Mungkin Anda pernah melihat orang yang sudah tua masih saja bekerja, entah itu berjualan makanan atau minuman di jalanan, atau sebagai seorang pelaku bisnis. Sebenarnya, jika Anda bekerja walaupun sudah tua, itu bukanlah masalah, jika bekerja tersebut merupakan pilihan Anda, bukan terpaksa karena memang harus penuhi kebutuhan hidup.

Mengapa di usia yang sudah tua masih bekerja? Apakah saat muda tak bekerja? Umumnya, semua orang bekerja dari muda sampai tua. Seakan uang dihasilkan dari bekerja, tak pernah cukup untuk penuhi kebutuhan hidup, bahkan saat usia sudah tua. Tanpa perencanaan keuangan baik, orang yang sudah berusia tua akan terpaksa terus bekerja. Serta, jika Anda tak bekerja untuk teruskan hidup, biasa nantinya akan andalkan anak-anak untuk menolong supaya bisa lanjutkan hari tua.

Usia produktif adalah 21-60 tahun. Lalu bebas masalah keuangan di usia berapa? Anda harus paham bahwa saat usia sudah dekat dengan 60 tahun dan seterusnya, maka tak lagi produktif. Jikapun Anda ingin, fisik sudah tak seperti saat muda. Serta, Anda cenderung sulit untuk berkompetisi dengan generasi-generasi muda yang jauh lebih cerdas, gesit, lincah, serta produktif.

Anda perlu membuat perencanaan, supaya saat capai usia pensiun, Anda dapat lanjutkan hidup dari uang yang sudah dihasilkan saat Anda masih muda serta produktif dalam bekerja. Bukan justru mengandalkan anak-anak. Pastinya sebagai orang tua yang baik, Anda sebisa mungkin berusaha untuk meringankan beban anak. Anda justru tak mau menjadi beban mereka.

Salah satu cara mempersiapkan hari tua adalah dengan mengambil asuransi hari tua. Selain itu, Anda pun harus membuat perencanaan keuangan untuk hari tua nanti.

Tantangan Finansial di Usia Tua

Anda akan lebih merasa sejahtera dari segi finansial jika mempunyai kebijakan keuangan efektif serta tepat. Sebaliknya, jika pada masa muda cara kelola uang Anda kurang baik, maka ini akan mempengaruhi masa tua. Pastinya Anda tak ingin hidup yang serba kekurangan pada masa tua nanti, kan? Hal ini dapat dihindari dengan cara mengelola keuangan dengan baik dan menghindari masalah-masalah keuangan berikut ini sejak dini:

  • Tak Menabung
    Jika Anda masih mempunyai penghasilan dari pekerjaan yang dijalani atau digeluti, maka biasakan untuk disiplin menabung uang. Paling tidak, sisihkan sekitar 20% gaji Anda untuk disimpan atau ditabung. Sayangnya, sampai sekarang masih banyak pekerja yang cenderung habiskan gaji mereka untuk penuhi gaya hidup konsumtif. Jika gaya hidup yang seperti ini berlangsung sampai masa pensiun, pada masa tua Anda akan alami masalah keuangan atau finansial.
  • Pengetahuan Investasi yang Kurang
    Semakin usia tua, maka semakin tinggi pula pengeluaran. Jika tak mengetahui cara kelola keuangan yang tepat, kondisi keuangan akan kian memburuk ketika memasuki usia tua. Padahal ada cara untuk tingkatkan nilai simpan lewat investasi. Minim atau kurangnya pengetahuan mengenai investasi saat usia muda menjadi kendala yang perlu untuk Anda sikapi supaya terhindar dari masalah finansial atau keuangan pada usia senja nanti. Maka sebagai saran, Anda harus sudah memikirkan tentang asuransi hari tua mulai dari sekarang di saat masih produktif.
  • Banyak Hutang
    Kehidupan konsumtif tak jarang dorong seseorang untuk berhutang. Ini mengakibatkan, semakin banyak hutang, maka semakin sulit untuk sisihkan uang demi jamin kesejahteraan pada masa tua. Oleh sebab itu, hilangkan kebiasaan berhutang serta tak perlu untuk terapkan gaya hidup yang berlebihan.

Cara Kelola Keuangan Pada Masa Tua

Kondisi keuangan atau finansial jadi salah satu yang perlu Anda perhatikan untuk jamin masa depan lebih sejahtera. Anda dapat pastikan jaminan finansial dengan cara kelola keuangan dengan baik semenjak dini. Mengelola keuangan bukan merupakan hal mudah untuk dilakukan karena membutuhkan komitmen serta disiplin tinggi. Untuk memudahkan Anda, berikut ini terdapat cara kelola uang dengan baik untuk jamin finansial pada usia tua:

  • Tetapkan Tujuan Keuangan

Pastikan Anda mempunyai target tabungan yang akan dikumpulkan pada kurun waktu tertentu. Tetapkan tujuan keuangan tersebut, apakah untuk beli rumah, biaya pendidikan anak, dan lain sebagainya. Supaya cara kelola keuangan ini bisa jalan, Anda perlu sisihkan uang untuk disimpan atau ditabung tiap bulan. Jangan lupa untuk tetap disiplin serta konsisten menabung.

  • Atur Anggaran

Anda perlu atur anggaran secara efektif untuk hindari lebih besarnya jumlah pengeluaran daripada pemasukan. Adanya pengaturan anggaran efektif dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan untuk tabungan atau investasi. Susun anggaran sesuai kondisi keuangan. Lakukan perencanaan teliti supaya semua kebutuhan bisa terpenuhi.

  • Menabung serta berinvestasi

Salah satu cara kelola keuangan untuk pastikan kesejahteraan pada masa tua, yakni dengan biasakan diri untuk menabung dari dini. Menabung adalah hal wajib untuk jamin keamanan keuangan atau finansial pada masa tua nanti.

Menabunglah dengan teratur, baik itu harian, mingguan, ataupun bulanan. Nantinya tabungan ini dapat Anda gunakan sebagai dana pensiun, modal mulai bisnis, atau berinvestasi. Sama seperti ketika Anda menabung, investasi pun jadi cara kelola keuangan secara baik.

Apapun bentuk dari investasi yang dipilih oleh Anda, misalnya asuransi pada hari tua, pastikan jika investasi tersebut memberikan keuntungan untuk Anda sehingga bisa didapatkan hasilnya pada masa tua nantinya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempunyai pengetahuan mengenai keuangan serta investasi supaya tak salah dalam menentukan keputusan keuangan atau finansial Anda.

  • Hidup yang Hemat

Gaya hidup yang hemat mungkin cukup sulit untuk diterapkan, tapi sangat penting dilakukan sebagai cara kelola keuangan dengan baik. Pakai uang Anda untuk penuhi berbagai kebutuhan yang penting saja. Hindari untuk habiskan uang untuk hura-hura serta membelanjakan uang tanpa lakukan perencanaan secara matang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari pemborosan.

  • Evaluasi Pengeluaran

Di dalam kelola keuangan atau finansial, kadang-kadang perencanaan Anda tak dapat berjalan sesuai dengan target. Untuk cari tahu, kemungkinan adanya masalah di dalam pengelolaan finansial atau keuangan, Anda perlu untuk lakukan evaluasi di perencanaan keuangan dengan berkala. Dengan adanya evaluasi finansial atau keuangan, Anda mengetahui bagaimana uang itu dihabiskan tiap bulannya. Jika perlu, lakukan perbaikan di perencanaan keuangan atau finansial sehingga ke depannya bisa berjalan secara lancar serta tepat sasaran.

Untuk terapkan cara kelola keuangan yang tepat, Anda harus mempunyai target masa depan yang jelas. Jika perencanaan keuangan itu untuk memastikan kesejahteraan keuangan atau finansial pada masa tua, maka Anda perlu mengelola keuangan Anda sedini mungkin.

Ubahlah kebiasaan yang bisa memperburuk kondisi finansial atau keuangan. Cari tahu cara kelola uang secara baik dari ahli keuangan atau finansial dan terapkan cara-cara di atas. dengan demikian, Anda tak akan mengalami masalah keuangan atau finansial pada hari tua nanti. Jangan lupa untuk ambil asuransi hari tua, supaya Anda terhindar dari masalah keuangan di usia senja.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman