Ambulans jenazah adalah hal yang mungkin sering Anda temui di lalu lintas. Namun sebenarnya, cara untuk menggunakan jasa yang satu ini tidak semata-mata bisa Anda gunakan secara tiba-tiba. Perlu ada beberapa syarat yang ternyata harus keluarga almarhum penuhi sebelum bisa memesan jasa ambulans jenazah.

Tentang Jasa Ambulans Jenazah

Jika seseorang meninggal, maka perlu ada yang mengantar jasadnya ke pemakaman entah itu dari rumah sakit ataupun dari rumah duka. Untuk melakukan hal tersebut, kamu harus menyewa jasa ambulans jenazah ataupun mobil jenazah.

Ambulans jenazah ini sangat dibutuhkan karena pengantaran orang yang sudah meninggal memang tidak bisa main-main. Perlu perlakuan khusus untuk memberi rasa hormat kepada pihak yang meninggal maupun keluarga yang mengalami kedukaan.

Jasa ambulans atau mobil jenazah ini tidak hanya berasal dari pihak rumah sakit, tetapi Anda juga bisa meminta tolong kepada beragam pihak, baik itu pemerintah ataupun swasta.

Lantas, seberapa mahal sebenarnya harga ambulans jenazah?

Biaya Jasa Ambulans Jenazah

Jika Anda ingin menggunakan layanan pengantaran jenazah menggunakan ambulans jenazah, Anda mungkin ingin menghitung dulu jarak dari tempat awal jenazah hingga ke lokasi tujuan (seperti rumah duka).

Tarif dari jasa ambulans jenazah memiliki patokan per kilometer (jarak tempuh). Artinya, tarif penggunaan ambulans jenazah itu berdasarkan jarak yang harus ditempuh. Setiap penyedia jasa mobil ambulans jenazah menyediakan harga yang cukup bervariasi, tinggal hubungi salah satu jasa ambulans yang ingin Anda gunakan.

Dan jika Anda menggunakan jasa pemakaman, biasanya sudah dilengkapi dengan ambulans jenazah, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari jasa ambulans. Salah satu jasa pengurusan pemakaman terbaik di Indonesia yaitu disediakan oleh Kamboja. Pengurusan pemakaman  akan sepenuhnya ditanggung dan diatur oleh tangan profesional, sehingga dapat meringankan keluarga dan kerabat Anda ketika saat itu tiba. Kamboja juga menyediakan biaya pemakaman yang bervariatif, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih.

Layanan Ambulans Jenazah Gratis dan Syaratnya

Biaya ambulans untuk jenazah mematok tarif yang tidak sedikit alias banyak sebagaimana yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Jika Anda merasa terbebani, maka tidak perlu khawatir karena pemerintah atau instansi non-profit lainnya ada yang menyediakan mobil jenazah untuk dapat masyarakat gunakan.

Berikut ini adalah beberapa penyedia jasa ambulans jenazah tanpa biaya alias gratis beserta syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menggunakan jasa ini.

1. Pemerintah Kota

Penyedia ambulans jenazah gratis yang pertama adalah dari pemerintah kota atau yang kerap memiliki singkatan Pemkot.

Pada masa pandemi COVID-19 lalu, banyak Pemkot yang berlomba-lomba untuk menyediakan ambulans jenazah gratis. Namun tampaknya, layanan tersebut berlanjut untuk beberapa pemerintah kota termasuk Yogyakarta.

Pemkot Yogyakarta sudah menyediakan 6 armada atau mobil ambulans yang dapat warganya gunakan untuk melayani urusan pengantaran jenazah. (sumber: jogjakota.go.id)

Jika Anda adalah penduduk Kota Yogyakarta dan berencana menggunakan jasa mobil jenazah tanpa biaya ini, Anda perlu menghubungi nomor (0274)4331351. 

Pengaju layanan cukup memberi fotokopi surat keterangan kematian yang berasal dari pihak rumah sakit atau RT/RW. Selain itu, siapkan juga fotokopi KTP/KIA/KK dari pihak yang meninggal maupun penanggung jawabnya.

Meski syarat jasa ambulans jenazah gratis tersebut berlaku untuk Pemkot Yogyakarta saja, namun persyaratan tersebut kemungkinan tidak akan jauh berbeda pada Pemkot lainnya (yang punya layanan pengantaran jenazah gratis).

Hanya saja, mungkin Anda juga perlu untuk menyertakan kartu keluarga maupun surat keterangan tidak mampu atau surat BPJS seperti yang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terapkan.

2. PMI (Palang Merah Indonesia)

Selain mengurusi soal donor darah yang pelaksanaannya sangat rutin, Palang Merah Indonesia ternyata juga menyediakan jasa pengantaran jenazah secara cuma-cuma.

Salah satu cabang PMI sudah melakukan hal ini adalah PMI di Kota Semarang, Jawa Tengah. PMI Kota Semarang hanya memberlakukan syarat dua dokumen yang terdiri dari fotokopi KTP dan juga surat keterangan RT yang menyatakan kalau salah satu warganya sudah meninggal dunia alias surat keterangan kematian.

Di sisi lain, PMI Kota Medan menyarankan adanya 4 orang penumpang dan 1 pengemudi yang akan mereka sediakan dalam mengantarkan jenazah sampai ke pemakaman. Sehingga Anda tidak butuh asuransi pemakaman lagi kalau sudah ada layanan seperti ini.

3. Partai Politik

Meski reputasinya terkesan kurang baik di beberapa kalangan masyarakat, namun partai politik terbukti memberikan bantuan yang berarti bagi warga di sekitar wilayah mereka. Salah satu layanan yang sering menjadi berkat adalah pengantaran pemakaman atau jasa ambulans jenazah.

Layaknya kedua instansi sebelumnya, Anda perlu menghubungi kantor cabang partai politik terdekat untuk bisa menerima bantuan pengantaran jenazah ini. Kabar baiknya, ada beberapa partai yang bahkan tidak mengharuskan persyaratan tertentu sebelum mengantarkan jenazah.

Hal ini tentu sangat positif, apalagi dengan suasana kedukaan yang seringkali hectic, sehingga membuat orang kehilangan fokus untuk mengurus administrasi. Meski begitu, Anda tetap perlu siap-siap untuk persyaratan tertentu yang mungkin akan ada.

Sekarang, Sudah Tahu Tarif Jasa Ambulans Jenazah?

Baik menggunakan jasa ambulans jenazah yang gratis ataupun berbayar, semoga saja pilihan Anda ini akan memudahkan keluarga tercinta untuk tenang di alam sana dengan pemakaman yang khusyuk.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman