Pengiriman jenazah melalui pesawat atau dikenal dengan cargo jenazah pesawat adalah layanan yang tidak banyak orang ketahui, tetapi sangat penting dalam kondisi tertentu.

Proses ini memungkinkan jenazah seseorang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan aman. Meski begitu, layanan ini tidak murah. Artikel ini akan membahas apa itu cargo jenazah pesawat, kisaran biayanya, dan alasan mengapa biayanya mahal.

Apa Itu Cargo Jenazah Pesawat?

Cargo jenazah pesawat adalah layanan pengiriman jenazah menggunakan pesawat terbang. Layanan ini biasanya digunakan untuk memulangkan jenazah dari luar negeri ke negara asalnya atau untuk mengirimkan jenazah antar kota atau antar provinsi dalam satu negara.

Proses ini membutuhkan koordinasi yang sangat detail dan melibatkan berbagai pihak, termasuk maskapai penerbangan, rumah sakit, rumah duka, serta pihak imigrasi dan bea cukai jika pengiriman dilakukan antar negara.

Proses Cargo Jenazah Pesawat

Proses cargo jenazah pesawat adalah prosedur yang rumit dan melibatkan banyak langkah untuk memastikan jenazah dapat dikirim dengan aman dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Berikut adalah penjelasan rinci tentang proses cargo jenazah pesawat:

1. Penanganan Jenazah

Proses pertama adalah penanganan jenazah di rumah sakit atau rumah duka. Jenazah harus dibersihkan, diawetkan, dan dikemas sesuai dengan standar internasional untuk pengiriman. Biasanya jenazah akan ditempatkan dalam peti mati yang kedap udara dan anti bocor.

2. Dokumentasi

Proses ini melibatkan banyak dokumen, seperti sertifikat kematian, surat keterangan dari rumah sakit, izin pengiriman jenazah dari pihak berwenang, dan jika pengiriman internasional, dokumen imigrasi dan bea cukai juga diperlukan.

3. Koordinasi dengan Maskapai

Jenazah harus dijadwalkan untuk penerbangan tertentu. Tidak semua maskapai menyediakan layanan ini, dan mereka yang menyediakan biasanya memiliki aturan ketat mengenai penanganan dan pengiriman jenazah.

4. Pengiriman dan Penjemputan

Setelah semua dokumen lengkap dan jadwal penerbangan telah ditentukan, jenazah akan dikirim ke bandara dan dimasukkan ke dalam kargo pesawat. Setelah tiba di tujuan, jenazah akan diambil oleh pihak yang berwenang dan dikirim ke rumah duka atau lokasi yang ditentukan oleh keluarga.

Kisaran Biaya Cargo Jenazah Pesawat

Biaya cargo jenazah pesawat bisa sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk jarak pengiriman, maskapai yang digunakan, dan layanan tambahan yang mungkin dibutuhkan. Berikut adalah gambaran kisaran biaya jasa cargo jenazah oleh Kamboja:

A. Cargo Jenazah Area Barat

Pelayanan pengiriman cargo jenazah economy dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Sumatera, Jawa, dan Kalimantan mencakup beberapa layanan utama dengan berat maksimal 170 kg.

Layanan ini meliputi pengurusan, pemandian, dan pengawetan jenazah selama tujuh hari, penyediaan peti jenazah dan pengemasan, transportasi jenazah standar dari rumah duka atau rumah sakit ke bandara, serta pengurusan administratif keberangkatan cargo jenazah dan cukai bandara. Harga untuk layanan ini adalah Rp 31.500.000.

B. Cargo Jenazah Area Tengah

Pelayanan pengiriman cargo jenazah economy dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Berau, dan Ambon mencakup berbagai layanan dengan berat maksimal 170 kg.

Layanan ini meliputi pengurusan, pemandian, dan pengawetan jenazah selama tujuh hari, penyediaan peti jenazah dan pengemasan, transportasi jenazah standar dari rumah duka atau rumah sakit ke bandara, serta pengurusan administratif keberangkatan cargo jenazah dan cukai bandara. Harga untuk layanan ini adalah Rp 41.500.000.

C. Cargo Jenazah Area Timur

Pelayanan pengiriman cargo jenazah economy dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Papua mencakup berbagai layanan dengan berat maksimal 170 kg.

Layanan ini meliputi pengurusan, pemandian, dan pengawetan jenazah selama tujuh hari, penyediaan peti jenazah dan pengemasan, transportasi jenazah standar dari rumah duka atau rumah sakit ke bandara, serta pengurusan administratif keberangkatan cargo jenazah dan cukai bandara. Harga untuk layanan ini adalah Rp 57.500.000.

Mengapa Biaya Cargo Jenazah Pesawat Mahal?

Ada beberapa alasan mengapa biaya cargo jenazah pesawat mahal, di antaranya:

1. Penanganan Khusus dan Standar Keamanan

Penanganan jenazah memerlukan prosedur khusus yang sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan internasional. Jenazah harus diawetkan dan dikemas dalam peti mati yang kedap udara untuk mencegah kebocoran atau penyebaran penyakit.

2. Dokumentasi dan Izin

Proses pengurusan dokumentasi untuk pengiriman jenazah sangat rumit dan memerlukan banyak izin dari berbagai pihak, termasuk rumah sakit, pemerintah setempat, dan jika pengiriman internasional, juga memerlukan dokumen imigrasi dan bea cukai.

3. Layanan Maskapai

Tidak semua maskapai menyediakan layanan pengiriman jenazah. Maskapai yang menyediakan layanan ini biasanya mengenakan biaya tambahan untuk penanganan khusus dan penyimpanan jenazah di dalam pesawat.

Selain itu, ruang kargo yang digunakan untuk mengirimkan jenazah biasanya tidak bisa digunakan untuk pengiriman barang lain, sehingga menambah biaya operasional maskapai.

4. Koordinasi dan Logistik

Mengirimkan jenazah melalui pesawat memerlukan koordinasi yang kompleks antara berbagai pihak, termasuk rumah sakit, rumah duka, maskapai, dan pihak berwenang di bandara asal dan tujuan. Proses logistik ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, yang berkontribusi pada tingginya biaya.

5. Faktor Emosional

Keluarga yang berduka biasanya ingin proses pemulangan jenazah dilakukan secepat mungkin dan tanpa hambatan. Penyedia layanan cargo jenazah pesawat seringkali memberikan layanan tambahan seperti percepatan proses dan penanganan khusus yang juga menambah biaya.

Kesimpulan

Cargo jenazah pesawat adalah layanan penting yang memastikan jenazah seseorang dapat dipulangkan atau dikirimkan dengan aman dan cepat. Meskipun biaya layanan ini mahal, namun layanan ini memiliki banyak keuntungan.

Dengan memahami proses dan biaya yang terlibat, kita dapat lebih menghargai pentingnya layanan ini dan mengapa harganya cukup tinggi. Jika Anda membutuhkan layanan cargo jenazah, Anda bisa mempercayakannya pada Kamboja.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Apa Saja Yang Ada di Paket Perlengkapan Perawatan Jenazah

permalink

Berapakah Pengiriman Jenazah Dari Tangerang ke Yogyakarta

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0