Setiap orang yang hidup di dunia pasti akan mengalami kedukaan. Ketika meninggal, manusia akan dimakamkan menurut dengan adat dan kepercayaan masing-masing. Keberagaman adat tentu membuat ada banyak jenis pemakaman di dunia.

Lantas, apakah ada pemakaman unik di dunia? Berikut daftarnya!

7 Pemakaman Paling Unik di Dunia

Demi bisa menghormati seseorang yang telah tiada, umumnya pihak keluarga atau sanak saudara akan mengadakan upacara pemakaman. Upacara pemakaman tersebut terdiri atas beberapa rangkaian sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pemakaman unik yang perlu Anda tahu:

1. Rambu Solo

Salah satu pemakaman unik di dunia berasal dari tradisi pemakaman di Indonesia, yaitu rambu solo. Rambu Solo adalah upacara pemakaman adat yang dilakukan oleh suku Toraja di Sulawesi Selatan, Indonesia. Upacara merupakan bentuk penghormatan terakhir dan bertujuan untuk mengantar roh menuju alam baka.

Upacara Rambu Solo memakan biaya yang tidak sedikit, karena upacara ini membutuhkan penyembelihan kerbau atau babi yang jumlahnya banyak. Belum lagi prosesi upacaranya cukup lama.

Prosesi upacara pemakaman Rambu Solo terbagi ke dalam dua garis besar, yaitu Ma'badong dan Ma'randing. Kedua proses tersebut tidak terjadi terpisah, melainkan berlangsung secara harmoni dalam satu kegiatan upacara pemakaman. Upacara ini berlangsung mulai tiga hingga tujuh hari.

2. Pemakaman Langit

Pemakaman unik di dunia lainnya adalah pemakaman langit. tradisi adat pemakaman ini terjadi di Tibet. Prosesi ini diawali dengan mendoakan jenazah kemudian membawa jenazah ke puncak gunung tempat di mana jasad akan ditinggalkan untuk dimakan oleh burung nasar.

Hal tersebut dilakukan hingga burung hanya menyisakan tulang belulang. Dalam Buddhisme Tibet, pemakaman langit diyakini sebagai cara untuk memberikan kembali tubuh ke alam semesta dan mempercepat proses reinkarnasi.

3. Famadihana

Famadihana merupakan tradisi pemakaman di Madagaskar yang dikenal sebagai "pembalikan tulang". Ini bertujuan untuk mempercepat pembusukan dan mendorong arwah orang yang meninggal agar segera menuju alam baka. Pemakaman ini termasuk ke salah satu pemakaman terunik di dunia.

Warga di Madagaskar akan membuka makam orang yang telah meninggal beberapa tahun lalu dan melakukan pembungkusan kembali dengan pakaian penguburan baru. Selain itu, jenazah juga akan mendapat persembahan tarian baru di dekat makam.

4. Parade

Pemakaman dari Varanasi, India ini adalah ritual dengan cara mengangkat orang mati dan menampilkan mereka dalam sebuah parade di jalan. Jenazah akan mengenakan baju yang berwarna cerah untuk melambangkan sebuah tujuan tertentu. Misalnya, merah lambang kemurnian dan kuning lambang pengetahuan.

Agar bisa mendorong keselamatan jiwa serta mengakhiri siklus reinkarnasi, jenazah diberi air dari Sungai Gangga. Kemudian akan dikremasi di krematorium kota besar.

5. Pemakaman Air

Pemakaman unik di dunia lainnya adalah pemakaman air. Upacara ini memiliki nama lain, yaitu water burial. Ini adalah upacara yang ada di negara-negara Nordik. Mereka mempunyai keyakinan kuat bahwa jasad harus kembali kepada para dewa.

Jadi, masyarakat akan menempatkan jasad ke dalam peti mati di atas tebing. Tebingnya pun harus yang menghadap ke air.

Terkadang, mereka juga menempatkan jasad dalam "kapal kedukaan" di sepanjang sungai atau melarangnya ke laut. Meskipun terdengar aneh, namun tradisi pemakaman unik ini merupakan bagian dari budaya dan keyakinan masyarakat setempat.

6. Menara Keheningan

Ritual Zoroaster membutuhkan burung pemakan bangkai untuk menjaga jenazah. Adat pemakaman ini cukup mirip dengan pemakaman langit yang ada di Tibet.

Selama upacara, jenazah orang meninggal tersebut dianggap sebagai pencemar pada segala sesuatu yang bersentuhan dengannya, layaknya sebuah kotoran. Oleh karena itu, burung pemakan bangkai masyarakat anggap sebagai pembersih atas hal tersebut.

Selain itu, jenazah juga akan diguyur memakai air seni banteng. Tujuannya untuk membersihkan tubuh orang yang meninggal tersebut.

Setelah itu, jenazah akan dikuburkan. Kuburannya sendiri orang kenal dengan nama "Menara Keheningan" atau “Tower of Silence” karena burung-burung itu membuat kuburan menjadi sangat sepi.

7. Sati

Sati atau suttee adalah praktik sejarah di India. Tradisi unik sekaligus mengerikan. Di mana seorang janda mengorbankan dirinya sendiri dengan duduk di atas pemakaman suaminya yang sudah meninggal. Menurut kepercayaan Hindu, sati melambangkan penutupan pernikahan.

Awalnya, sati adalah tindakan sukarela sebagai tanda menjadi istri yang taat. Namun, kemudian menjadi praktik yang dipaksa. Praktik ini pertama kali muncul antara 320 hingga 550 Masehi, selama pemerintahan Kekaisaran Gupta. Kemudian, praktik ini menyebar ke Rajasthan.

Awalnya, praktik sati terbatas pada keluarga kerajaan dari kasta Kshatriya. Lalu, menyebar ke kasta yang lebih rendah dan menjadi praktik yang banyak dilakukan di semua kelas sosial.

Meskipun sati sekarang sudah ilegal, masih ada beberapa kuil sati di India. Di mana upacara pemujaan orang lakukan untuk memuliakan avatar dewi ibu yang membakar dirinya sendiri di atas pemakaman suaminya setelah mendengar ayahnya menghina sang suami.

Selain itu, praktik ini masih masyarakat hormati dengan penuh semangat di beberapa daerah di India. Ada pula kuil-kuil yang memang menjadi tempat dedikasi untuk korban sati sebelumnya.

Manakah Pemakaman Unik di Dunia yang Paling Menarik?

Itulah beberapa pemakaman unik di dunia, setiap tradisi pemakaman umumnya juga memiliki makna dan tujuan berbeda-beda. Namun, kebanyakan bertujuan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang telah meninggal dan mengantar roh almarhum menuju alam baka.

Dan seperti yang Anda ketahui bahwa, salah satu hal penting dalam sebuah pemakaman adalah adanya peti jenazah. Peti jenazah yang baik dan berkualitas sendiri bisa menjadi simbol penghormatan untuk mendiang. Jika membutuhkan peti jenazah dengan kualitas baik, Anda dapat mencarinya di Peti Jenazah Kamboja.

Baik itu peti untuk kuburan Tionghoa, kuburan umum, dan lain sebagainya, Kamboja menyediakan sesuai kebutuhan. Segera hubungi dan dapatkan peti dengan kualitas terbaik sekaligus dengan harga terjangkau, hubungi kontak kamboja sekarang!

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0