Sudah tahu konsep pemakaman San Diego Hills untuk Islam? Area kuburan di Jakarta ini memang telah mendapatkan persiapan yang benar-benar matang sehingga mampu menghadirkan sebuah konsep pemakaman modern. 

Selain itu, area pemakaman tersebut juga menjunjung nilai keberagaman baik dari segi agama maupun budaya.

Tentunya untuk makam dengan konsep Islam merupakan salah satu yang menjadi prioritas. Apalagi Islam merupakan agama mayoritas dengan total lebih dari 80% di seluruh Indonesia. Maka tidak heran jika area pemakaman bernuansa Islam di sini memang benar-benar menjunjung nilai-nilai Islam.

Ciri Kuburan San Diego Hills untuk Islam

Jika melihat dari tampilan luarnya, lahan pemakaman di sana merupakan area berwarna hijau luas serta selalu mendapatkan perawatan rutin. Penempatan posisi makam antara muslim dan non muslim juga sudah tepat. 

Makam Islam berlokasi di sebelah barat dengan tujuan agar posisi dari makam tersebut tidak sampai terhalang area makam yang lainnya serta agar bisa langsung menghadap ke kiblat.

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa ciri khas dari pemakaman atau kuburan San Diego Hills untuk warga yang beragama Islam:

  • Unit pemakaman menghadap kiblat.
  • Unit lahan mempunyai gundukan tanah.
  • Area makam terpisah antara makam muslim dan non muslim.
  • Boleh memberi batu nisan untuk penanda.
  • Terdapat jalur jalan atau walkaway.
  • Area makam tersebut juga menyediakan mushola sebagai tempat ibadah bagi pengunjung makam.

Konsep Pemakaman San Diego Hills untuk Islam

Konsep pemakaman yang berada di sini merupakan adopsi dari rukun Islam. Setidaknya, di sana terdapat lahan dengan luas 25 hektar yang merupakan lahan pemakaman Islam. 

Adapun Five Pillars Garden tersebut adalah taman pemakaman yang sesuai dengan nuansa islami dan mengadopsi konsep rukun Islam yang memang berjumlah 5. 

Dr. Mona Siddiqui yang berjasa menghadirkan konsep pemakaman tersebut. Dia adalah seorang profesor dari Glasgow University dengan jurusan Islamic Studies and Public Understanding. 

Selain itu, orang lain yang berjasa dalam membuat konsep tersebut adalah seorang konsultan landscape yang berasal dari Skotlandia bernama Janet Benton. Lalu seperti apa konsep yang ada di pemakaman San Diego Hills ini?

1. Unity Garden

Sebuah filosofi dari rukun Islam yang pertama (Syahadat) sekarang mempunyai Wisdom Mansion. Filosofi tersebut bisa Anda lihat melalui sebuah desain jalan yang berbentuk lingkaran spiral. Ini menunjukkan sebuah satu ke satuan dari alam semesta yang berada dalam kekuasaan Allah Ta’ala.

2. Prayer Garden

Konsep pemakaman San Diego Hills untuk Islam ini sesuai dengan rukun Islam kedua yaitu Shalat. Setidaknya ada tiga mansion yaitu Guiding Light Mansion, Midday Mansion, serta Before Dawn Mansion. Desain tersebut terinspirasi melalui kewajiban setiap umat islam yaitu shalat 5 waktu.

3. Fasting Garden

Konsep ini merupakan sebuah filosofi dari rukun Islam yang ketiga (Puasa). Di sini, konsep puasa merupakan jalan kesederhanaan lewat desain lanskap yang memakai tanaman harmoni yang berdampingan dengan tanaman gersang.

4. Benefaction Garden

Konsep ini berdasarkan filosofi dari rukun Islam yang keempat yaitu Zakat. Terdapat dua mansion yaitu Fitrah Mansion dan Charity Mansion. Konsep ini memaknai sebuah kepedulian sosial yang ada pada ibadah zakat dan desainnya berbentuk air terjun mengalir ke semua area.

5. Konsep Pemakaman San Diego Hills untuk Islam, Pilgrimage Garden

Berikutnya ada filosofi yang berasal dari rukun Islam kelima yaitu Haji. Konsep ini hadir dengan tampilan lanskap berupa tanaman gersang yang merupakan gambaran dari sebuah perjalanan ke gurun pasir. Pada area tersebut juga ada Pilgrimage Pavilion yang menjadi simbol dari "oasis" selama berada dalam perjalanan haji.

Berapa Harga Pemakaman San Diego Hills untuk Islam?

Untuk harga dan ukuran kuburan Islam ini sebenarnya menyesuaikan dengan tipe makamnya. Berikut ini penjelasannya.

1. Single Burial

Tipe yang pertama adalah Single Burial yang merupakan salah satu tipe dengan jumlah peminat paling banyak. Area pemakaman di sini memiliki ukuran sebesar 1,5x2,5 meter persegi. Kemudian untuk kapasitasnya adalah 1 lubang. 

Harganya kurang lebih Rp63.400.000 per kavling. Selain itu, ada juga Single Burial beserta paket pasangan dengan perkiraan harga mulai dari Rp70.000.000 sampai dengan Rp132.300.000.

Terkait sistem pembelian paketnya, untuk tipe ini mempunyai beberapa paket murah yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Paket Pasangan, 2 kavling dengan tipe standar serta ukuran 1,5x2,6 meter persegi.
  • Paket Family, 10 kavling dengan tipe standar serta ukuran 1,5x2,6 meter persegi.

Bagi yang ingin membelinya sebagai ‘persiapan’ atau Pre Need, minimal usia yang terdaftar antara 18 sampai dengan 64 tahun. Anda juga berpotensi memperoleh bonus dengan nilai kurang lebih Rp20.000.000.

2. Semi Private

Ini merupakan pemakaman San Diego Hills untuk Islam dengan kapasitas 2 lubang atau slot. Terdapat pembatas kanan serta kiri. Pada tipe ini juga terdapat akses jalan yang ada di depan makam.

Sementara itu, ukuran luas makamnya sekitar 11 sampai dengan 8 meter persegi. Harganya berkisar Rp245.000.000 sampai dengan Rp275.000.000 setiap unit. 

3. Private (Estate)

Berikutnya ada makam tipe Private yang menawarkan kapasitas lebih luas. Anda akan mendapatkan area dengan kapasitas yang lebih dari 4 lubang. Di sini setidaknya ada 18 lubang. Area Private ini memang merupakan pilihan yang tepat untuk satu keluarga.

Khusus tipe ini, Anda sudah memperoleh 2 bangku yang sudah ada di makam. Selain itu, keluarga juga bisa menambahkan aksesori yang lain misalnya tanaman di dalam makam tersebut.

4. Peak Estate

Tipe yang keempat ini merupakan tipe yang paling eksklusif yang berada di pemakaman San Diego Hills untuk Islam. Modelnya pun custom yang artinya Anda bisa menentukan seperti apa konsep atau model dari makam tersebut.

Kemudian untuk ukurannya sendiri mulai 40 meter persegi ke atas. Karena bersifat custom, maka harganya nanti juga menyesuaikan. Desain makamnya pun juga beragam dan pastinya sangat sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tata Cara Pemakaman di San Diego Hills untuk Islam

Terkait dengan cara pemakaman yang sesuai ajaran Islam, nanti jenazah akan langsung bersentuhan atau terkena tanah. Itu artinya, pemakamannya tidak memakai box concrete

Hal yang berbeda untuk pemakaman kristiani yang biasanya menggunakan peti. Jadi, ketika makam kristiani telah selesai digali, terdapat box concrete yang akan melindungi peti tersebut dari tanah. 

Sudah Paham Pemakaman San Diego Hills untuk Islam?

Itu tadi penjelasan seputar pemakaman San Diego Hills untuk umat muslim. Seperti  yang Anda perhatikan bahwa konsep pemakaman Islam yang tersedia di sini sudah sesuai dengan syariat. Selain itu, area makam yang luas serta rindang menjadi kelebihan lain yang bisa Anda rasakan.

Selain itu, bagi yang ingin membeli paket keluarga, maka harganya lebih murah dari membeli paket satuan. Akan tetapi, untuk pilihan paket tersebut memang belum tersedia di seluruh area. Paket keluarga hanya ada pada area tertentu dan sesuai dengan ketentuan pihak pengelola makam di sana.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman