Saat ini banyak anak yang mengindahkan kewajiban menghormati orangtua dengan berkata yang kurang sopan. Misalnya saja ketika Anda meminta tolong untuk mengambilkan sesuatu sambil membentak karena tidak segera dilakukan. Terlebih kebanyakan anak muda jaman sekarang sering lupa bagaimana cara berbakti kepada orang tua.

Padahal pada setiap agama diwajibkan seorang anak untuk berbakti terhadap orang tua, entah dengan bertutur kata yang baik, berperilaku yang sopan, dan lain sebagainya. Berbakti pada kedua orang tua juga bukan hal sulit, karena hal baik sekecil apapun pasti akan bisa membuat mereka bahagia.

Inilah 10 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Harus Anak Lakukan

Kerja keras yang Anda lakukan siang dan malam akan terasa sia-sia jika kedua orang tua tidak merasa bahagia sama sekali. Jika ingin membuat mereka senang, berikut ini 10 langkah sederhana yang bisa menunjukkan rasa bakti Anak kepada orang tua. Diantaranya:

1. Membantu Pekerjaan Rumah

Bagi orang tua Anda terutama ibu, mengerjakan pekerjaan rumah merupakan kegiatan yang biasa dilakukan. Meski terlihat sepele, namun kenyataannya membersihkan rumah bisa menjadi hal yang melelahkan, terlebih jika orang tua Anda sudah lanjut usia.

Tak ada salahnya membantu mengerjakan pekerjaan rumah agar mereka tidak terlalu capek dan merasa senang. Misalnya saja dengan menyapu, mengepel, cuci, piring, dan kegiatan lainnya.
Meski Anda tak bisa melakukan setiap hari karena kesibukan bekerja. Namun percayalah hal sederhana tersebut sudah bisa membuat mereka bahagia.

2. Mematuhi Perintah Orang Tua

Apabila orang tua Anda meminta bantuan atau memerintahkan sesuatu, sebaiknya segera dikerjakan dan jangan menolak. Mematuhi perintah mereka merupakan salah satu cara berbakti kepada orang tua yang harus dilakukan oleh Anda sebagai anak.

Apalagi jika hal yang diperintahkan merupakan perbuatan yang baik misalnya saja berkaitan dengan ibadah, maka harus Anda lakukan. Kebiasaan lalai mengerjakan perintah orang tua bisa membuat hubungan menjadi renggang karena orang tua merasa kurang dihargai.

3. Berkata dengan Sopan

Berkata dengan keras bahkan menggunakan bahasa yang kurang sopan sering dilakukan oleh anak zaman sekarang. Padahal hal tersebut bisa membuat hati orang tua terluka dan sedih. Jangan sampai karena emosi sesaat lalu Anda meluapkan rasa marah kepada orang tua dengan berkata kasar.

Jagalah perkataan Anda jika berbicara kepada orang tua, berbicaralah dengan nada yang lembut dan sopan agar orang tua merasa lebih dihormati. Kebiasaan berbicara dengan baik merupakan salah satu hal yang membuktikan kalau Anda sangat menyayangi mereka.

4. Bersikap Sabar

Cekcok antara anak dan orang tua merupakan hal yang wajar, penyebabnya bisa beragam, mungkin karena terjadi salah paham atau bisa juga disebabkan oleh perilaku Anda yang kurang mengenakkan bagi orang tua.

Jika orang tua Anda sedang marah, usahakan untuk tidak terpancing agar kondisinya tidak semakin keruh. Bersikaplah sabar dan tenang agar semua dapat dibicarakan dengan baik-baik. Tak ada salahnya sebagai anak Anda menengahi agar solusi dari permasalahan bisa segera ditemukan.

5. Memberikan Hadiah

Salah satu cara berbakti kepada orang tua yang satu ini kerap dilakukan oleh seorang anak. Entah itu saat ada momen khusus ataupun tidak. Hadiah yang diberikan tak harus mahal, yang penting bisa membuat mereka bahagia.

Misalnya saja Anda mencari tahu barang apa yang sedang diinginkan atau dibutuhkan oleh mereka. Meski orang tua tak menginginkan apapun selain melihat anak-anaknya senang. Namun bukan berarti mereka tak akan bahagia jika diberi sesuatu.

Apalagi selain bisa membuat orang tua tersenyum dan gembira, memberi hadiah juga dapat memperbanyak pahala yang akan Anda dapatkan. Siapa tahu balasan yang akan Anda dapatkan nanti lebih besar daripada hadiah yang diberikan kepada orang tua.

6. Merawat Orang Tua

Ingatkah ketika Anda sakit saat masih kecil? Orang tua lah yang selalu merawat dan menjaga Anda dengan penuh kasih sayang agar Anda lekas sembuh. Begitu juga sebaliknya saat orang tua sudah renta dan tak bisa melakukan banyak hal sendirian, Andalah yang harus membantu dan merawat orang tua.

Rawatlah orang tua Anda dengan telaten dan sabar. Apalagi jika kondisi orang tua sedang sakit dan hanya bisa berbaring di tempat tidur. Anda harus mau merawat dan melayani segala aktivitas mereka. Mulai dari memandikan, mengganti baju, hingga menyuapi makanan.

Saat ini banyak orang yang sengaja menitipkan orang tua mereka ke panti jompo dengan alasan kesibukan. Hal tersebut tentu akan membuat orang tua sedih dan merasa dibuang karena sudah tidak bisa melakukan apa-apa yang menguntungkan bagi si anak.

7. Memprioritaskan Orang Tua

Semakin bertambahnya usia, kesibukan yang Anda miliki akan semakin bertambah. Mulai dari urusan pekerjaan, anak, dan lain sebagainya. Namun bukan berarti Anda bisa begitu saja melupakan orang tua. Selalu prioritaskan orang tua dalam berbagai hal.

Misalnya saja jika Anda mendapatkan rezeki berlebih, maka jangan lupa sisihkan untuk orang tua. Apabila membutuhkan bantuan, sempatkanlah waktu Anda untuk menolong mereka. Bagaimanapun juga surga berada ditelapak kaki orang tua. Maka selalu berbaktilah kepada mereka.

8. Mendoakan Orang Tua

Apabila Anda saat ini hidup jauh dari orang tua entah karena keperluan pendidikan, kerja, maupun sudah berkeluarga. Jangan lupa selalu memberi kabar dan kirimkan doa selalu agar mereka senantiasa sehat dan tak kekurangan apapun.

Di era kecanggihan teknologi saat ini, berkabar kepada orang tua yang tinggal jauh sangatlah mudah. Bisa melalui sambungan suara maupun video call. Jadi tak ada alasan untuk tidak berkirim kabar kepada orang tua meski tidak setiap hari.

9. Membuat Bangga Orang Tua

Orang tua sudah memberikan hal terbaik untuk Anda mulai saat Anda kecil hingga dewasa. Segala upaya dilakukan agar Anda bisa mendapatkan kehidupan yang layak, pendidikan yang tinggi, serta terpenuhi semua kebutuhan.

Kini ketika Anda dewasa, berikan yang terbaik untuk mereka. Bekerjalah segiat mungkin agar Anda bisa menjadi orang sukses seperti yang diimpikan oleh orang tua. Dengan begitu mereka akan merasa bangga karena memiliki anak yang bisa mengangkat harkat keluarga.

Jika Anda masih menempuh pendidikan, belajarlah dengan rajin agar bisa menggapai cita-cita yang diinginkan. Untuk bisa melakukan salah satu cara berbakti kepada orang tua ini memang tidak mudah karena dibutuhkan kerja keras dan ketekunan.

10. Menyiapkan Asuransi Kematian

Asuransi menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini. Jenisnya pun beragam dan salah satu asuransi yang cocok untuk Anda yang ingin berbakti pada orang tua adalah asuransi kematian. Dengan mengikuti asuransi ini maka Anda dan keluarga bisa terhindar dari masalah finansial kelak.

Anda juga tak perlu repot menyiapkan biaya kematian saat orang tua meninggal. Selain itu keluarga yang ditinggalkan juga mendapat santunan yang besarnya sesuai produk asuransi yang diikuti.
Tak ada salahnya mulai sekarang mengikuti asuransi kematian baik untuk orang tua maupun diri sendiri. Cara ini sebagai bentuk antisipasi agar ketika meninggal, keluarga tak perlu repot menyiapkan biaya pemakanan dan lain-lain karena sudah ditanggung oleh asuransi.

Sepuluh cara berbakti kepada orang tua sangat mudah dilakukan. Tak perlu gengsi menunjukkan rasa sayang Anda kepada orang tua agar mereka lebih bahagia dan merasa dihormati. Jangan lupa mengikuti asuransi agar masa depan Anda dan orang tua lebih terjamin terutama yang berkaitan dengan finansial.

Artikel Lainnya

Hukum Mengurus Jenazah Muslimah, Syarat, Proses, Hingga Doa yang Perlu Dibaca!

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman