Di Indonesia, banyak orang yang menanam tanaman untuk makam di dekat pemakaman orang yang mereka sayangi atau area sekitarnya. Hal inilah yang kemudian menjadi tradisi yang khas bagi masyarakat Indonesia.

Namun, sebenarnya apa fungsi tanaman di kuburan? Apa saja jenis tanaman atau bunga yang cocok untuk ditanam pada di area pemakaman? Simak informasinya dibawah ini.

Fungsi Tanaman di Kuburan

Mayoritas umat muslim percaya bahwa menanam pohon di kuburan seseorang dapat membantu meringankan azab jenazah yang bersangkutan.

Setiap manusia pasti percaya bahwa setelah meninggal dunia, semua orang akan menjemput nasib kuburnya masing-masing. Namun, tentu saja manusia harus tetap memperbanyak ibadah untuk membantu meringankan azab di alam kubur.

Adapun salah satu cara yang kerap keluarga muslim lakukan kepada jenazah adalah menanam pohon di kuburan.

Dalam HR. Bukhari, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda sebagai berikut:

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon atau menanam tetumbuhan, kemudian burung, manusia, dan hewan ternak memakan buah-buahan dari pohon yang dia tanam, kecuali hal tersebut terhitung sedekah baginya.”

Dari bunyi hadist tersebut, sudah jelas bahwa dalam agama Islam, menanam pohon merupakan bentuk sedekah.

Singkatnya, dengan menanam pohon di mana saja termasuk kuburan, maka manusia sudah melakukan amalan baik yang akan mereka bawa sampai hari kiamat.

Akan tetapi, ternyata ada kriteria khusus terkait dengan jenis tanaman untuk makam yang dapat Anda tanam.

Dalam Islam, jika akar dan dahan pohon tersebut bisa mencapai jenazah, maka hukumnya haram untuk Anda tanam.

Sedangkan jika jenis pohonnya merupakan tanaman bunga yang memiliki dahan dan akar kecil, maka hukumnya sunnah atau boleh untuk Anda tanam.

Selain dilihat dari perspektif agama, menanam tanaman di kuburan juga memiliki fungsi keindahan. Sebuah makam yang dikelilingi oleh bunga atau tanaman tentu akan membuatnya terlihat lebih asri dan cantik.

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang kerap kali menanam tanaman di kuburan milik anggota keluarga mereka.

Jenis Tanaman Makam yang Bisa Ditanam

Setelah menyimak fungsi tanaman untuk makam, berikut ini adalah berbagai jenis tanaman yang bisa Anda tanam di kuburan:

1. Melati

Bunga berwarna putih ini memang sering Anda temukan di sekitar area kuburan ataupun di atas makam sebagai hiasan. Pohonnya yang rimbun dan juga lebat kerap orang gunakan untuk menghiasi makam.

Jadi, ketika akan mengunjungi makam anggota keluarga, Anda bisa langsung memetiknya dari pohon tersebut.

Apalagi pohon melati juga sangat mudah tumbuh di berbagai tempat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Perawatannya juga relatif mudah dan tidak harus Anda sirami tiap hari.

2. Kembang Hanjuang

Kembang hanjuang atau cordyline merupakan tanaman hias yang kerap Anda temukan di taman, pinggiran jalan, atau di kuburan. Hanjuang memang menjadi jenis pohon yang mudah untuk Anda rawat.

Menariknya, hanjuang juga menjadi jenis tumbuhan yang bisa bertahan di kawasan yang kering dan panas. Makanya, tidak heran jika hanjuang ini kerap menjadi pilihan tanaman untuk makam.

3. Mawar

Mawar menjadi tanaman hias yang sangat populer dan bisa Anda gunakan untuk segala kebutuhan. Tak terkecuali untuk membuat sebuah makam terlihat cantik dan menarik.

Kini banyak orang yang memilih mawar sebagai tanaman untuk makam karena bunganya cantik dengan aroma harumnya yang khas. Bukan cuma itu saja, Anda juga bisa menaburkan bunga mawar ini ke makam ketika sedang berziarah.

4. Pacar Air

Pacar air merupakan tanaman hias yang memiliki ukuran tidak terlalu tinggi, tetapi bisa menghasilkan bunga yang rimbun di bagian batangnya. Pilihan warnanya yang beragam, seperti puth, mewah, dan ungu membuat tanaman ini akan sangat pas jika Anda tanam di kuburan.

Apalagi benihnya juga berukuran kecil sehingga tidak akan memakan banyak tempat di sekitaran kuburan.

5. Kamboja

Kamboja atau banyak orang menyebutnya dengan semboja adalah tanaman yang sudah pasti selalu Anda temukan di area kuburan. Pohon kamboja banyak ditanam di pemakaman karena jenis tanamannya yang bisa menyesuaikan tempat dan dapat tumbuh dengan subur.

Bukan hanya itu, pohon kamboja juga tidak membuat semak serta bunganya bisa menjadi hiasan yang cantik di area makam.

6. Bakung

Secara umum, tanaman bakung memang mirip dengan lily. Hal ini karena bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Saat ini, ada banyak jenis kembang bakung yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Menariknya, setiap jenis kembang bakung tersebut mempunyai penampilan yang khas dan sangat cantik ketika sedang mekar.

Sayangnya, bakung tidak cocok untuk daerah yang panas dan gersang. Oleh karena itu, jika Anda berniat menjadikan bakung sebagai tanaman untuk makam, pastikan jika area di sekitarnya sejuk dengan kondisi tanah yang lembab.

7. Kenanga

Kenanga merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai aroma semerbak dan sangat wangi, khususnya ketika sudah mekar. Tak heran jika kenanga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tanam di area pemakaman.

Apalagi bunga kenanga yang harum ini memang banyak orang cari untuk pengobatan tertentu maupun sebagai bunga taburan di atas makam.

8. Sedap Malam

Sedap malam merupakan tumbuhan hijau yang mempunyai aroma harum dan bentuk bunga yang sangat cantik ketika sedang mekar. Bahkan beberapa orang juga kerap memanfaatkan bunga ini sebagai pengharum ruangan, aroma terapi, hingga hiasan pengantin.

Namun, ternyata sedap malam juga bisa Anda gunakan sebagai tanaman untuk makam. Hanya saja, tumbuhan ini cenderung tidak bisa tumbuh di kawasan yang panas dan terlalu kering.

9. Anyelir

Anyelir adalah tanaman berbunga pendek yang sering Anda jumpai di area pemakaman. Tanaman anyelir memang memiliki bentuk bunga yang sangat cantik dengan adanya rumbai-rumbai ketika sudah mekar.

Jadi, selain menjadi tumbuhan yang cantik untuk kuburan, Anda juga bisa menggunakan bunga ini sebagai taburan saat ziarah.

10. Cempaka Putih

Cempaka putih atau bunga kantil merupakan jenis tumbuhan yang sering ada di area pemakaman. Apalagi mitos yang berada di masyarakat sekitar mengatakan kalau konon cempaka putih sering menjadi sarang makhluk halus.

Makanya, tidak heran jika kebanyakan tumbuhan cempaka putih lebih sering Anda temukan di area sakral, seperti kuburan.

11. Bunga Terompet

Bunga terompet tak hanya bisa Anda jumpai di sekitar pekarangan rumah, tetapi juga di area pemakaman.

Tumbuhan hias yang satu ini memang kerap menjadi tanaman untuk makam karena bentuknya yang cantik dan aromanya yang harum.

Bunga terompet yang Anda tanam di area pemakaman tak hanya membuat kuburan jadi lebih asri, tetapi juga bisa mempercantik suasana sekitar.

Manakah Tanaman untuk Makam yang Sering Anda Jumpai?

Itu dia informasi singkat tentang fungsi dan berbagai jenis tanaman untuk makam. Bicara soal pemakaman, tentu tidak terlepas dari jasa biaya pemakaman yang harus dipersiapkan oleh keluarga.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan salah satu jasa pemakaman, biaya di setiap daerah cenderung berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi dengan pengurus pemakaman setempat atau Kamboja.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman