Saat ditinggal orang tersayang, Anda mungkin memiliki banyak penyesalan karena tidak bisa memberikan yang terbaik selama mereka masih hidup. Sehingga, jangan sepelekan tanda tanda orang yang mau meninggal. Dengan demikian, Anda bisa mempersembahkan kenangan indah sebelum ajal menjemputnya.

Memang benar, bahwa waktu kedukaan adalah rahasia Sang Pencipta. Namun, ada perubahan signifikan yang terjadi menjelang waktu kedukaan. Apa saja tanda-tanda tersebut? Berikut tanda-tanda seseorang akan meninggal yang bisa Anda kenali.

10 Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal

Berikut ini 10 tanda tanda orang mau meninggal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Nafsu Makan Berkurang

Orang yang akan meninggal dalam waktu 40 hari biasanya jarang makan, karena nafsu makan berkurang. Tanda-tanda ini disebabkan tubuh orang yang akan meninggal sudah tidak aktif. Sehingga, tidak membutuhkan energi kembali layaknya orang normal.

2. Interaksi Berkurang

Umumnya orang yang ajalnya sudah dekat lebih senang menyendiri dan menarik diri dari aktivitas sosial. Sehingga, interaksi dengan orang lain menjadi berkurang. Bahkan, mereka enggan untuk sekedar menyapa.

3. Sering Tidur

Energi seseorang yang akan meninggal pastilah sudah berkurang, sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur.

Apalagi jika orang tersebut sedang menderita sakit keras. Jika tanda ini muncul, biarkan orang tersebut untuk tidur dengan nyaman dan cukupi kebutuhannya.

4. Berhalusinasi dan Gelisah

Bukan fenomena aneh apabila orang yang dekat dengan kedukaan mengalami halusinasi dan merasa gelisah. Biasanya, mereka akan mengatakan telah bertemu sosok yang sudah meninggal sebelumnya. Seolah-olah mereka sedang merasa dijemput.

Apabila Anda melihat tanda-tanda tersebut, jangan membuat mereka kebingungan dengan apa yang baru saja dilihat. Sehingga, tidak perlu membetulkan penglihatan mereka.

5. Pola Buang Air Berubah

Perubahan pola buang air terjadi karena orang tersebut jarang makan. Dampaknya, zat sisa metabolisme tubuh seperti urin berkurang atau tidak buang air sama sekali. Warna urin pun ikut berubah menyerupai warna karat, karena asupan cairan yang masuk dalam tubuh berkurang.

6. Terjadi Perubahan Fisik

Selain tanda tanda di atas, orang yang mau meninggal juga mengalami perubahan fisik, misalnya warna kulit. Terjadi perubahan warna kulit dengan ditandai munculnya bercak kemerahan atau kehijauan pada area tangan dan kaki.

Perubahan pada fisik yang lain, diantaranya kuku dan bibir menjadi lebih pucat karena aliran darah berkurang.

7. Nyeri di Beberapa Titik

Ulkus dekubitus adalah cedera pada kulit yang terjadi karena tekanan berkepanjangan akibat posisi tubuh tidak berganti dalam waktu lama.

Sehingga, rasa nyeri terjadi pada beberapa titik tertentu dan meninggalkan bekas bintik merah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah posisi orang tersebut supaya rasa nyeri berkurang.

8. Sistem Pernapasan Terganggu

Tanda yang muncul pada orang yang akan meninggal selanjutnya adalah sistem pernapasan terganggu. Misalnya, kecepatan napas berubah menjadi lebih cepat seperti terengah-engah atau malah berhenti sementara.

Jika itu terjadi, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab sistem pernapasan terganggu.

9. Perubahan pada Tanda Vital

Tanda yang pasti muncul pada seseorang yang sudah dekat dengan ajal, yaitu perubahan pada tanda vital. Perubahan yang terjadi, antara lain penurunan tekanan darah, detak jantung sulit terdeteksi, warna urine berubah, dan perubahan napas.

10. Suhu Tubuh Terus Menurun

Orang yang akan menemui ajalnya mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis. Kondisi ini terjadi karena aliran darah tidak terdistribusi dengan baik. Sehingga, tubuh mereka terasa lebih dingin dari orang normal pada umumnya.

Mengapa Layanan Pemakaman Sangat Penting?

Setelah mengetahui tanda tanda orang mau meninggal, Anda tidak bisa menyepelekan begitu saja. Tindakan yang bisa Anda ambil selain selalu berada di sisi mereka pada saat-saat terakhir adalah merencanakan pemakaman yang layak sebagai salam perpisahan dengan almarhum.

Tentu saja, saat kehilangan seseorang yang dicintai kesedihan datang dan itu wajar terjadi. Namun, jangan biarkan biaya dan prosesi pemakaman membuat Anda tidak bisa memberikan yang terbaik untuk mereka.

Nah, agar proses pemakaman sempurna sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang meninggal, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa pemakaman atau jasa proteksi pemakaman.

Manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa proteksi pemakaman, yaitu:

  • Pengurusan pemakaman akan ditangani oleh tenaga profesional, sehingga Anda bisa menunjukkan rasa hormat kepada almarhum dengan upacara pemakaman yang layak dan sempurna.
  • Kebutuhan pelayat dan Anda sekeluarga lebih terorganisir, seperti dekorasi rumah duka, konsumsi pelayat, transportasi, serta administrasi akte kedukaan. Selain itu, biaya pemakaman lebih terjangkau, karena sudah satu paket.
  • Meski ditinggal oleh orang yang paling dicintai, Anda harus bersedih dengan cara yang sehat. Caranya, yaitu dengan memberikan pemakaman yang layak serta menyambut pelayat sebaik mungkin.
  • Anda bisa menemui orang yang sudah lama tidak berjumpa tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk urusan operasional pemakaman. Tidak bisa dipungkiri, kalau upacara pemakaman akan dihadiri oleh teman, kerabat, bahkan keluarga yang tinggal jauh.
  • Bisa mengatasi kebutuhan finansial dan tenaga saat proses pemakaman. Dengan jasa proteksi pemakaman, Anda bisa memilih biaya proteksi yang cukup beragam.

Jasa Proteksi Pemakaman Pertama di Indonesia

Dengan berbagai manfaat yang akan diperoleh, Anda bisa merencanakan pemakaman terbaik bersama jasa proteksi pemakaman.

Kamboja sebagai jasa proteksi pemakaman pertama di Indonesia ingin membantu Anda dalam melalui hari kedukaan tersebut dengan cara terbaik.

Kami memahami bahwa kedukaan tidak hanya meninggalkan beban kesedihan, tapi juga beban finansial dan fisik. Sehingga, kami datang untuk menawarkan solusi pengurusan pemakaman dengan biaya terjangkau dan terpercaya.

Sehingga, Anda bisa mengatasi segala kemungkinan yang terjadi di hari berkabung yang belum terbayangkan sebelumnya.

Sudah Tahu Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal?

10 tanda tanda orang mau meninggal di atas tidak bisa Anda anggap remeh. Dengan mengenali tanda-tandanya, Anda bisa mempersiapkan rencana pemakaman terbaik saat hari kedukaan itu tiba. Hubungi kontak Kamboja sekarang dan pilih paket proteksi pemakaman terbaik untuk Anda sekeluarga.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman