Bunga seringkali dianggap sebagai simbol kehidupan dan keindahan, namun tidak semua jenis bunga memiliki makna yang positif. Beberapa jenis bunga malah melambangkan kedukaan, kesedihan, dan kehilangan, dimana biasa kita sebut dengan bunga kedukaan.

Bunga kedukaan adalah jenis bunga yang diberikan sebagai ungkapan belasungkawa atas kehilangan seseorang yang dicintai. Biasanya, bunga tersebut digunakan dalam upacara pemakaman dan diberikan kepada keluarga atau kerabat yang sedang berduka. Tapi, tahukah Anda beberapa jenis bunga melambangkan duka cita?

Bunga yang Melambangkan Kedukaan

Adapun jenis bunga yang melambangkan kedukaan antara lain:

1. Red Spider Lily dan Lily Putih

Bunga yang melambangkan kedukaan yang pertama yaitu red spider lily atau juga biasanya disebut dengan higanbana dan lily putih.

Lily merupakan salah satu bunga yang memiliki arti keberuntungan berdasarkan feng shui. Maka dari itu, bunga ini menjadi favorit banyak orang selain karena pesonanya yang indah.

Dulunya bunga red spider lily berfungsi untuk mencegah hewan buas memangsa jasad yang masih baru. Hal ini karena bunga ini mengandung racun yang kuat. Namun sekarang, bunga ini digunakan untuk persembahan kepada anggota keluarga yang sudah meninggal.

Bahkan bunga ini juga ditanam banyak orang di beberapa pemakaman. Sehingga bunga ini masuk sebagai salah satu simbol kedukaan.

Seperti red spider, ternyata bunga lily putih juga melambangkan hal negatif yaitu kedukaan. Hal ini karena lily putih termasuk yang paling umum orang gunakan saat prosesi pemakaman. Jadi sebaiknya hindari memberikan lily warna putih saat menghadiahi bunga untuk orang tersayang.

2. Kamboja

Siapa yang tidak tahu bunga kamboja, salah satu bunga yang sering Anda temukan di kuburan. Menurut buku dengan judul The Almost Complete Collection of True Singapore Ghost Stories buatan R. Lee, bunga kamboja dengan nama latin Plumeria ini identik dengan pemakaman.

Untuk itulah, orang Jepang, Indonesia, dan Filipina sering menanam kamboja di sekitar kompleks pemakaman. Bahkan bunga ini terkadang sering orang bawa ketika berziarah ke sebuah pekuburan.

Tidak hanya itu, bunga dan batang kamboja ini juga sering orang gunakan sebagai penanda sebuah pemakaman. Bahkan sebuah mitos mengatakan bahwa bunga kamboja adalah jelmaan gadis yang menemani kekasihnya yang meninggal.

3. Bunga Anyelir

Bunga yang melambangkan kedukaan selanjutnya yaitu bunga anyelir warna putih. Namun pada kenyataanya, hal ini belum diketahui banyak orang. Buktinya bunga ini masih saja orang gunakan sebagai kado atau hadiah untuk ibu di hari ibu.

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bunga anyelir melambangkan kedukaan. Contohnya bunga anyelir warna merah muda dan merah melambangkan cinta. Jadi bisa diberikan kepada ibu yang masih hidup.

Sedangkan bunga anyelir warna putih sebaiknya untuk penghormatan pada ibu yang telah meninggal dunia. Bunga ini juga bisa diberikan ketika seseorang tidak bisa menghadiri upacara pemakaman tersebut.

Untuk mempermudah Anda mengirim bunga anyelir putih di hari kedukaan keluarga atau kerabat terdekat, banyak jasa pemakaman yang bisa membantu ada, seperti Kamboja bisa membantu menaruh bunga jenis ini di pemakaman. Canya juga mudah, tinggal hubungi kontak Kamboja untuk berdiskusi lebih lanjut.

4. Bunga Marigold

Siapa sangka, jika bunga marigold ini ternyata melambangkan kedukaan. Namun tidak semua negara percaya jika bunga ini melambangkan kedukaan. Lambang kedukaan dari karangan bunga ini berasal dari luar negeri tepatnya tradisi di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Salah satu alasan mengapa bunga ini termasuk jenis bunga yang melambangkan rasa duka dan rasa hormat pada orang yang telah meninggal dunia yaitu karena bagian kelopak dan juga busurnya melipat ketika matahari terbenam.

5. Anggrek

Anggrek merupakan tanaman hias indah dengan harga jual cukup tinggi yang sering menjadi pilihan banyak orang. Namun siapa sangka jika bunga anggrek yang sering menjadi hiasan di rumah ini memiliki arti kedukaan.

Misalnya, anggrek dendrobium dan phalaenopsis yang hadir dalam gradasi warna pink dan putih biasa digunakan sebagai lambang simpati seseorang yang kehilangan orang yang mereka cintai.

Untuk itulah, jika memberi bunga ini sebagai hadiah akan dipandang sebagai hal yang sangat tidak menguntungkan oleh beberapa budaya.

Jadi hindari memberikan jenis bunga ini sebagai hadiah terutama kepada orang yang Anda sayang. Anda bisa memberikan jenis bunga anggrek yang lainnya sebagai hadiah.

6. Mawar Hitam

Bunga yang satu ini sudah tidak asing lagi jika dianggap melambangkan perasaan duka. Bahkan bunga mawar hitam ini terkenal sebagai simbol negatif di seluruh dunia.

Simbol negatif yang dimaksud yaitu hilangnya nyawa, kebencian, dan romansa yang tragis. Untuk itulah, bunga ini juga sering orang katakan sebagai bunga yang tidak memberikan keuntungan jika orang mendapatkannya.

Hindari memberikan hadiah bunga mawar hitam kepada orang terkasih, terlebih di hari bahagia atau hari spesial tertentu.

7. Kembang Bokor Putih

Bunga bokor atau sering juga disebut dengan hydrangea ini terkenal dengan kecantikannya dan sering sekali orang gunakan sebagai penghias rumah. Ada banyak sekali jenis bunga ini dan dengan berbagai warna seperti merah muda, biru, ungu, dan putih.

Nah setiap warna yang ada di bunga ini memiliki artinya masing-masing. Merah muda melambangkan cinta dan pernikahan, biru melambangkan penyesalan, ungu melambangkan kekayaan, dan bunga yang putih melambangkan suasana duka.

Maka dari itu, bunga berwarna putih tidak boleh Anda gunakan sebagai hadiah. Apalagi jika Anda memberikannya pada orang tersayang, mereka bisa salah kaprah.

8. Bunga Krisan

Bunga Krisan merupakan salah satu bunga cantik dengan banyak varian warna seperti merah muda, ungu, dan putih. Jika bunga sebelumnya memiliki arti yang berbeda pada setiap warnanya, berbeda halnya dengan bunga ini.

Sebagian besar bunga ini melambangkan kedukaan dan kesedihan. Bunga krisan merah muda dan ungu berarti kedukaan di bagian wilayah Eropa dan Asia, sedangkan krisan putih melambangkan kesedihan. Untuk itulah sering menjadi hadiah saat ada kabar duka.

Tidak hanya itu, bunga ini juga sering terdapat di kuburan karena banyak yang membawanya sebagai penghormatan kepada orang yang meninggal. Untuk itulah, bunga ini mendapat julukan bunga kedukaan sehingga akan sangat aneh jika Anda malah memberikannya pada orang terkasih sebagai hadiah.

Sudah Tahu Bunga yang Melambangkan Kedukaan?

Setelah mengetahui 8 bunga tersebut, bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan saat beli karangan bunga untuk orang tersayang. Jasa on Demand Service pemakaman adalah jasa pemakaman terbaik yang bisa membantu Anda untuk mengurus pemakaman, termasuk pengurusan karangan bunga.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0