Peristiwa meninggal dunia dapat terjadi kapanpun. Ini terbukti dari banyaknya kasus meninggal secara tiba-tiba. Apalagi jika tempat tinggal keluarga di tempat terpencil atau jauh dari lokasi peristirahatan terakhir, proses pemakaman tentu akan jauh lebih sulit. Oleh sebab itu, cargo jenazah menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Apa Itu Cargo Jenazah?

Cargo adalah alat untuk mengirimkan barang-barang dengan kapasitas besar dalam jangkauan wilayah yang lebih luas. Baik itu antar-kota, pulau, maupun luar negeri sekalipun.

Pengiriman kargo dapat ditempuh dengan menggunakan jalur udara, yakni transportasi pesawat. Jalur ini terbilang efektif lebih cepat dari jalur darat maupun laut.

Lantas, apa itu cargo jenazah? Ini adalah layanan khusus dari cargo yang bergerak dalam bagian event organizer pemakaman dan berfungsi untuk mengangkut jenazah manusia. Karena bersifat spesial, maka penangannya pun akan membutuhkan perhatian khusus. Serta memiliki beberapa syarat dan regulasi yang harus dipatuhi.

Syarat dan Prosedur Cargo Jenazah

Ketika menggunakan jasa cargo jenazah, Anda harus memperhatikan syarat dan prosedur yang berlaku. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda siapkan sebelum melakukan prosedur layanan:

  • Surat Kematian Resmi yang berasal dari rumah sakit dan kepolisian terkait.
  • Sertifikas kremasi secara resmi untuk jenazah yang sudah mengalami prosedur kremasi.
  • Surat keterangan resmi tentang penyebab meinggal dunia dan surat harus berasal dari rumah sakit.
  • Khusus untuk jenazah yang tidak dikremasi, maka harus memiliki sertifikat pembalseman dan pengepakan jenazah.
  • Surat keterangan resmi yang menjelaskan bahwa jenazah bebas dari penyakit menular. Surat harus berasal dari rumah sakit yang menanganinya.
  • Jika jenazah datang dari luar negeri, maka harus membuat izin pengiriman dari kedutaan negara tujuan terlebih dahulu. Jika jenazah adalah warga negara asing, maka harus dikembalikan kepada negara asal.
  • Kartu Tanda Penduduk milik jenazah dan pendampingnya.
  • Surat jaminan tentang adanya penjemputan saat jenazah tiba ke tempat tujuan.

Berapa Banyak Biaya Layanan Cargo untuk Jenazah?

Sebagai layanan cargo spesial, tentu saja biaya untuk menyewanya tidak murah. Pengeluaran biayanya bahkan sampai mencapai jutaan rupiah. Itu tergantung jenis cargo dan jarak pengirimannya.

Alasan utama biaya cargo ini mahal adalah karena persiapan dan penangannya dilakukan secara khusus. Terutama pada jenazah yang tidak mengalami kremasi. Sehingga, rincian persiapannya akan jauh lebih rumit.

Sebagai contoh, sebelum jenazah ditaruh dalam cargo, maka harus melalui beberapa prosedur terlebih dahulu. Mulai dari perawatan kebersihan, upacara, hingga proses pembalseman.

Setelah itu, jenazah akan dikemas rapat lalu masuk ke peti berlapis aluminium. Ini bertujuan untuk memastikan jenazah sudah tertutup dengan rapat. Selain itu, jarak pengiriman dan berat peti juga mempengaruhi biaya cargo. Secara umum, pengiriman cargo akan terkena tarif per kilogram.

Inilah mengapa jenazah tanpa kremasi akan memiliki biaya lebih mahal. Sementara itu, untuk jenazah yang sudah mengalami kremasi biayanya akan lebih murah. Hal tersebut terjadi karena perlengkapan dan persiapannya lebih ringan untuk sistem pengiriman cargo.

Pengiriman Jenazah dengan Menggunakan Pesawat

Pengiriman jenazah via pesawat memiliki syarat-syaratnya tersendiri. Namun, hal itu tergantung pada maskapai penerbangan yang bertugas. Salah satunya adalah Garuda Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman jenazah untuk domestik maupun internasional.

Selain syarat penggunaan cargo biasa, pengiriman jenazah via pesawat memiliki syarat tambahan. Antara lain sebagai berikut:

  • Penerima harus menunjukkan No. AWB (sebelumnya sudah diberikan oleh pihak pengiriman). Ini bertujuan menjadi bukti pengambilan jenazah.
  • Jenazah memiliki akta kematian dan data lengkap yang jelas.
  • Penerima memiliki surat jaminan penjemputan jenazah dari rumah sakit.
  • Ada surat izin dari RT atau RW setempat.
  • Surat izin membawa keluar jenazah.
  • Jika jenazah adalah WNA, maka wajib memiliki izin dari duta negara terlebih dahulu.
  • Harus ada shipping consultation.
  • Surat kepolisian yang berisi tentang autopsi, meninggal dunia, dan sejenisnya.
  • Jenazah terbukti tidak memiliki penyakit yang menular.

Melalui jalur pengiriman udara dengan pesawat jenazah, Anda dapat memilih jarak dan lokasi tujuan yang sesuai kebutuhan. Lewat pengiriman menggunakan pesawat, maka jenazah dapat diatur dalam penerbangan yang akan sampai dalam waktu kapan saja.

Pengiriman dengan Ambulans Jenazah

Sudah banyak cargo jenazah yang menyediakan jasa ambulans jenazah. Mobil ambulans dan mobil jenazah adalah dua kendaraan yang memiliki prioritas di jalanan.

Sebagai kendaraan prioritas, kedua mobil ini memiliki alat peringatan yang berupa sirine dan lampu rotator biru. Biasanya alat peringatan tersebut berada pada bagian atas tengah mobil.

Meski begitu, sirine dan lampu tidak boleh digunakan secara sembarangan. Hal tersebut karena alat peringatan digunakan hanya saat darurat saja. Sehingga, kedua mobil ini dapat berkendara dengan kecepatan tertentu.

Berbeda dari mobil ambulans biasa yang berwarna putih, mobil ambulans jenazah memiliki warna hitam. Pada ambulans jenazah, ruangan jenazah dan pengemudi akan terpisah.

Tips Memilih Cargo Jenazah yang Benar

Ketika berniat untuk menggunakan jasa cargo untuk orang meninggal, maka Anda harus bisa memilih dengan benar. Nah, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Cek Kredibilitas Jasa

Setiap bisnis harus memiliki surat izin usaha, sebab ini berfungsi sebagai bukti bahwa jasa yang ditawarkan terpercaya. Jasa cargo yang mengangkut orang meninggal akan menerapkan pengiriman spesial. Dari situ, sudah jelas bahwa jasa tersebut memiliki kredibilitas yang baik.

2. Periksa Rekan Layanan Dukanya

Pastikan bahwa layanan cargo jenazah yang Anda pilih sudah bekerja dengan banyak rumah duka. Sehingga, persiapan jenazah dapat terlaksana dengan lebih mudah. Ini juga meringankan beban untuk klien yang sedang berduka.

3. Cari Tahu Jenis Cargonya

Agen cargo pasti memiliki jenis-jenis yang bervariasi. Mulai dari ambulans, pesawat, kapal, dan lain sebagainya. Perhatikan juga apa saja armada, fasilitas, dan pelayanan yang akan Anda terima.

Jika pelayanan yang Anda terima semakin banyak, maka kredibilitas jasa lebih menjanjikan. Bagi perusahaan dengan jam terbang tinggi, kenyamanan pelanggan adalah hal utama yang akan mereka perhatikan.

4. Sesuaikan Budget

Sebelum menggunakan jasanya, Anda harus mencari tahu tarif per cargo. Sehingga, Anda dapat membandingkannya dengan layanan jasa cargo lainnya. Jadi, Anda dapat menyesuaikan budget yang tersedia.

Sudah Paham Tentang Apa itu Cargo Jenazah?

Nah, itulah beberapa hal penting tentang cargo jenazah yang wajib Anda ketahui. Ketika menggunakan cargo, Anda dapat mengangkut tubuh orang meninggal dengan mudah. Jadi, keluarga dapat melakukan pemakaman jenazah tepat waktu.

Kamboja senantiasa disisi anda dalam menyediakan jasa pemakaman profesional dan proteksi pemakaman bagi anda maupun keluarga anda saat hari itu tiba.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0