Bagi sebagian orang, peti jenazah bukan hanya digunakan sebagai tempat persemayaman saja. Peti jenazah juga dapat menunjukkan kelas sosial seseorang. Hal ini terjadi karena banyaknya permintaan peti jenazah sehingga harga yang ditawarkan saat ini menjadi naik. Selain dari banyaknya permintaan, bahan pembuatan dan tingkat kesulitan peti jenazah juga menjadi faktor penentuan harga.

Dari beberapa lokasi di Jakarta, penjual peti jenazah menawarkan harga yang bervariasi. Peti jenazah yang ditawarkan dikategorikan mulai dari standar hingga premium. Untuk ukuran peti standar, biasanya sudah tersedia di tempat, sedangkan untuk peti premium jarang tersedia. Namun jika ingin memesan peti jenazah standar maupun premium terlebih dahulu, harganya akan menyesuaikan dengan keuangan pemesan. Lalu berapa kisaran harga peti jenazah di Jakarta? Berikut rekomendasi peti jenazah yang telah Kamboja rangkum.

peti jenazah terjangkau

1. Peti jenazah standar MDF

Peti jenazah standar dengan bahan MDF memiliki harga yang paling terjangkau daripada peti dengan bahan lain. Bahan MDF adalah jenis papan kayu yang disebut Medium Density Fiber. MDF terbuat dari serpihan kayu yang dicampur lilin dan lem kemudian di press sampai menjadi papan. Harga peti jenazah MDF di Jakarta Timur berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 4,5 juta.

harga peti jenazah premium

2. Peti jenazah standar Multiplek

Peti jenazah dengan bahan multiplek memiliki harga yang terbilang standar. Bahan multiplek adalah lapisan-lapisan kayu yang direkatkan dengan lem dan tekanan mesin. Bahan multiplek termasuk ke dalam jenis kayu berkualitas dengan harga jual murah. Harga peti jenazah multiplek di Jakarta Selatan berkisar Rp 2 juta rupiah. Harga ini dapat berubah tergantung dari ketebalan bahan multiplek yang digunakan dan kerumitan pembuatan peti jenazah.

harga peti jenazah jakarta

3. Peti jenazah kayu solid

Peti jenazah dengan bahan kayu solid biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dari peti multiplek. Peti dengan bahan kayu solid memiliki kualitas yang baik dan tahan lebih lama. Kayu solid sendiri berasal dari material alam murni tanpa ada campuran dari bahan lain. Jenis kayu solid juga beragam, diantaranya kayu mahoni, kayu pinus, kayu oak, dan kayu jati. Harga yang ditawarkan berbeda tiap jenisnya. Di daerah Jakarta Timur, peti berbahan kayu mahoni memiliki harga sekitar Rp 6 juta. Sedangkan untuk peti kayu jati memiliki harga yang lebih mahal sekitar Rp 10 juta.

model peti jenazah

4. Peti jenazah premium

Peti jenazah dengan bahan kayu premium biasanya memiliki harga cukup mahal. Hal ini ditentukan dari ketebalan bahan yang digunakan dan kerumitan saat membuat peti. Di daerah Jakarta Timur, peti jenazah premium berbahan dasar MDF harganya berkisar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Sedangkan untuk peti berbahan kayu solid harganya berkisar Rp 15 juta sampai Rp 30 juta tergantung dari jenis kayu yang digunakan.

Itulah beberapa rekomendasi dan penjelasan mengenai harga peti jenazah dari tipe standar hingga premium. Kisaran harga yang disebutkan bisa saja memiliki sedikit perbedaan karena untuk saat ini permintaan peti jenazah sedang mengalami kenaikan akibat lonjakan kasus Covid-19.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman