaga atau kuningan didasarkan pada bobot materialnya, bukan ketebalannya. Jenis yang satu ini lebih unggul dibandingkan peti jenazah dari baha karena tidak berkarat.

Hanya saja, tembaga atau kuningan lama-kelamaan akan teroksidasi, sehingga materialnya rusak secara perlahan.

5. Peti Jenazah Fiberboard

Peti Jenazah Fiberboard

Apabila peti jenazah dari kayu masih terasa mahal, biasanya orang-orang memiliki peti jenazah yang terbuat dari fiberboard atau kayu pres. Meskipun harganya jauh lebih terjangkau, peti jenazah dari fiberboard ini punya tampilan yang tetap terlihat mengesankan.

Ditambah lagi, Anda juga bisa menambahkan lapisan kain yang kuat dan tahan lama untuk menambah kesannya – dan semua bisa diperoleh dengan harga yang relatif lebih ekonomis dibandingkan opsi-opsi peti jenazah lainnya.

6. Peti Jenazah Anyam

Peti Jenazah Anyam

Siapa yang sangka bahwa bahan anyam juga dapat digunakan sebagai material untuk peti jenazah? Akan tetapi ternyata ada juga yang menggunakan jenis material yang satu ini sebagai material peti jenazah, meskipun di Indonesia sendiri masih sangat jarang ditemukan.

Kalau di luar negeri sendiri, penggunaan peti jenazah dari anyam jadi lebih banyak ditemukan karena pelaksanaan upacara pemakaman yang sekarang sudah tak lagi tradisional dulu.

7. Peti Jenazah Bambu

Peti Jenazah Bambu

Bambu sendiri merupakan material yang ramah lingkungan dan 100% alami. Oleh karena itu, makin banyak orang yang melirik bambu sebagai pilihan untuk peti jenazah. Ditambah lagi, peti jenazah dari bambu juga bisa digunakan untuk penguburan maupun kremasi.

Beberapa manfaat peti jenazah bambu lainnya juga meliputi:

  • Bambu adalah material alami yang 100% dapat diuraikan (biodegradable).
  • Dibandingkan pohon, bambu memproduksi oksigen dalam jumlah 30% lebih banyak.
  • Lama waktu yang dibutuhkan bambu untuk tumbuh sampai dewasa jauh lebih cepat dibandingkan pohon berkayu. Bahkan bambu adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat.
  • Untuk menyegel peti jenazah bambu, Anda tidak perlu menggunakan paku maupun baut.

8. Peti Jenazah Ramah Lingkungan

Peti Jenazah Anyam

Sedangkan peti jenazah ramah lingkungan adalah jenis yang terbuat dari beragam jenis material yang biodegradable dan sustainable, alias memiliki keberlanjutan secara lingkungan.

Salah satu contohnya adalah bambu. Akan tetapi, masih ada jenis material lainnya yang juga ramah lingkungan, seperti kayu pinus dan batang pisang. Di samping itu, pengolahan materialnya untuk menjadi sebuah peti jenazah juga umumnya tidak mengandung kayu, logam, plastik, atau zat kimia formaldehyde.

9. Peti Jenazah Dengan Dua Tutup

Peti Jenazah Dengan Dua Tutup

Peti jenazah dengan dua tutup atau half-couch lidded casket adalah model peti jenazah yang paling umum jika pihak keluarga menghendaki kesempatan terakhir bagi teman, saudara, kolega, dan tamu lainnya agar bisa melihat jenazah untuk terakhir kali. Sebab, tutup bagian atas bisa dibuka untuk menunjukkan wajah jenazah.

10. Peti Jenazah Kremasi

Apabila Anda berkehendak agar jenazah dikremasi secara langsung, Anda bisa langsung memilih peti kremasi.

Biasanya, peti kremasi terbuat dari material yang lebih ekonomis seperti kayu pres, kanvas, atau cardboard tebal. Karena faktor keindahan tidak jadi fokus utama peti kremasi, jenis peti yang satu ini kurang cocok untuk prosesi pemakaman yang lengkap.

Biaya Peti Jenazah yang Mahal

Adanya beragam jenis peti jenazah memang berarti ada beragam pilihan dengan range harga yang luas. Artinya, Anda bisa pilih model peti jenazah seperti apa yang sesuai kebutuhan maupun budget yang ada. Meski demikian, peti jenazah yang paling “murah” sekalipun biasanya juga masih seharga jutaan, yang tentu tetap terasa sebagai pengeluaran berat bagi keluarga yang ditinggalkan.

Untungnya, ada asuransi pemakaman Kamboja yang hadir sebagai solusi finansial bagi Anda maupun keluarga yang ditinggalkan. Karena dengan asuransi pemakaman, berbagai biaya terkait dengan prosesi pemakaman akan dapat ditanggung sehingga tidak akan menjadi beban finansial bagi Anda dan keluarga yang tengah berduka.

Bahkan Anda juga bisa dapatkan asuransi pemakaman Kamboja mulai dari sekarang. Mengingat bahwa ketidakpastian adalah hal yang selalu terjadi, tentu akan jauh lebih baik apabila Anda bisa mengantisipasinya sejak sekarang, tak peduli berapa usia Anda saat ini. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa keluarga Anda kelak tidak perlu menanggung biaya pemakaman yang besar dan bisa berduka dengan sewajarnya dan semestinya.

Artikel Lainnya

Jasa Cargo Jenazah: Definisi, Persyaratan, dan Cara Memilihnya

Cara Mengurus dan Klaim Asuransi Kematian yang Benar

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman