Bagaimana cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia? Saat orang tua memasuki usia senja, maka giliran anak-anak bertanggung jawab merawat orang tua. Anda yang terdiri dari beberapa orang saudara mungkin memiliki pandangan berbeda tentang cara merawat orang tua. Kasus ini cukup umum dan sering terjadi.

Orang tua yang sudah lanjut usia tentu membutuhkan bantuan anak dalam hal perawatan. Dari sisi anak mungkin hal ini tidak mudah, terlebih mengingat anak kemungkinan memiliki kesibukan bekerja dan memiliki keluarga yang harus dihidupi. Fenomena ini populer disebut sandwich generation, di mana kondisi seseorang tengah terjepit di antara 2 tanggung jawab besar seperti roti lapis sandwich.

Salah satu pilihan yang cukup banyak diambil yaitu menitipkan orang tua lansia di panti jompo. Pilihan ini sebenarnya masih dianggap tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Lantas, sebenarnya seperti apa cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia yang tepat?

Setiap permasalahan pastinya memiliki solusi, demikian dengan kasus merawat orang tua di usia senjanya. Perihal merawat orang tua ini sudah pasti berkaitan langsung dengan orang tua. Karenanya tidak cukup mendengar pendapat dari anak-anak. Seperlu memberikan jawaban solutif, berikut diberikan tips merawat orang tua lansia dengan bahagia, diantaranya yaitu:

1. Awali dengan Menjalin Komunikasi dengan Orang Tua

Sebelum hal buruk terjadi, ambil waktu untuk duduk bersama orang tua dan anak-anak yang lain. Diskusikan apa yang orang tua inginkan. Semua pihak harus bisa komunikatif, terutama orang tua. Pasalnya orang tua yang tidak komunikatif terutama berkaitan dengan rencana keuangan menyebabkan pertikaian antara anak-anak atau anggota keluarga yang ditinggalkan setelah mereka berpulang.

Komunikasi dengan orang tua ini juga sebagai upaya memahami kebutuhan orang tua. Bila ingin membuat orang tua bahagia di usia lanjut, maka sebagai anak Anda harus tahu kebutuhan dan bantuan seperti apa yang mereka butuhkan. Pasalnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing.

Mengapa komunikasi harus dijalin sejak awal? Menurut WHO, penuaan secara biologis merupakan dampak dari akumulasi sejumlah kerusakan molekuler dan seluler yang terjadi seiring waktu. Secara bertahap tapi pasti kondisi tersebut dapat menurunkan kapasitas mental dan fisik yang disertai dengan risiko penyakit atau kematian yang semakin tinggi.

Sejumlah lansia pun biasanya mengalami gangguan pendengaran, penglihatan. Radang sendi, depresi, penyakit kronis, hingga demensia yang memang cukup berbeda pada tiap orang. Beberapa orang tua terlihat sehat secara fisik tapi banyak pula yang membutuhkan perawatan intensif.

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia menurut WHO dari perawatan kesehatan seharusnya tidak hanya dapat memperbaiki faktor-faktor yang rusak atau hilang karena penuaan. Perawatan kesehatan yang baik harusnya juga mampu membantu orang tua beradaptasi, memperkuat pemulihan, serta mendukung pertumbuhan psikososial.

2. Membuat Surat Wasiat

Berkaitan dengan mengetahui keinginan orang tua juga berkaitan dengan harapan mereka tentang pembagian harta yang mereka miliki. Jika orang tua tahu hartanya terbagi sesuai keinginannya dan semua anak tidak bermasalah akan keputusan yang sudah ditetapkan pasti mereka akan sangat bahagia di usia senjanya.

Karenanya sebelum hal buruk terjadi, pastikan orang tua sudah membuat surat wasiat dan juga surat kuasa. Bila orang tua sudah mempersiapkan semua dokumen tersebut pastikan semua anggota keluarga mengetahui alasan mengapa keputusan tersebut dibuat dan dimana informasi tersebut disimpan.

Keterbukaan di sini sangat dibutuhkan agar menghindari kesalahan penafsiran akan tujuan atau maksud orang tua dalam membuat surat wasiat. Setiap anak pun harus memiliki jiwa yang legowo agar orang tua tetap bahagia di masa senjanya.
Ada baiknya pula melibatkan pihak netral dalam hal ini. Pihak netral dapat menjadi mediator yang berasal dari orang kepercayaan orang tua atau pun kerabat yang tidak memiliki kepentingan sama sekali dengan harta keluarga.

3. Membicarakan Semua Hal Secara Terbuka

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia yaitu membicarakan semua hal secara terbuka. Hal ini berlaku pula pada keputusan bagi waris. Bila memang seorang anak mendapat bagian warisan lebih besar dari seharusnya karena sudah berkenan merawat orang tua di masa pensiunnya, maka hal tersebut wajib dikomunikasikan sejak jauh-jauh hari selagi orang tua masih ada.

Bagi anak atau kerabat yang bertanggung jawab merawat dan mengasuh orang tua pun memiliki tanggung jawab memberikan kabar terbaru tentang kondisi orang tua kepada anak yang lain. Perkembangan teknologi sekarang ini sudah canggih. Untuk berkirim kabar semakin mudah dengan aplikasi chat yang kini memungkinkan Anda berkirim pesan teks, pesan suara, atau pesan gambar dan video.

Adapun jika dalam perawatan orang tua menghabiskan biaya untuk perawatan, kiranya hal itu juga perlu dikomunikasikan. Terlebih jika menggunakan uang tabungan orang tua atau uang patungan anak-anak. Hal ini agar tidak terjadi pertikaian karena dugaan kesalahan keuangan.

4. Mempekerjakan Pengasuh Profesional

Tips merawat orang tua lansia dengan bahagia selanjutnya mempekerjakan pengasuh profesional. Sudah pasti orang tua akan lebih bahagia tinggal di rumah sendiri yang nyaman. Alasannya sederhana, orang tua bisa mengetahui dimana semuanya berada dan memiliki peluang lebih besar untuk bisa lebih sering berkumpul dengan keluarga. Lagi pula tidak mudah bagi orang tua lansia beradaptasi dengan lingkungan baru.

Bila semua anak memang sibuk bekerja, tidak ada salahnya merekrut pengasuh profesional untuk merawat orang tua. Pengasuh profesional biasanya akan memiliki buku catatan yang berisikan semua hal yang dilakukan orang tua Anda. Mulai dari daftar kegiatan harian, daftar makanan yang boleh dikonsumsi, makanan pantangan jadwal berkunjung ke dokter, dan lainnya.

5. Memastikan Kondisi Rumah Aman untuk Lansia

Bila Anda merawat orang tua lansia di rumah, maka pastikan kondisi di rumah aman. Orang tua cukup rentan tersandung dan jatuh yang akhirnya akan membuatnya terluka. Tidak sedikit kasus terjatuh berakibat fatal.
Karenanya pastikan kondisi rumah aman dan nyaman. Tips merawat orang tua lansia dengan bahagia ini mengharuskan Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Memastikan permukaan lantai bersih dari barang berserakan.
  • Memastikan setiap ruang memiliki penerangan yang cukup dan sakelar mudah dijangkau.
  • Memastikan peletakan setiap barang yang dibutuhkan orang tua mudah diambil.
  • Menambahkan gagang pegangan di kamar mandi dan juga railing tangga.
  • Hindari orang tua mengambil posisi terlalu rendah atau membungkuk saat akan mengambil barang.

6. Melengkapi Informasi Perawatan Lansia

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia berikutnya yaitu melengkapi informasi tentang perawatan lansia. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter geriatric di rumah sakit terdekat tentang pengasuhan lansia. Hal ini pun penting dilakukan jika Anda memutuskan untuk tinggal bersama orang tua dan merawatnya sendiri.

Adanya dukungan keluarga akan membuat orang tua lansia selalu semangat dan tetap sehat. Karenanya penting memberikan perawatan terbaik untuk orang tua di usia senjanya. Setiap anak dapat memberi dukungan satu sama lain agar dapat saling menguatkan dan menghibur. Itulah esensi dari cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman