Jakarta, 23 Juni 2021 – Selama masa pandemi Covid-19 keadaan ekonomi sebagian besar orang banyak mengalami perubahan. Hal ini berdampak pada finansial keluarga yang tidak menentu, sehingga perlu usaha lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya. Berbagai cara pasti akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan ini, diantaranya dengan membuka peluang usaha, membuat bisnis kecil, dan tak jarang dengan meminjam uang atau berhutang.

Pilihan meminjam uang sebagai jalan pintas memang terlihat melegakan, namun pilihan ini bisa menjadi masalah jika pengelolaan finansial sebelumnya sudah terbilang boros. Pilihan yang tadinya dijadikan sebagai solusi justru akan menjadi masalah, terlebih jika cara membayar pinjaman uang dilunasi dengan cara meminjam ke tempat lain lagi. Cara ini malah berimbas menjadi boomerang karena hutang akan terus menumpuk.

Menjadi tulang punggung keluarga di tengah situasi yang tidak menentu membutuhkan strategi khusus agar finansial keluarga tetap stabil dan terbebas dari hutang. Sebagai tulang punggung keluarga, hal ini perlu perhatian sebab masa depan tidak bisa diprediksi.

Baca juga : Ini 4 Tips Memilih Hadiah Terbaik Untuk Orang Terkasih

Beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan agar keluarga terbebas dari hutang.

  1. Membuat perencanaan keuangan agar pengeluaran lebih terkontrol.

Membuat rencana keuangan adalah hal yang paling mudah dilakukan agar terbebas dari hutang, cara ini bertujuan agar pengeluaran lebih tepat sasaran dan bisa lebih mudah dikontrol. Daya konsumsi yang besar juga bisa menyebabkan keuangan menjadi berantakan, inilah perlunya melakukan perencanaan keuangan. Dengan mencatat setiap pengeluaran penting dan pendapatan yang diterima, kita akan mengetahui pengeluaran mana yang tidak begitu diperlukan sehingga nantinya tidak lagi merasakan kekhawatiran akan kehabisan uang sebelum waktu gajian tiba.

  1. Menyisihkan pemasukan sebagai dana darurat.

Membuat dana darurat bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak terduga seperti PHK, sakit kronis, atau kecelakaan kerja lainnya yang merugikan. Biasanya dana darurat diambil dari penghasilan bersih yang ditabung dan dialokasikan sebagai gaji bulanan. Misalnya, jika memiliki penghasilan bulanan sebanyak Rp 5 juta dan dalam satu bulan mampu menyisihkan uang sebanyak Rp 1 juta. Kemudian uang tersebut ditabung selama 5 bulan, itu berarti pada bulan ke 6 dana darurat sudah terkumpul untuk satu bulan. Dengan adanya dana darurat ini tidak perlu lagi memotong pengeluaran lain, terlebih tidak perlu sampai berhutang.

  1. Mencari pekerjaan sampingan untuk dijadikan pemasukan tambahan.

Sudah membuat rencana keuangan namun hasilnya masih saja kurang untuk keperluan sehari-hari? Solusi lainnya bisa dilakukan dengan cara mencari kerja sampingan sebagai pemasukan tambahan. Penghasilan ini nantinya bisa dijadikan sebagai tabungan dana darurat, memenuhi gaya hidup, atau kebutuhan sehari-hari. Carilah pekerjaan yang tidak begitu menyita banyak waktu dan bisa dikerjakan dari mana saja sehingga tidak mengganggu jam kerja tetap. Salah satunya, menjadi agen layanan proteksi pemakaman Kamboja yang bisa dikerjakan dimana saja dengan waktu fleksibel dan keuntungan yang menjanjikan.

  1. Menerapkan kebiasaan menabung untuk rencana masa depan.

Memiliki penghasilan pas-pasan tidak bisa dijadikan alasan supaya bisa dihabiskan begitu saja tanpa menyisihkan sebagian untuk tabungan. Menabung bertujuan agar di masa depan keluarga tidak perlu terlilit hutang. Cara yang sering dilakukan biasanya dengan investasi emas atau saham, namun ada cara lain yang tidak kalah penting yaitu dengan menggunakan produk asuransi sebagai perencanaan jangka panjang.

Layanan proteksi pemakaman Kamboja bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan alokasi dana. Meski terkesan tidak biasa, perencanaan ini sebenarnya sangat penting karena kabar duka bisa datang kapan saja. Sesuai dengan slogan yang Kamboja miliki yaitu #UntukMereka, Kamboja memberikan kemudahan sepenuhnya bagi keluarga yang  ditinggalkan. Kamboja memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan paket yang disediakan. Pelayanan ini akan sesuai dengan kebutuhan klien maupun keluarga seperti administrasi pemakaman, proses pemakaman, pendanaan pihak ketiga seperti konsumsi, hingga santunan bagi keluarga. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 35.000/bulan sudah bisa mendapatkan proteksi pemakaman. Kehilangan orang terkasih adalah momen paling berat bagi siapa saja. Jangan sampai saat hari duka itu tiba malah menambah kesedihan lagi bagi mereka.

Sudah saatnya untuk menyadari ketika saat itu Anda harus melindungi mereka dari beban finansial yang harus mereka tanggung. Daftar dengan kamboja sekarang.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman