Ada beberapa perusahaan dan juga instansi Negara Indonesia yang menerapkan sistem pensiun dengan ketentuannya masing-masing. Dana pensiun memang akan didapatkan oleh para pegawai negeri maupun mereka yang sudah bekerja lama dalam perusahaan swasta.

Namun perlu diketahui jika tak semua perusahaan swasta menyiapkan dana pensiun untuk pekerja kontraknya. Maka dari itu bagi Anda yang akan mendapatkan jaminan pensiun sebaiknya juga mempersiapkan hal-hal penting agar dana tersebut tidak langsung habis dalam satu waktu.

Apa itu dana pensiun

Khusus untuk pegawai negeri sipil atau ASN memang akan mendapatkan masa pensiun dengan besaran dana yang berbeda-beda. Namun ada juga perusahaan swasta yang menerapkan masa pensiun dengan dana tunjangan tertentu.

Akan tetapi seperti yang dijelaskan sebelumnya jika tak semua perusahaan swasta memberikan fasilitas pensiun kepada para pegawainya. Lalu sebenarnya apa itu dana tunjangan pensiun?

Dana tunjangan pensiun adalah dana yang dikumpulkan oleh suatu perusahaan sebagai hak milik seorang pensiunan dari perusahaan tersebut. Pencairan dana tunjangan pensiun bisa dilakukan secara dua sistem.

Sistem satu dengan pencairan dana tunjangan pensiun per bulan, atau untuk sistem yang kedua yaitu dana tunjangan pensiun dibagikan secara langsung dalam satu waktu. Meski begitu tetap saja kebijakan tergantung dari perusahaan yang memberikan dana tunjangan pensiun tersebut.

Lima Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Menyiapkan Dana Pensiun

Seperti yang dijelaskan jika tak semua tempat kerja menerapkan sistem pensiun dengan adanya dana tunjangan. Namun sebenarnya Anda juga bisa lho menyiapkan secara pribadi dana tunjangan pensiun untuk hari tua.

Ada beberapa tips penting dalam menyiapkan dana tunjangan pensiun pribadi. Meski begitu tak semua orang tahu apa saja tips yang bisa dilakukan dalam menyiapkan dana tunjangan pensiun. Nah agar Anda juga semakin mudah dalam menyiapkan dana tunjangan pensiun pribadi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tentukan target masa pensiun

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan target masa pensiun. Semakin cepat tahu umur pensiun masa kerja Anda. Maka Anda juga akan semakin ringan dalam mengumpulkan dana pensiun.

Hal ini dikarenakan Anda sudah sadar sejak dini bagaimana pentingnya dana tunjangan pensiun. Sekaligus tahu bagaimana tahapan awal yang perlu dilakukan.

Bagi para pegawai negeri sipil mungkin sudah ditentukan oleh kebijakan pemerintah. Dan bagi perusahaan tertentu yang menerapkan sistem pensiun dengan adanya dana tunjangan pensiun juga bisa menentukan umur pensiun sesuai dengan aturan.

Namun pada tahap satu ini bisa banget digunakan bagi mereka yang tidak memiliki dana tunjangan pensiun. Ketika Anda sudah tahu kapan akan pensiun. Maka Anda sudah bisa memulai mengumpulkan dana masa tua secara pribadi sejak dini. Dengan begitu lambat laun ketika masa pensiun tiba. Anda sudah tidak perlu bingung darimana uang untuk hidup sehari-hari didapatkan.

2. Cari tahu dan hitung kebutuhan masa pensiun

Selanjutnya adalah mencari tahu dan menghitung kebutuhan pensiun. Layaknya kebutuhan harian hingga bulanan. Kebutuhan pensiun juga bisa direncanakan sejak dini. Meski sebenarnya ada beberapa kebutuhan tak terduga. Namun hal tersebut bisa diminimalisir jika Anda sudah memiliki rencana biaya pengeluaran.

Selain itu ada beberapa rutinitas wajib yang harus tetap Anda lakukan meski sudah pensiun. Mulai dari rutinitas menabung hingga kebutuhan keseharian harus tetap dilakukan. Namun ada beberapa pengeluaran yang bisa Anda hilangkan.

Contohnya adalah dari sisi biaya transportasi ke kantor yang sudah tidak perlu lagi untuk digunakan. Lalu biaya untuk makan di kantor bisa sedikit tergantikan dengan makan di rumah pribadi dengan anggaran yang cukup minim.

3. Prioritaskan kebutuhan

Berikutnya adalah mulai memperhatikan kebutuhan yang ada. Anda harus bisa membedakan prioritas kebutuhan. Artinya Anda bisa mencoba untuk membedakan mana kebutuhan penting dan mana keinginan.

Cobalah untuk berlatih sejak saat ini agar diri sendiri juga lebih disiplin terhadap pengeluaran yang ada. Kebutuhan penting adalah kebutuhan yang memang sangat diperlukan sehari-hari seperti makan.

Namun keinginan adalah sebuah tindakan untuk menggunakan suatu tindakan yang sekiranya bisa menyenangkan diri sendiri. Namun keinginan disini memiliki sifat yang tidak begitu penting.

4. Berlatih berhemat

Setelah Anda tahu bagaimana kebutuhan penting dan kebutuhan yang hanya sekedar keinginan. Maka Anda bisa mencoba untuk menghemat pengeluaran sejak dini. Mungkin berat yang namanya mengubah kebiasaan. Namun jika untuk keberlangsungan kehidupan pada masa tua yang lebih baik. Anda bisa mencobanya sejak saat ini agar bisa lebih mudah membuat diri lebih disiplin terhadap pengeluaran.

Contoh paling mudah yang bisa Anda lakukan dalam menghemat pengeluaran adalah seperti pada saat Anda berbelanja di supermarket atau tempat lainnya. Anda bisa mencoba untuk menuliskan daftar belanja yang memang benar-benar dibutuhkan.

Nantinya Anda hanya akan berbelanja sesuai dengan daftar tersebut. Nah hal ini juga bisa menjadi tahap awal Anda untuk mendisiplinkan pengeluaran yang ada dan tentunya kebiasaan ini juga dapat membuat Anda lebih hemat.

5. Sisihkan pendapatan untuk asuransi aset

Asuransi tak hanya bisa diberlakukan untuk kesehatan saja. Namun untuk beberapa aset penting seperti mobil juga bisa Anda berikan asuransi. Anda sudah bisa mencoba untuk menyisihkan pendapatan untuk memberikan asuransi terhadap aset pribadi yang dianggap penting.

Sebab kita tak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Maka dari itu agar Anda juga bisa lebih tenang di masa tua mendatang. Sebaiknya persiapkan sejak dini asuransi untuk aset berharga milik pribadi.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan untuk mempersiapkan dana tunjangan pensiun pribadi sejak dini.

Keuntungan memiliki dana pensiun

Mungkin Anda belum tahu pentingnya dana tunjangan pensiun karena belum merasakan yang namanya hari tua. Namun seiring berjalannya waktu, tenaga dan kesehatan tubuh kita juga akan semakin berkurang.

Rasanya untuk bekerja saja di masa tua sudah tidak memungkinkan. Tentunya memiliki kehidupan yang layak di masa tua adalah keinginan banyak orang. Namun tak semua orang bisa mendapatkan hidup yang berkualitas ketika memasuki hari tua.

Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah adanya pemasukan yang menurun karena sudah tidak bekerja layaknya saat muda.

Disinilah pentingnya adanya dana tunjangan pensiun. Ada beberapa keuntungan ketika seseorang memiliki dana tunjangan pensiun di masa tuanya. Apa saja keuntungan tersebut, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Kepastian pendapatan masa tua

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika semakin tua diri kita. Maka kondisi tubuh terkait dengan tenaga dan kesehatan juga akan semakin menurun. Salah satu hal yang paling berpengaruh adalah pendapatan yang juga ikut menurun.

Dari sinilah pentingnya adanya dana tunjangan pensiun. Ketika seorang individu memiliki dana tunjangan pensiun. Maka ia sudah memiliki kepastian pendapatan pada masa tua. Mereka tak perlu khawatir untuk kehidupan sehari-hari karena sudah ada dana tunjangan pensiun.

Tinggal bagaimana cara mereka untuk bisa mengatur pengeluaran yang ada di masa tua.

2. Lebih aman dan meningkatkan motivasi kerja

Selanjutnya mereka yang memiliki jaminan dana tunjangan pensiun juga akan merasa lebih aman. Rasa aman akan pendapatan di masa tua sudah jelas akan didapatkan. Di sisi lain adanya tunjangan dana tunjangan pensiun di masa tua juga akan membuat para pekerja lebih termotivasi.

Nah itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang dana pensiun.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman