Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda mempelajari tentang urusan pemakaman. Dengan mempelajari hal hal seperti ini, Anda jadi lebih mudah dan mengetahui bagaimana mempersiapkan pemakaman untuk keluarga, saudara atau yang lainnya dengan lebih baik, termasuk juga mempersiapkan “tempat peristirahatan terakhir” untuk diri sendiri.

Tentunya bukan tanpa alasan, lantaran ketersediaan lahan kosong yang ada belakangan ini, justru semakin berkurang. Sebabnya harga tanah yang melambung tinggi, dan berbanding terbalik dengan biaya pemakaman baru.

Yang tidak banyak orang ketahui adalah, urusan persiapan pemakanan ini tidak bisa dibilang mudah mulai dari mencari tempat pemakaman, urusan menggali kuburan, hingga urusan biaya perawatan pemakaman.

Bagi Anda yang memang ingin mempelajari tentang hal hal yang berhubungan dengan perawatan pemakaman, tidak perlu khawatir, ulasan kali ini akan membahasnya untuk Anda.

Jenis-Jenis Pemakaman

Tahukah Anda, bahwa ternyata jenis pemakaman yang ada saat ini dibagi menjadi 2 tempat, yaitu :

A. Pemakaman Umum

Yang pertama dan terbilang paling umum digunakan adalah Tempat Pemakaman Umum atau disingkat jadi TPU. Dimana tempat pemakaman ini akan dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Misalnya saja Tempat Pemakaman Umum yang ada di DKI Jakarta, maka berdasarkan Perda DKI nomor 1 tahun 2015, yang membahas tentang Retribusi Daerah. Maka pengurusan pemakaman dalam hal ini biaya perawatan pemakaman yang ada di daerah Jakarta, akan dipatok sekitar Rp 275.000. Adapun biaya tersebut sudah termasuk :

  • Biaya sewa lahan selama 3 tahun, mulai dari 0 hingga Rp 100.000.
  • Biaya sewa ambulans sebesar Rp 100.000.
  • Biaya penggunaan peralatan perawatan jenazah, sebesar Rp 75.000.

Untuk masalah sewa tanah pada makam yang akan digunakan, akan dibagi sesuai dengan kategori blok yang ada, dan akan berlangsung dalam jangka waktu 3 tahun. Sedangkan untuk memperpanjang biaya sewanya sendiri, Anda harus mengeluarkan budget sekitar 50% dari tarif retribusi awal. Apabila Anda tidak melakukan perpanjangan biaya makam, maka makam tersebut nantinya akan digunakan untuk jenazah yang baru.

Yang menjadi masalah di sini adalah, walaupun murah, namun pada kenyataannya, harga yang harus dibayar oleh pihak keluarga sendiri berbeda, dengan harga yang tertera pada peraturan yang ada.

B. Pemakaman Swasta

Yang kedua adalah tempat pemakaman yang dikelola oleh pihak swasta, dan ada kalanya disebut dengan area pemakaman mewah. Pada dasarnya kedua tempat pemakaman ini sama, yaitu tempat peristirahatan terakhir. Namun yang membedakan adalah desain tempat peristirahatan terakhir yang digunakan, dan juga harga sewa tempat tersebut.

Biasanya pihak pengelola, tidak hanya menyediakan tempat lubang kubur saja. Namun kuburan tersebut akan ditata dan juga dikonsep dengan taman yang asri, bahkan termasuk adanya layanan keamanan selama 24 jam

Selain itu biaya pemakaman yang nantinya akan dikenakan, juga sudah termasuk biaya pemeliharaan makam tersebut. Yang menarik beberapa layanan pemakaman swasta, ada juga yang memberikan layanan tambahan seperti adanya uang santunan untuk keluarga yang ditinggalkan, konsumsi pada hari duka, dokumentasi pada saat pemakaman dan yang lainnya. Yang sudah pasti, harga yang ditawarkan juga berbeda.

Jadi misalnya saja, pihak pengelola akan memberikan paket makam, maka paket makam yang dimaksud mulai dari makam untuk 1 orang, atau disebut juga single, paket makan double, hingga paket makam keluarga. Sudah tentu harga dan luas lahan yang akan digunakan juga berbeda.

Salah satu pemakaman swasta yang cukup baik yaitu Kamboja. Kamboja adalah penyedia proteksi pemakaman pertama di Indonesia. Kamboja menawarkan solusi untuk jasa pengurusan pemakaman terpercaya serta terjangkau bagi Anda dan keluarga. Kamboja juga menyediakan berbagai paket pemakaman yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Tata Cara Mengurus Pemakaman Agar Tidak Kena Calo

Untuk masalah pemakaman dan biaya yang dikeluarkan pada pemakaman swasta, yang terbilang mahal, pastinya tidak jadi masalah. Walaupun biaya yang Anda keluarkan terbilang mahal, namun sebanding dengan fasilitas serta pelayanan yang diberikan.

Lain halnya ketika Anda akan menggunakan TPU, baik untuk diri sendiri atau untuk keluarga atau juga yang lainnya. Ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara mengurus pemakaman dengan baik, agar tidak tertipu oleh para calo nakal yang kerap kali mengambil keuntungan dari keluarga yang sedang berkabung.

Khusus untuk DKI Jakarta, pihak Pemprov sendiri ternyata sudah menggunakan sistem online, terutama untuk mengurus masalah izin penggunaan tanah makam. Alasan agar pihak keluarga tidak tertipu oleh para calo, selain itu, dengan adanya sistem online seperti ini pihak keluarga jadi lebih mengerti tentang prosedur dan juga tata cara mengurus makan, dan juga biaya perawatan pemakaman itu sendiri.

Adapun tata cara yang sebaiknya Anda persiapkan dan lakukan, untuk mengurus pemakaman secara legal, berdasarkan Pemprov DKI Jakarta, antara lain :

1. Mempersiapkan Aneka Dokumen

Hal pertama yang pastinya harus Anda persiapkan adalah aneka macam dokumen yang dibutuhkan untuk pemakaman tersebut. Adapun aneka dokumen yang dimaksud, yaitu :

  • KTP dan juga KK dari pihak ahli waris atau juga pihak pemohon.
  • KTP dan juga KK dari pihak almarhum.
  • Adanya surat pengantar kelurahan
  • Adanya surat pemeriksaan jenazah dari pihak Puskesmas atau juga Rumah Sakit.
  • Adanya surat Keterangan kematian dari pihak Kelurahan

2. Mengunjungi Kantor TPU

Setelah semua dokumen sudah Anda persiapkan, maka berikutnya Anda perlu mengunjungi kantor TPU itu sendiri. Hal ini dilakukan, untuk mencari petak makan yang akan digunakan, dan pihak petugas TPU yang akan mengantarkan pihak keluarga tersebut. Pastikan pihak keluarga atau ahli waris memperoleh surat pengantar ke PTSP kelurahan.

3. Mengunjungi PTSP Kelurahan

Langkah berikutnya, Anda akan mengunjungi pihak PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kelurahan. Kali ini, fungsinya untuk mengambil Surat Keterangan Retribusi Daerah, atau SKRD yang sesuai dengan Blok Petak Makan yang akan digunakan.

Setelah memperoleh surat SKRD tersebut, pihak keluarga atau juga ahli waris, dapat melakukan registrasi dan juga melakukan verifikasi data, melalui sistem PU online, yang ada di PTSP kelurahan tersebut.

4. Membayar Retribusi di Bank DKI

Adapun proses pembayaran retribusi makam tersebut, akan dilakukan di Bank DKI. Kali ini pihak keluarga atau juga ahli waris, akan memperoleh nomor validasi yang nantinya akan diserahkan kembali pada pihak PTSP Kelurahan. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh IPTM (Izin Penggunaan Tanah Makam). Dalam hal ini, IPTM yang sudah diperoleh akan berlaku selama 3 tahun, dan dapat diperpanjang kembali, jika masa berlakunya sudah habis.

5. Mengunjungi TPU Terdekat

Langkah yang terakhir untuk perawatan pemakaman adalah mengunjungi pihak TPU terdekat. Sudah tentu pihak TPU tersebut, melayani jasa penguburan jenazah secara gratis, dan juga lengkap dengan berbagai fasilitas. Adapun fasilitas yang dimaksud kali ini, antara lain tenda, kursi, sound system dan juga jasa gali tutup lubang kuburan.

Dari ulasan di atas jelas sudah, bahwa untuk masalah pemakanan ini tidak dapat dianggap sepele. Ada hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik. Jadi apakah Anda sudah mengerti, akan pentingnya informasi tentang pemakaman, dan hal yang berkaitan dengan pemakaman tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir atau kebingungan dalam menentukan lokasi atau tempat peristirahatan terakhir yang akan digunakan, baik untuk diri sendiri atau untuk orang terdekat di hati Anda.

Dan salah satu lembaga yang menyediakan jasa pemakaman yaitu Kamboja. Tim profesional Kamboja siaga 24/7 dalam menerima laporan atas kematian, pengurusan hingga pengaturan pemakaman Anda kelak.

Segala sesuatu kebutuhan mengenai pemakaman anda akan didiskusikan sebelumnya bersama keluarga & ahli waris untuk memastikan segalanya akan berjalan lancar sesuai keinginan Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Kamboja sekarang!

Artikel Lainnya

Jasa Cargo Jenazah: Definisi, Persyaratan, dan Cara Memilihnya

Cara Mengurus dan Klaim Asuransi Kematian yang Benar

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman