IBeberapa hal di dunia ini pasti memiliki izin tertentu. Dengan adanya izin ini orang tidak akan semena-mena dalam melakukan suatu hal dan untuk mengurus izin tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Contohnya seperti izin mengemudi yang mengharuskan kita untuk melewati beberapa tahap yang menguji kemampuan mengemudi kita. Sama halnya dengan tanah makam yang juga memerlukan Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM).

Untuk memahami lebih lanjut, dalam artikel ini kita akan membahas syarat-syarat dan cara mengurus Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM) di Jakarta.

Apa itu Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM)?

Izin penggunaan tanah makam adalah persetujuan resmi yang diberikan oleh otoritas setempat atau pihak berwenang kepada individu atau lembaga untuk menggunakan sebidang tanah sebagai area pemakaman. Izin ini mencakup ketentuan-ketentuan tertentu terkait tata cara pengelolaan, penguburan, dan pemeliharaan tanah makam.

Tujuannya untuk memastikan bahwa penggunaan lahan sebagai pemakaman dilakukan dengan mematuhi peraturan, norma, dan aturan yang berlaku, serta menjaga tata kelola yang baik dalam konteks pengelolaan pemakaman.

ni juga seringkali melibatkan pertimbangan terkait kapasitas lahan, aspek lingkungan, dan kepatuhan terhadap norma-norma keagamaan atau budaya setempat.

Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM) Di Jakarta

Izin penggunaan tanah makam di Jakarta diperoleh melalui proses administratif yang melibatkan pihak-pihak terkait, termasuk instansi pemerintah daerah setempat.

Permohonan izin ini umumnya mencakup rincian tentang lokasi tanah yang akan dijadikan pemakaman, rencana tata ruang, kapasitas maksimal makam, dan prosedur pengelolaan serta pemeliharaan.

Para pemohon harus mematuhi regulasi yang berlaku dan mengikuti panduan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah guna memastikan bahwa penggunaan tanah sebagai pemakaman dilakukan secara legal dan sesuai dengan standar tata kelola yang berlaku di Jakarta.

Persyaratan Izin Penggunaan Tanah Makam di Jakarta

Sama seperti mengurus izin pada umumnya, dalam mengurus perizinan tanah makam ini juga dibutuhkan beberapa persyaratan. Persyaratannya juga tidak cukup sulit, sama seperti syarat-syarat dalam membuat izin pada umumnya. Berikut beberapa persyaratannya :

1. Kartu identitas penanggung jawab, untuk WNI scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), sedangkan untuk WNA scan asli Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Visa/Paspor.

2. Jika dikuasakan, scan asli surat kuasa bermaterai sesuai peraturan yang berlaku dan KTP orang yang diberikan kuasa.

3. Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) jenazah.

4. Scan asli Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit.

5. Scan asli surat keterangan laporan kematian dari kelurahan setempat

6. Surat pengantar dari TPU

7. Izin penggunaan tanah makam terdahulu (Asli, jika perpanjangan), (scan asli, jika numpang)

Catatan : Syarat 4-6 tidak diperlukan bagi yang ingin melakukan perpanjangan.

Cara Mengurus Izin Penggunaan Tanah Makam di Jakarta

Sebelum mengurus perizinan pastikan untuk memastikan bahwa persyaratan yang dibutuhkan harus lengkap. Mengurusnya juga tidak sulit Anda hanya harus mengikuti prosedur secara benar. Berikut cara mengurus IPTM di Jakarta :

1. Kontak Instansi Terkait

Hubungi petugas loket pada kantor Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman atau petugas Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat yang berwenang mengenai izin penggunaan tanah makam.

Anda dapat mencari informasi kontak mereka melalui website resmi pemerintah daerah atau dengan berkunjung langsung ke kantor pelayanan terkait.

2. Peroleh Informasi dan Formulir

Peroleh informasi terkait persyaratan dan prosedur pengajuan izin penggunaan tanah makam. Biasanya, instansi terkait akan menyediakan formulir permohonan yang harus diisi dengan lengkap. Sebagai catatan, permohonan IPTM umumnya dilakukan secara tertulis.

3. Persiapkan Dokumen Pendukung

Siapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan, seperti rincian lokasi tanah, rencana tata ruang, kapasitas makam, dan dokumen lain yang diminta dalam formulir permohonan.

4. Ajukan Permohonan

Serahkan formulir permohonan beserta dokumen pendukung ke kantor instansi terkait. Pastikan semua informasi yang Anda berikan sudah lengkap dan akurat.

5. Proses Evaluasi

Instansi terkait akan melakukan evaluasi terhadap permohonan Anda. Proses ini melibatkan peninjauan rinci terhadap rencana tata ruang, kepatuhan terhadap regulasi, dan persyaratan lainnya.

6. Pembayaran Biaya

Lakukan pembayaran biaya retribusi yang dikenakan sebagai bagian dari proses pengajuan izin. Untuk biaya berbeda-beda tergantung blok dengan jangka waktu tertentu.

7. Tunggu Keputusan

Setelah proses evaluasi selesai, Anda perlu menunggu keputusan dari instansi terkait mengenai pemberian atau penolakan izin penggunaan tanah makam. Nantinya surat izin akan di paraf Kasi Pemakaman/Kabid Pemakaman. Kepala dinas akan menandatangani surat Izin Penggunaan Tanah Makam.

8. Pelaksanaan Tata Kelola

Setelah mendapatkan izin, pastikan untuk mematuhi semua ketentuan dan tata kelola yang diatur dalam izin tersebut selama pengelolaan tanah makam.

Mudah Bukan Mengurus IPTM?

Dengan mengikuti prosedur dan memperoleh izin penggunaan tanah makam di Jakarta, kita dapat menjalankan pengelolaan pemakaman dengan tata kelola yang baik dan memberikan pelayanan yang sesuai untuk mendukung kebutuhan masyarakat dalam mengurus pemakaman dengan tata cara yang sah dan sesuai norma.

Jika Anda tidak ingin repot atau mungkin membutuhkan bantuan dalam mengurus hal-hal lain tentang pemakaman, Kamboja menyediakan berbagai jasa pengurusan pemakaman termasuk jasa pengurusan akta kematian. Anda hanya perlu menyiapkan syarat yang berlaku, dan untuk pengurusannya akan dibantu oleh pihak Kamboja serta kamboja menyediakan asuransi pemakaman bagi anda dan keluarga tercinta anda.

Hubungi kontak Kamboja untuk berdiskusi dengan salah satu tim Kamboja dan dapatkan informasi penting lainnya.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0