Ketika salah satu anggota keluarga ada yang meninggal dunia, biasanya kerabat lainnya akan menguruskan surat keterangan kematian. Adanya surat keterangan kematian tersebut berguna untuk pengurusan yang berkaitan dengan orang yang telah meninggal. Berikut ini akan membahas terkait surat keterangan kematian.
Sebelum ke pembahasan fungsinya, ketahui dahulu pengertian dari surat ini sebagai gambaran. Surat keterangan kematian adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh desa atau rumah sakit sebagai bukti dan pendataan orang meninggal. Kemudian, perlu Anda ketahui bahwa:
Selanjutnya perlu Anda pahami mengenai beberapa fungsi dari surat keterangan ini, antara lain :
Penggunaan dari surat keterangan kematian akan menjadi acuan untuk menetapkan status seseorang. Nantinya, maksud status seseorang disini yaitu apakah seorang janda atau duda dan terutama bagi orang yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Kemudian, akan menjadi lampiran syarat ketika ingin menikah lagi nantinya.
Bagi orang-orang yang telah meninggal, biasa mereka memiliki harta pribadi. Nantinya, harta tersebut bisa menjadi hak milik anak atau anggota keluarga lainnya. Namun, dalam menentukannya perlu melampirkan syarat berupa surat kematian. Dengan begitu pelaksanaan pembagian dan penyerahan warisan bisa berlangsung.
Ketika seseorang masih hidup, tidak jarang memiliki tinggalan yang terkait finansial. Misalnya masih memiliki tunjangan, pensiun, asuransi, dan lain sebagainya. Lalu, bagi anggota keluarga lainnya yang ingin mencairkan dananya harus menyertakan surat kematian. Sehingga, surat kematian tersebut menjadi bukti agar bisa diproses.
Nantinya, pihak keluarga orang yang telah meninggal harus melaporkannya dan membuat surat keterangan kematian. Dengan begitu tidak akan ada penyalahgunaan data dari almarhum atau almarhumah.
Lalu, sebagai anggota keluarganya tidak perlu merasa khawatir jika tiba-tiba ada seseorang mengatasnamakan seseorang yang telah meninggal.
Ketika seseorang telah meninggal, maka dalam keluarganya nantinya akan terdapat perubahan data kependudukan. Perubahan data tersebut bisa terlihat dengan adanya surat kematian yang terbit.
Jadi, dengan begitu pemerintah yang ingin memberikan bantuan dan lain sebagainya bisa melihat data yang tersedia dan pastinya valid.
Saat Anda ingin mengurus surat keterangan atau akta kematian salah satu anggota keluarga, maka harus membawa beberapa syarat. Untuk syarat tersebut terdapat beberapa kriteria, antara lain :
Syarat yang pertama untuk seorang WNI yang meninggal, yaitu
Adapun syarat pembuatan surat keterangan kematian berikutnya ketika seorang WNI meninggal namun bukan di wilayah Indonesia, yaitu :
Syarat yang terakhir untuk WNA yang meninggal di wilayah Indonesia, yaitu :
Dalam mengurus pembuatan surat atau akta kematian, Anda bisa melakukannya secara offline atau online. Untuk langkah-langkah dalam cara mengurus akta kematian, bisa Anda simak di bawah ini.
Untuk cara pembuatan yang pertama adalah secara offline, yaitu :
Sebagai upaya mempermudah dan mempercepat pembuatan akta kematian, maka Anda bisa membuatnya melalui online, yaitu :
Itulah beberapa penjelasan yang bisa Anda pahami dari pengertian surat keterangan kematian hingga cara pembuatannya. Keberadaan dokumen tersebut tentunya sangat berguna dan memiliki beberapa fungsi seperti penjelasan di atas.
Jadi, ketika ada kerabat Anda yang meninggal, maka bisa langsung melaporkan dan mengurusnya. Kemudian, bila Anda tidak tahu cara mengurusnya, Anda bisa melihat artikel di atas.
Namun, bagi Anda yang tidak ingin repot dan hanya ingin menerima dalam bentuk jadi, maka tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan jasa pemakaman jenazah dari Kamboja dengan pelayanan yang terpercaya. Bahkan, Kamboja memberikan pelayanan pembuatan dan pengurusan akta kematian di dalam paket pilihannya.