Selain tabungan, dana darurat, dan investasi, aspek penting dalam manajemen keuangan yang sehat lainnya adalah asuransi. Artinya, Anda perlu memiliki asuransi sebagai proteksi atau perlindungan dengan mengesampingkan apa profesi Anda, termasuk jika Anda adalah karyawan swasta. Lalu, apa saja ya rekomendasi asuransi untuk karyawan swasta?

Mengenal Asuransi

Secara garis besar, asuransi adalah perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan pemegang polis yang jadi dasar penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk mengganti atau mengurangi kerugian. Dengan begitu, ketika Anda mengasuransikan sesuatu, Anda menyerahkan atau membagi kerugian dengan perusahaan asuransi.

Lantas, apa yang bisa diasuransikan? Jawaban sebenarnya bisa Anda lihat dengan mudah dan jelas dari jenis produk asuransinya. Misal asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, yang bisa dibilang adalah jenis asuransi paling populer. Artinya, asuransi jiwa berkaitan dengan jiwa, keselamatan, dan nyawa. Sedangkan asuransi kesehatan berkaitan dengan kesehatan dan penyakit.

4 Jenis Asuransi untuk Karyawan Swasta

Bagi Anda yang berprofesi sebagai pegawai atau karyawan swasta, berikut ini adalah daftar jenis asuransi yang penting untuk Anda miliki.

1. Asuransi jiwa

Apabila Anda bekerja, artinya Anda juga merupakan pencari nafkah bagi keluarga Anda. Bahkan meskipun Anda bukanlah tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama, Anda tetap perlu proteksi dari asuransi jiwa. Mengapa?

Asuransi jiwa yang Anda beli sebenarnya tak hanya memberikan proteksi atau perlindungan untuk diri Anda saja, tapi juga anggota keluarga. Karena jika terjadi sesuatu yang tak terduga dan tak diinginkan pada diri Anda, akan ada pertanggungan atau benefit (manfaat) yang akan diterima anggota keluarga Anda.

Umumnya, perusahaan sudah menyediakan asuransi jiwa bagi karyawannya. Akan tetapi jika Anda merasa bahwa fasilitas asuransi dari perusahaan masih kurang maksimal, Anda bisa dapatkan asuransi tambahan dari perusahaan asuransi jiwa lainnya, kok.

Dan pada saat Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi jiwa, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dengan cermat, seperti:

  • Siapa ahli waris Anda? Pastikan bahwa Anda menuliskan nama ahli waris dengan jelas, baik itu istri atau suami, orang tua, anak, dan lainnya.
  • Apa jenis asuransi jiwa yang tepat untuk Anda – endowment, term (berjangka), atau whole life.
  • Berapa jumlah premi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
  • Berapa besar nilai pertanggungan yang ditawarkan dan akan diterima penerima manfaat.
  • Berapa lama pembayaran premi harus dilakukan.

2. Asuransi kesehatan

Seperti yang sudah Anda ketahui, kesehatan adalah aset yang luar biasa penting dalam hidup. Oleh karena itu, tentu wajar jika Anda harus menjaganya baik-baik, kan? Dan cara untuk menjaga aset Anda yang satu ini adalah dengan memberikan proteksi yang tepat melalui asuransi kesehatan.

Lewat bentuk perlindungan yang satu ini, Anda pun akan bisa mengantisipasi beragam jenis risiko kesehatan yang dapat terjadi di kemudian hari. Terlebih lagi, perlu Anda akui bahwa biaya berobat tidak bisa dianggap murah, terutama jika yang menyerang Anda kelak adalah penyakit yang terbilang kronis.

Sebagai salah satu asuransi penting, perusahaan biasanya juga sudah menyediakan fasilitas asuransi kesehatan, minimal lewat BPJS Kesehatan. Apalagi BPJS Kesehatan wajib diikuti oleh seluruh masyarakat di Tanah Air.

Akan tetapi, sama halnya dengan asuransi jiwa, Anda juga tetap bisa menambah serta meningkatkan proteksi Anda dengan memilih asuransi kesehatan dari perusahaan swasta. Terlebih lagi, banyak pilihan produk asuransi kesehatan milik swasta yang menyediakan proteksi yang lebih lengkap dan bahkan memiliki fitur double claim serta coordination of benefit.

3. Asuransi pensiun

Beda dengan pegawai negeri alias PNS yang kelak akan mendapatkan dana pensiun setiap bulan, Anda tidak akan mendapatkan benefit yang sama begitu Anda masuk usia pensiun nantinya. Oleh karena itu, mempersiapkan dana pensiun wajib jadi salah satu prioritas Anda dalam penerapan manajemen keuangan.

Bahkan, Anda perlu melakukannya sedini mungkin – makin segera Anda menyiapkan dana pensiun, pada dasarnya makin banyak pula besar dana pensiun yang akan Anda miliki nantinya.

Jadi, tak heran kalau asuransi pensiun jadi salah satu rekomendasi asuransi untuk karyawan swasta, kan? Karena dengan begitu, masa tua Anda nantinya tidak akan diganggu oleh kebingungan dan ketakutan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah tak lagi bekerja.

Lantas, bagaimana cara kerja asuransi pensiun atau yang juga dikenal sebagai asuransi dana pensiun? Secara garis besar, cara kerjanya mirip seperti asuransi pada umumnya, di mana Anda membayar premi secara rutin.

Kemudian, Anda bisa mengajukan klaim begitu Anda sudah memasuki usia pensiun, baik itu pensiun normal (karena sudah masuk usia pensiun) maupun pensiun dipercepat. Klaim juga bisa diajukan jika Anda mengalami cacat total dan tetap, atau jika Anda meninggal dunia.

4. Asuransi perlindungan aset

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, jenis asuransi yang satu ini punya manfaat perlindungan terhadap aset. Contohnya kendaraan dan properti. Misalnya, jika Anda punya asuransi rumah, asuransi akan mengganti segala kerusakan atau kerugian bangunan hingga harta benda di dalamnya yang disebabkan bencana alam, kerusuhan maupun huru-hara, ledakan, sabotase, atau pencurian.

Lalu, mengapa jenis asuransi yang satu ini masuk dalam daftar rekomendasi asuransi untuk karyawan swasta, ya? Alasannya jelas, yaitu untuk memberikan proteksi bagi aset Anda, terutama jika Anda tinggal di kawasan di mana berbagai risiko kerusakan atau kerugian terhadap aset sangat memungkinkan terjadi.

Sebagai contoh, Anda tinggal di daerah yang rawan bencana sehingga bisa dipastikan bahwa bencana tertentu terjadi secara rutin. Mengingat bahwa kerusakan yang disebabkan bencana terhadap aset Anda bisa mengakibatkan biaya perbaikan hingga penggantian yang mahal, asuransi perlindungan aset bisa menanggungnya sehingga Anda bisa terus mengelola keuangan dengan tenang.

Sayangnya, asuransi perlindungan aset tidak disediakan oleh perusahaan. Bahkan, bisa dibilang tidak ada perusahaan yang menawarkan fasilitas asuransi yang satu ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang butuh perlindungan ekstra terhadap aset yang Anda miliki, tentu saja asuransi perlindungan aset adalah pilihan yang sangat tepat untuk dipertimbangkan.

Tentunya masih ada banyak lagi jenis-jenis asuransi untuk karyawan swasta di luar sana yang bisa Anda temukan dan pertimbangkan untuk miliki. Akan tetapi, keempat jenis asuransi di atas secara garis besar sudah mampu memberikan proteksi yang terbilang memadai bagi Anda. Dengan begitu, manajemen keuangan Anda tidak akan menghadapi ganjalan yang berarti berkat adanya proteksi yang disediakan oleh asuransi.

Tentu saja, pilihlah produk asuransi dari perusahaan yang sudah terbukti dan terjamin legal, profesional, dan terpercaya. Dengan begitu, Anda pun bisa benar-benar merasakan manfaat dari asuransi sebagai payung atau pelindung Anda serta keluarga. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam memilih produk asuransi untuk melengkapi kebutuhan Anda dan keluarga, ya!

Artikel Lainnya

Kuburan Mewah San Diego Hills: Cara Pesan, Biaya, dan Kelebihannya

permalink

Panduan Memilih Pemakaman San Diego Hills untuk Islam

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman