Mendapatkan kabar duka adalah salah satu momen yang tidak dapat dilupakan dan terjadi begitu cepat. Kejadian mendadak seperti ini cenderung membuat seseorang bingung dan tidak bisa tenang saat menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Dalam keadaan sedih dan tergesa, seringkali seseorang membuat keputusan yang kurang tepat. Inilah pentingnya pendamping pada saat berduka untuk membantu segala urusan pemakaman sampai rumah duka.

Rumah duka merupakan lokasi yang digunakan untuk menyemayamkan jenazah sebelum dikuburkan maupun di kremasi. Rumah duka juga digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga, kerabat, dan teman untuk memberikan penghormatan terakhir. Lokasi rumah duka dapat dilakukan di tempat penyedia rumah duka. Jika memiliki kapasitas ruangan yang memadai, rumah duka dapat dilakukan di rumah pribadi. Namun, jika ingin memilih tempat penyedia rumah duka, pihak keluarga perlu memperhatikan beberapa hal agar keluarga dan tamu yang hadir bisa merasa nyaman. Apa saja itu? Berikut tips memilih rumah duka terbaik yang telah Kamboja rangkum.

 

Tips Memilih Rumah Duka Terbaik

1. Rumah duka bersih dan aman

Memilih rumah duka yang bersih dan nyaman sangatlah penting. Sebagai tempat persemayaman jenazah, tidak pantas rasanya jika tempat tersebut kotor. Selain itu, keluarga dan tamu yang hadir akan lebih nyaman jika rumah duka bersih. Apalagi proses kedukaan suatu agama bisa berlangsung selama beberapa hari. Memastikan kebersihan rumah duka juga bertujuan agar proses mendoakan mendiang lebih khidmat dan fokus.

Selain memperhatikan kebersihan, pastikan juga keamanan rumah duka. Adanya CCTV atau satpam yang berjaga di rumah duka saat proses kedukaan berlangsung sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memantau situasi yang terjadi selama prosesi kedukaan berlangsung. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti adanya barang hilang, pungli dan tindak kejahatan lainnya.

 

Tips Memilih Rumah Duka Terbaik

2. Memiliki pelayanan lengkap

Beberapa rumah duka biasanya menyediakan paket pelayanan kedukaan seperti pemulasan jenazah, transportasi jenazah dan keluarga, menyediakan peti jenazah, hingga konsumsi. Rumah duka dengan pelayanan lengkap akan sangat memudahkan pihak keluarga yang sedang berduka. Biasanya, seseorang yang sedang berduka mudah merasa lelah sehingga jika mengurus kebutuhan pemakaman secara terpisah akan memakan waktu lama. Inilah pentingnya mencari rumah duka yang sudah dilengkapi dengan paket pelayanan kedukaan.

 

 

Tips Memilih Rumah Duka Terbaik

3. Terdapat ruang keluarga untuk beristirahat

Proses kedukaan bagi agama tertentu biasanya bisa berlangsung selama beberapa hari. Proses ini sudah pasti akan sangat melelahkan bagi pihak keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya pilih rumah duka yang memiliki ruang khusus keluarga. Ruangan ini biasanya digunakan oleh pihak keluarga untuk istirahat sejenak setelah seharian melakukan prosesi pemakaman serta menerima tamu. Adanya ruang keluarga ini juga dapat mendukung kenyamanan rumah duka, sehingga pihak keluarga dapat langsung beristirahat tanpa perlu pulang ke rumah.

Tips Memilih Rumah Duka Terbaik

4. Harga yang ditawarkan terjangkau

Memilih rumah duka yang menawarkan harga terjangkau juga bisa menjadi pilihan. Tidak bisa dipungkiri pada hari kedukaan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mencari rumah duka dengan pilihan paket kedukaan akan menghemat biaya. Dibandingkan dengan menyewa rumah duka saja, keluarga masih perlu mencari kebutuhan pemakaman lain seperti peti jenazah, jasa pemulasaran jenazah, hingga transportasi jenazah. Jika dihitung, biaya pengeluaran menjadi lebih banyak. Selain itu, keluarga juga membutuhkan tenaga lebih untuk mencari segala kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, memilih rumah duka yang menawarkan paket layanan kedukaan bisa menghemat biaya dan memudahkan keluarga saat mengurus proses pemakaman.

Itulah beberapa tips yang bisa diperhatikan saat memilih rumah duka. Jika masih bingung mencari pelayanan rumah duka yang lengkap, Kamboja punya solusinya.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Membeli Karangan Bunga Terbaik - Kamboja

Kamboja merupakan layanan proteksi pemakaman yang membantu keluarga mengurus segala keperluan yang dibutuhkan saat hari kedukaan tiba. Layanan yang diberikan mulai dari kebutuhan administrasi, penyedia rumah duka, pengurusan jenazah, konsumsi tamu, hingga transportasi jenazah dan keluarga. Pelayanan lengkap yang diberikan Kamboja akan memudahkan keluarga untuk mengurus proses pemakaman. Kamboja menawarkan biaya proteksi yang terjangkau, mulai dari Rp 35 ribu/bulan, Kamboja akan membantu mengurus prosesi pemakaman dengan baik, sehingga keluarga tidak perlu mempersiapkan kebutuhan pemakaman. Kamboja memberikan pelayanan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan berbagai wilayah lain di pulau Jawa. Informasi lebih lanjut kunjungi website Kamboja di https://kamboja.co.id, atau bergabung bersama Kamboja melalui Daftar.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman