Orang tua merupakan sosok yang paling berjasa untuk hidup seseorang karena mereka merawat dan mengajarkan kebaikan hingga seseorang bisa tumbuh dan hidup mandiri. Oleh karena itu, menjadi tugas kita untuk membalas budi orang tua melalui cara membahagiakan mereka dengan penuh kasih sayang.

Salah satu cara utama untuk melakukannya adalah dengan memfasilitasi semua persiapan hari tua mereka secara proaktif. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara untuk memanjakan orang tua kita serta pentingnya mempersiapkan hari tua mereka.

8 Cara Membahagiakan Orang Tua

Berikut ini beberapa cara membahagiakan orang tua yang tak butuh banyak biaya dan mudah untuk Anda lakukan:

1. Luangkan Waktu untuk Mengobrol

Umumnya, semakin tua seseorang maka akan semakin suka dia mengobrol. Untuk itulah, biasanya orang tua sangat suka saat diajak mengobrol tentang sesuatu hal.

Nah, jika Anda ingin membahagiakan orang tua, sangat dianjurkan untuk sering-sering mengajaknya mengobrol. Sesibuk apapun Anda, alangkah lebih baik jika meluangkan waktu untuk sedikit mengobrol dengan orang tua. Sesingkat apapun obrolan itu, akan sangat berharga untuk orang tua Anda.

2. Membelikan Makanan Kesukaan

Cara membahagiakan orang tua berikutnya yaitu dengan membelikan makanan kesukaannya. Dalam hal ini, Anda bisa membelikan makanan kesukaan mereka selepas pulang bekerja atau mungkin saat kumpul keluarga.

Cara ini mungkin terlihat sepele, namun bisa sangat berarti untuk mereka. Selain itu, cara ini juga bisa sebagai salah satu bentuk perhatian Anda pada mereka. Contoh kecilnya yaitu bapak Anda suka kopi dan ibu suka roti, maka Anda bisa membelikan keduanya sehabis pulang kerja.

Apabila Anda saat ini sedang jauh dari orang tua, Anda tetap bisa menerapkan hal ini dengan menggunakan layanan pesan antar. Bila memungkinkan, Anda bisa meminta orang terdekat yang mungkin mengenal kedua orang tua Anda untuk mewakilkannya.

3. Luangkan Waktu untuk Menelepon Mereka

Jika saat ini Anda tinggal jauh dari orang tua karena pekerjaan atau pernikahan dan membuat Anda tidak bisa mengobrol secara langsung dengan mereka. Maka menelepon adalah salah satu cara untuk membahagiakan mereka.

Anda bisa menelepon saat sela-sela waktu istirahat baik itu saat jam waktu siang, malam hari, atau saat pulang kerja. Intinya, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk menelepon mereka setiap harinya.

Obrolan singkat seperti menanyakan kabar atau hal lainnya selama sepuluh sampai tiga puluh menit akan sangat berarti untuk mereka. Apalagi jika saat ini Anda di tempat rantauan sendiri yang bisa membuat mereka khawatir, maka menelepon akan sangat menenangkan dan membahagiakan mereka.

4. Mengajak Pergi Liburan Bersama

Semua orang tentunya menyukai liburan, termasuk orang tua. Untuk itulah, cara membahagiakan orang tua berikutnya yaitu dengan mengajak mereka liburan, apalagi jika tempat tujuan merupakan tempat favorit mereka.

Dalam hal ini, Anda bisa meluangkan sedikit waktu atau gaji, kemudian mengajak mereka liburan minimal sekali dalam sebulan. Tidak perlu liburan ke tempat jauh, yang terpenting adalah Anda bisa menenangkan dan bisa membuat mereka bahagia.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak mereka keluar makan bersama di restoran favorit. Cara ini akan bisa menjadi salah satu liburan terbaik untuk mereka.

5. Mengatakan Kata-kata yang Baik

Kata kasar biasanya akan menyakiti hati seseorang. Termasuk untuk orang tua yang juga merupakan orang biasa, kata kasar bisa menyakiti mereka. Apalagi mengingat bahwa orang tua cenderung lebih sensitif, maka menjaga kata-kata Anda sangatlah penting.

Anda diwajibkan untuk menggunakan kata-kata baik ketika berbicara dengan mereka. Tidak hanya baik, Anda juga sebaiknya menggunakan nada bicara yang lemah lembut dan memilih kata-kata yang menyenangkan agar tidak menyinggung maupun membuat mereka sedih.

6. Memberi Ucapan dan Hadiah saat Ulang Tahun

Cara membahagiakan orang tua berikutnya yaitu dengan memberikan ucapan sekaligus hadiah saat mereka ulang tahun. Cara ini terdengar sepele namun ampuh untuk membuat orang tua Anda bahagia.

Bayangkan saja bagaimana dulu Anda begitu bahagia ketika ada yang mengucapkan selamat ulang tahun, begitu juga dengan orang tua. Usahakan Anda menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat ulang tahun pada mereka.

Hal ini akan membuat mereka merasa diperhatikan dan disayang sehingga akan membuat mereka bahagia. Selain itu, Anda juga bisa memberi hadiah sederhana namun bermakna saat mereka berulang tahun, salah satunya adalah dengan membiayai asuransi pemakaman dari event organizer pemakaman terbaik.

7. Mengunjungi Secara Rutin

Saat ini, banyak sekali kasus anak yang menelantarkan orang tuanya ketika sudah menikah atau berkeluarga. Untuk itulah, sebaiknya Anda tidak melakukan hal yang sama.

Tidak mengunjungi orang tua dalam waktu yang lama bisa membuat mereka sedih. Hal ini karena setiap orang tua tentunya merindukan anak-anaknya. Apalagi jika anaknya di tempat jauh, saat dekat pun kadang mereka akan merindukan anak-anaknya.

Anda dianjurkan untuk sering berkunjung ke rumah mereka minimal setiap hari raya. Namun, alangkah lebih baik jika lebih sering karena semakin sering Anda mengunjungi mereka, maka akan semakin bahagia mereka. Anda juga bisa mengambil cuti atau hari libur sebagai momen untuk menemui mereka.

8. Mendengarkan Nasihatnya

Pada dasarnya, setiap nasihat orang tua itu baik untuk anak-anaknya. Untuk itulah kita dianjurkan untuk mendengar nasihat orang tua. Bahkan, orang tua akan merasa bahagia ketika anaknya mendengar nasihat orang tuanya.

Cara membahagiakan orang tua ini tidak hanya untuk mereka, tetapi juga untuk kebaikan Anda. Sebab, sebagian besar orang yang tidak mendengar nasihat orang tua akan celaka. Untuk itulah, Anda sangat disarankan untuk mendengarkan setiap nasihat mereka.

Sudah Tahu Cara Membahagiakan Orang Tua?

Pada dasarnya, kedua orang tua akan bahagia ketika anaknya bahagia. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa cara di atas untuk senantiasa membahagiakan orang tua di masa tuanya.

Seperti yang sempat kita singgung terkait hadiah terbaik untuk orang tua, Anda bisa mendaftarkan orang tua Anda untuk mendapat proteksi jasa pemakaman dari Kamboja. Sebagai penyedia pelayanan pemakaman Bogor, Kamboja akan memberi perhatian penuh terhadap setiap detail.

Memastikan momen perpisahan berjalan dengan khidmat dan teratur. Bersama Kamboja, Anda dan orang tua Anda dapat menjalani proses perpisahan dengan tenang dan penghormatan yang pantas.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0