Asuransi merupakan salah satu bentuk proteksi yang penting dimiliki setiap individu, baik orang tua maupun anak-anak. Masih banyak orang tua yang ragu untuk membeli produk asuransi untuk anak karena merasa belum perlu. Lalu, kapan waktu yang tepat mengurus asuransi untuk anak?

Pada dasarnya, asuransi bisa dimiliki oleh siapa saja dan tidak memandang umur. Memiliki asuransi merupakan suatu upaya mengantisipasi kemungkinan terburuk jika Anda meninggal dunia. Mempersiapkan asuransi sedini mungkin untuk anak adalah yang hal yang perlu dipertimbangkan bagi para orang tua.

Kapan Waktu yang Tepat Mengurus Asuransi untuk Anak?

Waktu yang tepat mengurus asuransi untuk anak ialah saat ia lahir ke dunia. Mengapa demikian? Mungkin, banyak orang tua yang masih menganggap bahwa keputusan tersebut terlalu dini. Namun, Anda dapat menelisik lebih jauh pentingnya asuransi anak yang dibeli sedini mungkin.

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang menjadi penentu nominal premi asuransi ialah faktor umur. Hal ini berarti bahwa setiap pertambahan usia pada anak, maka semakin meningkat pula premi yang wajib dibayar.

Asuransi yang ditujukan untuk anak dapat memberikan jaminan proteksi pada risiko yang dapat menimpa si kecil. Perlu diketahui ada tiga macam asuransi yang bisa dipertimbangkan untuk anak, yakni asuransi kesehatan untuk anak, asuransi pendidikan anak, dan asuransi jiwa untuk orang tua.

Saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan simulasi asuransi yang tepat untuk para keluarga. Dengan menggunakan layanan simulasi tersebut, Anda bisa memperoleh anjuran paket asuransi yang tepat dengan memperhitungkan usia, jumlah tanggungan, profesi, dan lain sebagainya.

Asuransi Kesehatan untuk Anak

Memberikan asuransi kesehatan untuk si kecil sangat penting untuk menjamin kesehatan mereka. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memikirkan kapan waktu yang tepat mengurus asuransi untuk anak, di antaranya sebagai berikut:

  1. Anak-Anak Lebih Rentan Terkena Penyakit dan Cedera

Anak-anak merupakan individu yang mudah terserang sakit dan mengalami cedera dibandingkan orang dewasa. Jika tidak segera memperoleh perawatan yang tepat, maka anak dapat mengalami masalah yang lebih serius.

Jangan sepelekan penyakit ringan karena bisa menimbulkan dampak yang fatal jika dibiarkan saja dan menunggu untuk sembuh. Oleh karena itu, setiap orang tua perlu memberikan asuransi kesehatan kepada anak-anak supaya mereka segera memperoleh perawatan yang optimal.

  1. Kesehatan Anak Perlu Dipantau Secara Rutin

Seiring beranjaknya usia anak, kebutuhan kesehatannya bisa saja mengalami perubahan. Apabila Anda enggan memantau kesehatan buah hati secara berkala karena tidak ada asuransi, maka beberapa penyakit bisa saja tidak terdeteksi.

Misalnya, memeriksa kondisi gigi atau fisik secara rutin perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa putra dan putri Anda dapat tumbuh menjadi anak yang sehat.

  1. Asuransi Kesehatan Memberikan Ketenangan

Anak yang sehat tentu menjadi harapan bagi para orang tua. Namun, masalah kesehatan pada buah hati bisa menjadi risiko yang perlu diantisipasi. Selain bermanfaat bagi anak, asuransi kesehatan juga dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi para orang tua.

Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anak, maka Anda dapat memastikan agar anak dapat memperoleh fasilitas kesehatan terbaik. Anda dapat merancangnya dengan memilih paket asuransi kesehatan yang tepat untuk si buah hati.

  1. Asuransi Jiwa Orang Tua, Manfaat untuk Anak

Secara umum, asuransi jiwa dikategorikan menjadi dua opsi, yakni asuransi berjangka dan asuransi seumur hidup. Bagi para orang tua, asuransi yang tidak boleh terlewatkan adalah asuransi jiwa. Hal ini karena asuransi jiwa dapat memberikan pertanggungan bagi istri, anak, atau keluarga Anda.

Dalam hal ini, mereka akan berperan sebagai penerima manfaat setelah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada Anda. Sebelum mencari tahu produk asuransi yang tepat, Anda perlu menentukan berapa kebutuhan yang dibutuhkan untuk melindungi anak Anda.

Lalu, jenis jaminan jenis apa yang Anda perlukan, apakah harus memilih yang permanen atau berjangka? Asuransi jiwa yang berjangka dapat memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya Anda memilih jangka waktu 10 tahun atau 20 tahun, maka pihak asuransi akan memberi pertanggungan kematian kepada penerima manfaat jika Anda wafat selama periode yang telah dipilih tersebut.

Asuransi jiwa seumur hidup menghadirkan fitur seumur hidup maupun layanan akumulasi tunai yang manfaatnya bisa menjadi alternatif bagi Anda atau keluarga di waktu mendatang.

Jika ingin memperoleh proteksi ganda, Anda juga bisa memiliki kombinasi dari kedua jenis asuransi, yakni asuransi seumur hidup dan asuransi berjangka.

Asuransi Pendidikan untuk Anak

Selain asuransi kesehatan, asuransi pendidikan juga sangat penting dimiliki oleh anak. Beberapa alasan mengapa anak perlu memiliki asuransi pendidikan yakni sebagai berikut:

1. Dana Pendidikan Lebih Teralokasi

Dengan memiliki asuransi pendidikan, maka dana pendidikan anak bisa lebih teralokasi. Pada poin ini, mungkin Anda bertanya-tanya tentang perbedaan dari asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan di bank. Mengapa harus memilih produk khusus pendidikan ini?

Hal pertama yang harus diketahui adalah produk asuransi tidak sama dengan menabung di bank. Saat mengikuti program asuransi pendidikan, maka pihak Asuransi akan bertanggung jawab penuh dalam mengatur dana pendidikan anak, terutama jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada Anda.

Hal tersebut tentu berbeda jika Anda hanya menabung dana pendidikan di bank yang dananya tidak akan mengalami perkembangan di masa mendatang. Artinya, dana yang bisa digunakan sesuai dengan jumlah uang yang Anda simpan selama ini.

2. Menghindari "Roller Coaster" Ekonomi

Alasan memberi dana asuransi pendidikan untuk anak yang berikutnya yakni menghindari adanya "roller coaster" ekonomi. Seperti yang diketahui, kondisi ekonomi dapat naik atau turun secara drastis, sehingga hal ini bisa jadi peluang sekaligus ancaman bagi kelangsungan pendidikan anak.

Agar dana untuk pendidikan si buah hati bisa aman, maka Anda perlu memakai jasa asuransi yang profesional dan terpercaya.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat perekonomian yang fluktuatif dari waktu ke waktu. Hal ini mengakibatkan munculnya risiko inflasi atau penurunan nilai mata uang.

3. Tidak Bisa Ditarik Langsung

Salah satu keunggulan dari dana asuransi adalah tidak bisa ditarik secara langsung atau sesuka hati Anda. Ini merupakan salah satu hal yang menjadi pembeda antara produk asuransi dengan tabungan biasa.

Jika memakai tabungan biasa untuk dana pendidikan, maka dana ini bisa Anda tarik sewaktu-waktu, sehingga ada kemungkinan dana ini bisa habis sebelum waktu yang telah ditetapkan.

Jika memakai asuransi, maka terdapat periode penarikan atau withdraw yang tidak dapat dilakukan sebelum tercapainya waktu kontrak yang sudah disepakati.

Dengan prinsip ini, maka Anda seperti mempunyai brankas besi yang lebih aman karena pemiliknya sendiri tidak mempunyai kunci untuk bisa membukanya.

Jadi, masihkah Anda ragu untuk membeli produk asuransi untuk anak? Waktu yang tepat mengurus asuransi untuk anak bisa dimulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk menjamin pendidikan anak ke jenjang yang paling tinggi.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman