Setiap orang yang ada di dunia ini tentunya akan pergi meninggalkan kehidupan dunia.  Setelah ‘hari itu tiba’, bukan hanya beban kesedihan yang tersisa, akan tetapi juga membawa beban lain untuk para keluarga yang ditinggalkan. Salah satu beban tersebut adalah mengurusi berbagai macam hal untuk pemakaman. Termasuk semua hal yang berhubungan dengan biaya pemakaman. 

Apabila seseorang telah meninggal tetapi masih ada urusan lainnya seperti biaya pemakaman. Lantas berapa sih harga pemakaman di Indonesia yang sebenarnya?

Tidak sedikit orang yang menyadari bahwa harga pemakamanan di Indonesia mampu merogoh kocek yang cukup tinggi, bahkan bisa menghabiskan jutaan rupiah. Belum lagi dengan biaya pemakamanan yang disertai dengan menggelar macam upacara pemakaman untuk kedukaan. Hal tersebut tentu menjadi bentuk beban tambahan dalam biaya pemakaman.

Bentuk upacara pemakaman di Indonesia yang cukup panjang seperti bisa ditemukan pada masyarakat Bali, Toraja, Batak, hingga Tionghoa. Oleh sebab itu biasanya biaya pemakaman di Indonesia sebenarnya berbeda-beda dan tergantung dengan masyarakat itu sendiri terlebih lagi apabila masyarakat tersebut masih menjunjung upacara pemakaman sejak zaman dulu.

Berikut ini beberapa faktor yang mendasari mengapa harga pemakaman di Indonesia cenderung mahal.

1. Harga tanah pemakaman mahal

Tidak bisa dipungkiri harga tanah pemakaman terbilang cukup mahal. Terlebih lagi apabila memilih tanah pemakaman yang berada di pusat kota, maka harganya cenderung akan sangat mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta terutama pada daerah pemakaman di Jakarta.

Selain itu beberapa pusat pemakaman juga menyediakan pemakaman family yang biasanya di hargai dengan ratusan juta. Tetapi biasanya harga tanah pemakaman di perkampungan terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan di perkotaan. Tentunya hal tersebut harus sesuai dengan kebutuhan Anda ketika memilih harga tanah pemakaman di Indonesia.

2. Jasa sewa make up untuk pemakaman 

Beberapa kelompok masyarakat di Indonesia ternyata juga tidak hanya dimakamkan dengan kain kafan saja tetapi juga menggunakan gaun ataupun kebaya dengan tata rias layaknya orang yang akan menggelar pesta pernikahan.

Perlu diingat apabila biaya untuk make up jenazah ini tidak murah seperti apa yang ada di bayangan. Hal itu tidak lain karena masih sedikit salon yang menyediakan jasa rias jenazah. Kendati demikian, tidak jarang masyarakat Indonesia lebih memilih proses pemakaman yang lebih simple atau sederhana.

3. Biaya transportasi jenazah

Memang ketika seseorang telah meninggal, pihak keluarga yang akan mengurusi segala macam proses pemakaman dan proses acara lainnya. Apabila rumah Anda atau tempat tinggal Anda berada jauh di pusat pemakaman, maka Anda membutuhkan sewa transportasi untuk mengantar jenazah ke pemakaman.

Biaya transfer jenazah ini juga tidaklah murah tergantung dengan jenis kendaraan yang anda pilih. Mulai dari kendaraan darat hingga kendaraan udara dengan biaya yang berbeda-beda bahkan anda bisa mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah.

4. Rangkaian upacara yang tidak sederhana

Beberapa masyarakat di Indonesia ternyata memiliki kebiasaan unik tersendiri selama proses pemakaman jenazah seperti masyarakat Bali yang menggelar upacara pemakamanan ngaben. Upacara ngaben ini ternyata tidaklah mudah karena seseorang bisa menghabiskan hingga puluhan ratusan juta.

Hal itu tidak lain karena mereka biasanya akan menggunakan peralatan dan perlengkapan dengan biaya yang tidak sedikit. Tidak heran apabila biasanya di Bali diadakan upacara ngaben secara massal untuk menekan biaya.

5. Harga sewa peti pemakaman

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui berapakah harga sewa peti di Indonesia. Saat ini memang sudah tidak sulit lagi untuk menemukan pengurusan pemakanan di perkotaan seperti pengurusan pemakaman di Jakarta yang akan mengurusi berbagai macam rentetan yang akan digunakan untuk memakamkan jenazah

Selain itu biaya sewa peti jenazah juga tidak murah bahkan anda bisa mengeluarkan biaya hingga puluhan juta. Tidak heran apabila harga pemakaman di Indonesia sebenarnya terbilang hampir sama dengan harga sewa kursi pelaminan.

6. Hidangan dalam upacara pemakaman

Tidak bisa dipungkiri apabila beberapa masyarakat di Indonesia, biaya untuk pemakaman sangatlah mahal. Hal itu tidak main karena mereka biasanya akan menghidangkan makanan selama rangkaian proses upacara pemakaman. Misalnya saja pada upacara pemakaman di Toraja. Hal itu tidak lain karena mereka biasanya akan menyembelih hewan seperti kerbau untuk para tamu yang hadir.

Proteksi Pemakaman Paling Terpercaya 

Berapakah Harga Pemakaman di Indonesia

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dana untuk melakukan proses upacara pemakaman adalah dengan menggunakan proteksi pemakaman. Saat ini memang sudah tidak sulit lagi untuk menemukan jasa yang menawarkan proteksi pemakaman di Indonesia. Salah satu pihak yang menawarkan fasilitas proteksi pemakaman pertama di Indonesia adalah Kamboja.co.id

Adapun menggunakan proteksi pemakaman maka Anda bisa menggunakan proteksi tersebut untuk proses pemakaman dan bisa mengurangi beban biaya pemakaman yang mahal. Pada umumnya harga pemakaman di Indonesia memang berbeda-beda seperti misalnya biaya pemakaman di Jakarta yang dimana terbilang merogoh kocek cukup tinggi.

Harga tanah pemakaman di Jakarta sendiri tidak lebih dari Rp100.000 dan tergantung dengan blok yang akan dipilih dan tergantung dengan blok yang akan dipilih bahkan bagi warga DKI yang kurang mampu akan mendapatkan biaya bantuan pemakaman hingga Rp 885.000.

Itulah ulasan mengenai berapa harga pemakaman di Indonesia sebenarnya? Dan dengan menggunakan proteksi pemakaman maka anda bisa menekan biaya pengeluaran. Segera pertimbangkan untuk menggunakan proteksi pemakaman. Daftar sekarang bersama Kamboja.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Meninggal karena Depresi, Ini 9 Langkah untuk Mencegahnya

permalink

SUDEP, Penyakit Epilepsi Menyebabkan Kematian Tak Terduga

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 4.9/5.0