Hari kematian (hari kedukaan) merupakan momen yang berat bagi setiap individu atau keluarga yang kehilangan orang tercinta. Dalam menghadapi hari kematian, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik agar proses penghormatan dan penguburan berjalan dengan lancar.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum hari kematian. Dengan persiapan yang matang, diharapkan dapat membantu mengurangi beban dan memberikan penghormatan yang layak bagi orang yang telah berpulang.

6 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Hari Kematian

Berikut 6 hal yang perlu dipersiapkan sebelum hari kematian tiba.

1. Tingkatkan Iman

Salah satu kewajiban utama umat beragama yaitu selalu meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, hal ini akan menjadi bekal untuk dapat masuk surga.

Meningkatkan iman dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti meningkatkan amal ibadan, bersedekah, atau berpuasa sunnah di hari-hari tertentu. Selain itu, iman juga dapat Anda tingkatkan dengan selalu membaca kitab suci dan mengamalkan apa yang ada di dalam kitab suci tersebut.

2. Jangan Menunda Kewajiban

Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika ada serangkaian tanggung jawab atau kewajiban yang harus diselesaikan, misalnya pekerjaan, janji, maupun hutang.

Jika Anda merasa memiliki kewajiban tersebut pada seseorang, pastikan Anda sudah menyelesaikan kewajiban tersebut. Entah pada kerabat maupun keluarga sebelum hari itu tiba.

Kewajiban sendiri tentu saja tidak terbatas pada manusia saja. Seorang umat beragama tentu juga memiliki kewajiban kepada Tuhan mereka. Dalam Islam, solat, puasa, maupun sedekah merupakan beberapa contoh kewajiban yang harus Anda lakukan dan diselesaikan selama di kehidupan dunia.

Tidak hanya menuntaskan kewajiban, Anda juga dapat bertaubat untuk membayar kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu. Mulai dari curang, perzinahan, berbohong, mencelakakan orang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Orang yang Akan Meninggal, Jangan Disepelekan!

3. Wasiat Keluarga

Beralih dari hal yang bersifat spiritual, ada beberapa hal duniawi yang perlu Anda persiapkan sebelum hari kematian datang, salah satunya adalah surat wasiat. Surat wasiat merupakan akta yang di dalamnya berisi serangkaian pernyataan seseorang tentang apa yang dia inginkan jika nantinya sudah meninggal.

Hal-hal yang diatur dalam surat wasiat dapat berupa harta, hutang, keinginan spesifik, maupun rahasia tertentu yang mungkin baru bisa terungkap ketika seseorang sudah meninggal dunia. Pihak yang menerima hutang maupun harta ini biasanya memiliki sebutan ahli waris.

4. Asuransi Kecelakaan

Tujuan utama Anda harus memiliki asuransi kecelakaan adalah agar keluarga dapat terjamin masa depannya. Kedukaan tentu juga tidak mengenal kondisi keuangan, asuransi tentu akan memberikan santunan tertentu jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Meski tidak bisa mengembalikan orang yang telah tiada, namun adanya asuransi ini bisa membuat beban pihak keluarga menjadi lebih ringan dari segi ekonomi (finansial).

5. Proteksi Pemakaman

Selain asuransi kecelakaan, salah satu hal yang cukup penting untuk Anda persiapkan yaitu proteksi pemakaman. Sistem dari proteksi pemakaman sama seperti asuransi, hanya saja ini lebih berfokus pada kedukaan dengan sebab apapun.

Sebagai salah satu penyedia proteksi pemakaman terbaik di Indonesia yaitu jasa on demand service pemakaman Kamboja yang membantu Anda untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan kedukaan. Entah itu jasa pemakaman, rumah duka, kendaraan jenazah, bahkan uang santunan sekalipun, semuanya akan ditangani oleh Kamboja dengan baik.

6. Menghargai Saat-saat Kebersamaan

Selama hidup di dunia, manusia selalu bertemu dengan teman-teman maupun keluarga yang baik kepadanya. Jika ingin menghargai orang-orang ini, Anda dapat bersilaturahmi di waktu luang. Hubungan silaturahmi yang baik nantinya akan berdampak baik jika kedukaan datang menjemput.

Pasalnya, doa dari orang-orang yang dekat dapat membantu Anda untuk masuk surga nantinya. Kebersamaan ini harus Anda hargai karena hanya dapat Anda rasakan ketika masih hidup.

Sudah Tahu Apa Saja Persiapan Sebelum Hari Kematian?

Demikian 6 hal persiapan sebelum hari kematian yang pasti akan datang. Jika Anda belum memiliki proteksi keamanan, pastikan untuk memilih Kamboja untuk mengurus berbagai kebutuhan Anda seperti pengurusan perawatan jenazah ketika nantinya sudah tiada dengan menggunakan jasa asuransi pemakaman. Hubungi kontak Kamboja untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0