Saat orang terdekat meninggal, Anda pastinya berada dalam suasana duka, karena ditinggal oleh orang yang Anda cintai. Jika jenazah meninggal saat berada di rumah sakit, Anda tentu membutuhkan jasa pengiriman jenazah. Ada berbagai layanan transportasi untuk mengirim jenazah. Jika ingin tahu detailnya, simak baik-baik!

3 Jenis Transportasi yang Digunakan Dalam Jasa Pengiriman Jenazah

Kita mengenal mobil jenazah sebagai salah satu transportasi yang sering masyarakat gunakan dalam proses pemulangan jenazah ke rumah duka. Namun, selain mobil jenazah, sebenarnya ada juga transportasi lainnya, yaitu:

1. Mobil Jenazah

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa mobil jenazah ini menjadi salah satu transportasi yang paling sering masyarakat gunakan untuk memulangkan jenazah dari rumah sakit ke rumah duka. Baik di dalam kota maupun luar kota.

Syarat saat Anda memilih moda transportasi ini, Anda hanya perlu mengurus surat dari instansi terkait, seperti dari rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Surat ini memiliki fungsi sebagai kelengkapan saat mobil jenazah berada di jalan.

Untuk jenazah yang beragama Islam, biasanya dari pihak jasa pengiriman jenazah dengan mobil, sudah melengkapinya dengan kain kafan serta keranda hijau atau juga peti untuk jarak jauh atau luar kota.

Sedangkan untuk umat Kristiani, biasanya sudah tersedia embalming atau pengawetan jenazah, tanda salib, jas, rias, kaos kaki, dan perlengkapan yang lain sesuai kebutuhan umat Kristiani.

2. Kereta Api Indonesia (KAI)

Selain dengan moda transportasi mobil, saat ini PT KAI selaku pengelola kereta api di Indonesia nyatanya juga membuka jasa pengiriman jenazah, namun pastinya dengan prosedur tertentu. Hal ini untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan kecepatan waktu saat memulangkan jenazah.

Tata cara pemulangan jenazah melalui Kereta Api diatur dalam Pasal 18 Ayat 2 Peraturan Menteri Perhubungan serta Undang-undang Nomor 48 Tahun 2014 tentang Tata Pemuatan, Pengangkutan, Pencatatan serta Pembongkaran Barang dengan moda transportasi Kereta Api.

Pengiriman jenazah dengan kereta api juga menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengirimkan jenazah kepada keluarga dan kerabatnya, namun memiliki jarak yang sangat jauh. Agar sampai dalam waktu singkat dan dengan biaya murah.

Pengangkutan jenazah akan menggunakan gerbong khusus dan terhubung langsung ke kereta api. Gerbong khusus jenazah ini tidak bersatu dengan gerbong untuk penumpang komersial lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal kenyamanan. Berikut syarat menggunakan jasa pengiriman jenazah dengan kereta api:

  • Kelengkapan surat dan dokumen yang pejabat berwenang keluarkan, berupa surat keterangan kematian, surat keterangan tidak berpenyakit menular, dan dokumen lainnya.
  • Almarhum tidak memiliki riwayat penyakit infeksi serius yang menular.
  • Saat di kereta, pengantaran almarhum harus beserta dengan perwakilan keluarga yang mendampingi almarhum.
  • Kondisi jenazah harus siap, sehingga pengiriman menggunakan peti jenazah yang tertutup rapat menjadi lebih cepat.

Pengiriman jenazah dengan kereta api sangat efisien. Pasalnya, dengan mobil jenazah, jarak yang harus masyarakat tempuh sangat jauh serta kondisi jalan yang padat mengakibatkan perjalanan yang macet. Oleh karena itu, lebih hemat menggunakan jasa pengiriman jenazah dengan kereta api untuk jarak jauh.

3. Pesawat

Seiring dengan perkembangan zaman, transportasi jenazah saat ini tidak hanya bisa dengan jalur darat, namun juga bisa dengan jalur udara, yakni dengan pesawat. Terlebih jika pemulangan jenazah dari luar pulau atau luar negeri. Dalam hal ini anda perlu menggunakan Jasa Cargo Jenazah.

Dalam hal ini, keluarga harus mengetahui syarat serta tata cara pemulangan jenazah dengan pesawat, seperti berikut:

  • Surat kematian dari rumah sakit dan polisi.
  • Fotokopi KTP milik jenazah dan pendamping atau escoter (apabila yang bersangkutan tidak didampingi, maka harus dicantumkan nomor telepon penerima jenazah).
  • Surat formalin jenazah dari rumah sakit.
  • Penggunaan peti mati di rumah sakit. Harap pastikan bahwa peti sudah sesuai dan muat melalui pintu bagasi pesawat.
  • Penerima harus memberikan nomor air waybill atau nomor pelacakan AWB. Nomor ini nantinya akan pihak bandara gunakan untuk proses penjemputan jenazah oleh keluarga si Mayit di bandar udara pengiriman kota tujuan.
  • Jenazah yang akan Anda pulangkan, harus memiliki surat keterangan bebas dari penyakit menular.
  • Dokumen penyebab kematian dari rumah sakit.
  • Surat jaminan saat penjemputan jenazah.
  • Dokumen berupa kuasa dari RT/RW setempat.
  • Izin untuk membawa jenazah.
  • Jika jenazah adalah warga asing, maka memerlukan surat izin dari kedutaan besar negara terkait.

Di sisi lain, mohon diperhatikan prosedur berikut ini sebagai tata cara membawa jenazah ke dalam pesawat terbang:

  • Silakan hubungi Call Center maskapai penerbangan atau kunjungi langsung Human Remain Service Department untuk melakukan reservasi.
  • Jenazah harus dibawa ke Airport Cargo Service Center paling lambat 90 menit sebelum jadwal keberangkatan.
  • Harap bawa semua dokumen yang telah Anda siapkan.
  • Setelah selesai, Pusat Layanan Kargo akan menyiapkan jenazah untuk berangkat.
  • Jenazah akan diantarkan ke kota atau pusat jasa pengiriman kota atau negara tujuan.

Setelah mengetahui apa saja syarat dokumen serta tata cara pada jasa pengiriman jenazah dengan pesawat, saatnya kini Anda perlu mengetahui jenis-jenis cargo jenazah dengan moda transportasi ini.

Yang pertama yakni uncremated coffin atau jenazah yang belum melalui proses kremasi adalah jenis pengiriman jenazah. Dimana jenazah tetap sebagai jenazah utuh dan proses pengangkutannya dengan menggunakan peti yang berlapis galvanis untuk mencegah bau dan kebocoran.

Yang kedua, yakni cremated coffin atau jenazah yang sudah melalui proses kremasi. Cara menggunakan angkutan udara jenis ini, yakni jenazah sudah dalam bentuk abu atau sisa kremasi, dan biasanya di dalam peti kayu atau guci.

Apa Jasa Pengiriman Jenazah Terbaik?

Salah satu jasa pemakaman terbaik yang dapat membantu Anda untuk pemulangan jenazah, yakni Kamboja. Kami menyediakan layanan pemakaman yang lengkap dan andal untuk semua orang yang sedang berduka.

Kamboja juga berpartisipasi sebagai proteksi pemakaman pertama di Indonesia dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi seperti Allianz, LippoLife, serta Astra Life.

Mengenai pengangkutan jenazah, Kamboja hanya melayani pengangkutan jenazah dari wilayah Jabodetabek ke wilayah lain dan untuk pengangkutan jenazah dari luar negeri dapat dikirim ke seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ini, hubungi perwakilan jasa on demand service Kamboja terlebih dahulu.

Sudah Tahu Apa Saja Transportasi Untuk Pengiriman Jenazah?

Demikian penjelasan lengkap tentang apa saja transportasi untuk memulangkan jenazah. Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang jasa pengiriman jenazah dengan transportasi, penting untuk mengetahui syarat dan tata cara dari setiap layanan di atas, untuk memastikan kelancaran saat pemulangan jenazah.

Artikel Lainnya

Kenali Lebih Jauh tentang Pemakaian Formalin Mayat, Apakah Boleh

permalink

Mengenal Proses Pembalseman Mayat, Begini 5 Caranya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 4.9/5.0