Selain penguburan, beberapa orang memilih untuk proses kremasi atas berbagai alasan. Beberapa faktor terpilihnya proses kremasi, antara lain agama, penghematan, dan kesadaran akan lingkungan. Apakah Anda penasaran, bagaimana proses dan adakah perusahaan yang menawarkan jasa kremasi?

Simak dengan baik artikel ini, karena penjelasan tentang kremasi, keuntungan menggunakan jasanya, hingga proses kremasi akan dibahas secara mendalam.

Apa Itu Jasa Kremasi?

Jasa kremasi adalah jasa yang menawarkan pemakaman kremasi. Dengan kata lain, layanan yang menyediakan jasa pembakaran mayat hingga menjadi abu. Dalam pelaksanaan kremasi, seseorang harus memperhatikan dengan seksama, baik itu temperatur maupun durasi pelaksanaannya.

Apa itu kremasi? Kremasi atau pengabuan adalah suatu proses pembakaran mayat dengan suhu 800 derajat Celcius. Sisa tulang belulang dari pembakaran nantinya akan digiling menjadi bubuk yang bercampur dengan abu. Abu tersebut lalu diserahkan kepada pihak keluarga.

Keluarga bebas memilih apakah abu tersebut ingin dikuburkan, disimpan, atau ditaburkan ke air. Selain alasan agama dan kepercayaan, beberapa orang memilih kremasi dibandingkan penguburan, karena minimnya lahan dan penghematan dana.

9 Keuntungan Menggunakan Jasa Kremasi

Setelah mengetahui definisi dari layanan jasa kremasi, saatnya membahas keuntungan dari menggunakan jasanya berikut ini:

1. Biaya yang relatif ringan

Biaya proses kremasi terkadang terlihat cukup mahal diawal. Untuk paket layanan komplit termasuk persemayaman adalah sekitar Rp50.000.000,00 - Rp80.000.000,00. Namun biaya ini hanya dikeluarkan sekali saja. Sedangkan untuk pemakaman, terdapat dua jenis, yaitu pemakanan umum dan pemakaman swasta.

Bagi pemakaman umum sendiri, anggota keluarga yang masih hidup harus membayarkan biaya sewa setiap 3 tahun sekali. Jika tidak, jenazah lain akan menimpali lahan tersebut. Sedangkan untuk pemakaman swasta, biasanya suatu pemakaman memakan biaya puluhan juta hingga milyar rupiah.

Oleh karena faktor-faktor tersebut, kremasi menjadi alternatif dari proses penguburan.

2. Menghemat Lahan

Dengan semakin banyaknya populasi, lahan pun semakin menyempit. Belum lagi dengan jenazah yang terus bertambah, sedangkan lahan terus berkurang. Kremasi adalah solusi yang tepat untuk hal ini. Karena tanah tidak bisa terus bertambah, maka dari itu, kita harus mencari cara bagaimana agar tanah tidak berkurang terlalu banyak.

Memilih kremasi berarti Anda tidak membutuhkan banyak lahan untuk penguburan. Jika ternyata Anda menginginkan abu Anda untuk dikuburkan pun, tidak membutuhkan banyak lahan untuk menguburkannya.

3. Fleksibel

Berbeda dengan jenazah yang susah untuk dipindahkan, abu jenazah dapat dibawa dengan mudah. Hal ini mempermudah proses perpindahan jenazah, apabila ingin memindahkannya ke tempat yang cukup jauh.

Selain itu, abu jenazah dapat dibagi-bagi. Jika seseorang memiliki banyak anak, saat orang tuanya meninggal dunia, anak-anak tersebut dapat membagi abu jenazah orang tua mereka untuk disimpan secara terpisah. Terutama jika anak-anak tinggal berjauhan, maka mereka tidak perlu menempuh jarak yang sangat jauh untuk melayat.

4. Efisiensi Waktu

Penguburan jenazah biasanya dilakukan dengan terburu-buru, karena tubuh manusia dengan cepat mengalami perubahan setelah kematian. Hal ini tidak terjadi pada proses kremasi. Anggota keluarga yang masih berkabung dapat mengambil waktu untuk berduka dan tidak perlu terburu-buru mengurus prosesi pemakaman.

Selain itu, proses kremasi sangatlah sederhana. Keluarga tidak perlu repot mengurusi banyak hal, hanya proses administrasi sederhana dan untuk sisanya, petugas yang akan melanjutkan.

5. Ramah Lingkungan

Sebelum proses penguburan, ada sebuah proses yaitu proses pengawetan jenazah. Bahan utama proses ini adalah formalin yang berbahaya dan menyebabkan polusi pada bumi.

Terlebih lagi jika proses penguburan mayat menggunakan peti kayu. Peti tersebut adalah hasil menebang pohon. Membuat banyak peti berarti menebang banyak pohon dan menyebabkan hutan menjadi gundul. Jasa kremasi jelas menjadi solusi yang ramah lingkungan dalam kondisi seperti ini.

6. Pemakaman Sederhana

Pemakaman menggunakan peti mati lebih rumit dibandingkan pemakaman secara kremasi. Meskipun memang sebelum proses kremasi keluarga biasanya menyiapkan pakaian terbaik dan riasan wajah bagi jenazah.

Namun, peti tersebut hanya digunakan sebagai tempat jenazah diletakkan saat para pelayat datang ke rumah duka.

Sementara bila pemakaman memakai peti mati, peti yang berisi jenazah akan dikuburkan ke dalam tanah. Hal ini tidak perlu dilakukan jika jenazah dikremasi.

Belum lagi proses pemindahan jenazah dari lokasi awal ke lokasi pemakaman, keluarga harus menyiapkan transportasi yang nyaman. Dalam proses kremasi, pemindahan jenazah sangatlah mudah, karena hanya perlu membawa guci berisikan abu.

7. Katolik Sudah Menerima Proses Kremasi

Vatikan telah mengumumkan bahwa agama Katolik secara resmi menerima pemakaman dengan proses kremasi pada beberapa tahun yang lalu. Walaupun orang beragama Katolik umumnya dimakamkan secara tradisional, namun proses kremasi sekarang sudah diterima.

Dengan alasan ini, penganut agama Katolik dapat menjadikan proses kremasi sebagai pilihan tanpa perlu rasa takut.

8. Pemakaman Kreatif

Berbeda dengan pemakaman umum, abu kremasi tidak harus dikuburkan secara tradisional. Seseorang dapat membuat permintaan kepada keluarganya tentang apa yang dia inginkan kepada abu jenazahnya.

Anda dapat memilih cara tradisional seperti mengubur abu di tanah, melarutkannya di air laut, ataupun menyimpannya. Akan tetapi, Anda juga dapat menjadi lebih kreatif, seperti membuat abu jenazah Anda menjadi perhiasaan atau menaburkannya di lokasi kesukaan Anda.

9. Proses Kremasi Populer Akhir-Akhir Ini

Meski proses kremasi masih susah diterima oleh kalangan orang tua, proses ini menjadi populer di kalangan anak muda, karena memberikan banyak keuntungan. Terbukti dari persentase yang  diperoleh dari The National Funeral Directors Association’s 2020, proses kremasi telah meningkat sebanyak 56%.

Kamboja Sebagai Penyedia Jasa Kremasi

Mengurus pemakaman bukanlah sebuah hal yang mudah, terlebih lagi jika itu untuk orang terkasih. Mengurus begitu banyak hal secara rinci akan sangat memberatkan Anda, terlebih jika Anda mungkin masih dalam keadaan berduka.

Tahukah Anda? Kamboja Funeral Manager menyediakan jasa pemakaman kremasi dengan on demand service yang beragam dan memuaskan.

Kamboja akan membantu proses pengurusan jenazah, pelarungan, transport jenazah, pengurusan kremasi komplit sesuai standar, menyiapkan guci abu, hingga dekorasi rumah duka, katering, serta transportasi keluarga mendiang.

Hal ini tentunya sangat membantu bagi keluarga yang sedang berduka dan mungkin tidak sempat mengurus banyak hal secara terperinci.

Sudah Memahami Apa Keuntungan Menggunakan Jasa Kremasi?

Jadi, apakah Anda sudah memahami dengan baik apa saja keuntungan menggunakan jasa kremasi? Selain daripada menghemat biaya dan lahan, kremasi juga ramah lingkungan dan terbukti efisien bagi keluarga sedang berduka. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk kedepannya.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0