Seperti yang kita ketahui, batu nisan dikenal sebagai tanda pengenal bagi mereka yang sudah dikuburkan di suatu area pemakaman.

Batu nisan biasanya berisi nama dari orang yang sudah meninggal dunia, tanggal lahir, tanggal meninggal dan kota dimana orang tersebut meninggal dunia.

Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda bahwa batu nisan terbuat dari berbagai sekali bahan yang berbeda dan harga yang juga berbeda-beda. Penasaran mengenai kisaran harga dari batu nisan ini, simak penjelasan dibawah ini.

Sekilas Tentang Definisi dan Fungsi Batu Nisan

Secara umum, batu nisan sendiri merupakan suatu prasasti atau penanda yang biasanya berupa batu dan ditempatkan di atas pusara pemakaman.

Hadirnya batu nisan sendiri dikenal sebagai suatu tradisi dalam upacara atau proses penguburan dalam agama Islam, Kristen dan beberapa agama lainnya. Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, bahwa batu nisan ini sendiri umumnya ditulis mengenai nama almarhum yang meninggal dunia, tanggal lahir, tanggal kematian di atasnya dan bahkan disertai doa.

Bahkan di beberapa batu nisan juga mungkin berisi potongan seni pemakaman, khususnya detailnya dalam relief batu. Adapun di dalam beberapa budaya atau kepercayaan tertentu, foto almarhum bahkan juga terkadang dipasang di batu nisan tersebut.

Di dalam agama Islam, batu nisan sendiri berfungsi sebagai penanda kubur yang mana dapat membedakan posisi letak bagian kepala dan kaki serta arah bujur jenazah yang dimakamkan.

Tidak hanya itu saja, adanya batu nisan ini juga digunakan sebagai bentuk penghormatan dari mereka yang masih hidup kepada mereka yang sudah meninggal agar namanya bisa terus diingat dan dikenang.

Mengingat makam sendiri bersifat sakral lantaran menjadi tempat peristirahatan terakhir dari orang-orang terkasih, maka tidak mengherankan jika banyak pihak keluarga yang ditinggalkan membuat makam dengan biaya pemakaman yang beraneka ragam disertai dengan penggunaan batu nisan yang sebaik mungkin.

Apa Saja Jenis – Jenis Batu Nisan yang Banyak Digunakan Dalam Pemakaman?

Bisa Anda lihat sendiri, bahwa penggunaan batu nisan di tempat pemakaman tentu saja memiliki banyak sekali jenisnya, bukan? Baik itu dari jenis batu nisan yang terlihat sederhana sampai dengan jenisnya yang terlihat memberikan kesan mewah bagi siapa saja yang melihatnya. Umumnya, jenis – jenis batu nisan yang banyak digunakan dalam pemakaman antara lain sebagai berikut :

A. Batu Nisan Datar / Penanda Datar atau Penanda Rumput

Merupakan batu nisan yang terbuat dari bahan batu, beton atau perunggu yang biasanya dipasang rata di atas tanah. Jenis batu nisan tradisional ini sendiri tersedia dalam berbagai warna, ukuran, bahan dan finishing. Umumnya, batu nisan ini ditempatkan di atas batu atau plakat yang ditempel di batu tersebut.

B. Penanda Datar Di Atas / Nisan Miring, Nisan Meja Belakang atau Landai

Jenis batu nisan ini sendiri merupakan balok batu atau beton yang ditinggikan dari sisi depan belakang atau miring.

C. Batu Nisan Tegak

Yakni batu nisan yang memiliki desain nisan paling tradisional. Jenis batu nisan tegak ini sendiri biasanya dipasang ke tanah dengan dasar beton. Batu nisan tegak umumnya terbuat dari bahan granit, marmer atau batu kapur dan berukuran tinggi sekitar 45 inci, lebar 30 inci dan kedalaman 6 inci.

D. Batu Nisan Kerbed

Batu nisan kerbed ini merupakan monument panjang penuh yang terletak rata di atas dan sering digunakan bersama dengan nisan tegak.

Macam – Macam Bahan Pembuatan Batu Nisan

Di pasaran, Anda tentu bisa melihat sendiri beraneka ragam bentuk, ukuran, desain finishing sampai dengan harga batu nisan yang ditawarkan pihak penjual, bukan?

Sebelum kita membahas mengenai berapa kisaran dari harga suatu batu nisan untuk pemakaman, ada baiknya mengetahui beberapa jenis bahan pembuatan yang digunakan pada batu nisan itu sendiri. Adapun beberapa bahan batuan yang umum dijadikan sebagai batu nisan diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Batu Granit

Salah satu jenis batuan yang dinilai sebagai batu yang paling fleksibel dan mudah untuk beradaptasi. Hal ini dikarenakan ketersediaannya yang memang cukup berlimpah, sehingga tidak mengherankan jika batu granit menjadi semakin terjangkau. Bahkan saat ini, batu nisan berbahan batu granit menjadi salah satu batu nisan dengan harga yang paling termurah.

2. Batu Marmer

Yakni merupakan jenis bahan batu nisan yang berwarna cerah dan mengandung urat biru serta abu – abu yang unik. Penggunaan batu jenis marmer ini sering kali dipilih lantaran alasan estetika, khususnya karena bahannya yang indah dan halus. Meskipun demikian, bahan marmer ini sendiri dinilai tidak memiliki kekuatan dan umur yang panjang.

3. Batu Kapur

Jika membahas mengenai bahan batuan apa yang paling populer dalam pembuatan batu nisan, maka jawabannya adalah batu kapur. Bahkan bisa Anda lihat sendiri di area pemakaman yang mana banyak makam yang menggunakan jenis batu nisan yang satu ini. Meskipun demikian, jenis batu kapur ini sendiri dinilai tidak bertahan lama seperti halnya batuan marmer dan granit. Apalagi dengan bahannya yang lembut, menjadikannya sering kali rentan terhadap kerusakan lingkungan.

4. Batu Perunggu

Selanjutnya ada batu perunggu yang mana hadir sebagai bahan yang bersifat sangat tahan lama dan secara alami akan berubah menjadi gelap seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penggunaan batu nisan perunggu ini diperlukan sedikit perawatan. Bahkan, pilihan batu nisan perunggu menjadi salah satu opsi yang paling mahal.

5. Bahan Baja Tahan Karat

Untuk jenis bahan baja tahan karat ini sendiri merupakan jenis nisan yang terbilang paling baru di pasaran. Dengan bahan stainless yang kokoh, menjadikan bahan baja tahan karat ini dinilai tidak terlalu rentan terhadap pelapukan jika dibandingkan dengan kebanyakan bahan batu.

Berapa Ukuran Batu Nisan yang Umum Digunakan Di Pemakaman?

Pada dasarnya, batu nisan sebagai penanda makam banyak yang menggunakan jenis batu marmer dan batu granit.

Meski demikian, disini Anda juga harus tahu mengenai berapa kira-kira ukuran dari batu nisan yang banyak dipakai di pemakaman. Untuk ukuran dari batu nisan ini sendiri yakni dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

  • Batu nisan berukuran S (memiliki ukuran sekitar 30 cm x 60 cm x 6 cm).
  • Batu nisan berukuran M (memiliki ukuran sekitar 40 cm x 60 cm x 6 cm).
  • Batu nisan berukuran L (memiliki ukuran sekitar 50 cm x 70 cm x 6 cm).

Kisaran Harga Batu Nisan di Pasaran

Mengenai harga dari suatu batu nisan sendiri biasanya tergantung dari jenis, bahan batuan, desain finishing dan juga ukuran. Dalam hal ini, kisaran harga dari batu nisan yang ditawarkan di pasaran sendiri cukup beraneka ragam. Yakni ada yang dijual dengan harga mulai dari Rp3.000.000-an hingga di atas Rp10.000.000-an. Hal ini tergantung dari jenis batu nisan yang diinginkan untuk penanda makam.

Itulah informasi seputar kisaran harga batu nisan di pasaran. Terkait soal harga dari batu nisan ini, Anda juga sebaiknya menggunakan paket pemakaman aman yang ditawarkan di Kamboja dengan pelayanan terbaik dan harga ramah kantong.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman