Yayasan Al Azhar menghadirkan konsep pemakaman yang nyaman dan tidak menimbulkan kesan menyeramkan.

Kuburan Al Azhar tersebut merupakan solusi bagi para peziarah yang mungkin takut ketika harus mengunjungi makam, terutama ketika menjelang sore hari.

Kesan yang Anda dapatkan ketika datang ke Al Azhar sudah tentu tenang, rapi, dan pastinya nyaman. Hanya saja, perlu diingat bahwa pemakaman yang ada sini hanya untuk orang Islam. Ini senada dengan apa yang dijelaskan oleh Marketing Promotion kompleks pemakaman tersebut.

Hingga saat ini, pemakaman Al Azhar selalu menjadi pilihan. Sudah pasti kesan angker tidak akan Anda dapatkan. Bahkan, seolah-olah Anda berkunjung ke sebuah taman yang mempunyai rerumputan hijau. Suasana sejuk dan bunga-bunga indah seolah-seolah sudah siap menyambut para peziarah.

Kenapa Harus Memilih Kuburan Al Azhar?

Mungkin Anda masih ragu ketika harus memilih di Al Azhar. Salah satu pertimbangan mungkin biaya pemakaman yang bagi beberapa orang cenderung mahal. Padahal, jika Anda melihat lebih jauh, Anda akan berpendapat bahwa apa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Khusus untuk Muslim

Sesuai namanya, Al Azhar merupakan pemakaman yang memang khusus untuk kaum muslim. Anda tidak perlu ragu kuburan tersebut akan bercampur dengan kuburan kaum non muslim. Sebenarnya, apa yang dilakukan ini sudah sejalan dengan ajaran Islam.

Memang dalam ajaran Islam tidak boleh menyatukan kuburan orang Islam dengan selain Islam. Maka dari itu, pemakaman Al Azhar ini sudah sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

2. Menyediakan Ustaz

Kita tahu fasilitas yang ada pada Al Azhar sangat lengkap. Misalnya, menyediakan ustaz khusus. Ustaz tersebut yang nanti membimbing maupun melayani selama prosesi pemakaman. Ustaz tersebut yang akan memandikan jenazah hingga mengantarkan jenazah tersebut menuju peristirahatan terakhir.

Jadi, Anda tidak perlu mendatangkan ustaz khusus. Semuanya sudah ada, sehingga para keluarga dan kerabat bisa fokus terhadap pemakaman almarhum atau almarhumah.

3. Dikelola oleh YPI Al Azhar

Alasan berikutnya kenapa kuburan Al Azhar ini terbaik, yaitu karena dikelola secara profesional. Adapun yang bertugas mengelolanya, yaitu YPI atau Yayasan Pesantren Islam Al Azhar mulai tahun 2011.

Hadirnya pemakaman ini memang bertujuan untuk memberikan layanan pada umat Islam yang hendak memakamkan saudara atau keluarganya sesuai syariat Islam. Selain itu, layanan tersebut juga merupakan sosialisasi pada masyarakat terkait bagaimana mengurus jenazah yang sesuai anjuran agama.

4. Lokasi yang Strategis

Selain ketiga hal di atas, pemakaman Al Azhar juga berada di lokasi strategis. Tepatnya ada di pinggir jalan tol untuk Jakarta - Cikampek. Inilah yang menjadikan pemakaman Al Azhar Memorial Garden mempunyai akses yang lebih cepat.

Bahkan, jaraknya pun kurang lebih 10 menit, jika melalui pintu keluar tol Karawang Timur. Tempat yang mudah terjangkau membuat orang yang ingin berziarah tidak kesulitan. Anda tidak harus melalui jalan yang rumit dan memerlukan waktu lama.

5. Menghadap Kiblat

Karena ini merupakan pemakaman Islam, maka kuburan Al Azhar wajib menghadap kiblat. Bahkan untuk hal ini, pihak pengelola tidak tanggung-tanggung. Untuk meyakinkan Anda, pihak pengelola sudah memiliki sertifikat terkait arah kiblat tersebut.

Sertifikat ini berasal dari Kemenag Kabupaten Karawang. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu, karena sudah pasti makam saudara maupun keluarga Anda menghadap ke kiblat, tepatnya ke arah kiblat.

6. Menyediakan Walk Away Track

Dalam Islam, haram hukumnya seseorang menginjak makam, melangkahi, atau bahkan duduk di atas makam. Untuk menghindari hal tersebut, pengelola Al Azhar Memorial Garden sudah menyediakan walk away track.

Adanya jalur ini memudahkan para pengunjung yang ingin berziarah tanpa harus mengganggu kuburan penghuni lain. Apalagi ketika musim hujan, tanpa ada walk away track, kemungkinan para peziarah kesulitan sampai ke makam kerabatnya.

Untuk itu, pihak pengelola Al Azhar sudah mengantisipasi hal tersebut. Jadi, para pengunjung tidak perlu khawatir. Anda bisa mengunjungi kuburan Al Azhar dengan mengikuti walk away track yang sudah ada.

7. Menghadirkan Landscape Indah

Al Azhar hadir dengan konsep pemakaman yang asri dan bersih. Kesan yang Anda dapatkan pertama kali, yaitu pemakaman yang ada di sini tidak menyeramkan. Berbeda dengan kuburan di sekitar rumah Anda yang mungkin masih terkesan seram.

Apalagi ketika malam hari, memberikan sensasi tersendiri jika harus melewati pemakaman tersebut. Berbeda dengan apa yang terdapat di Al Azhar Memorial Garden. Ketika Anda datang ke pemakaman tersebut, Anda tidak akan mendapatkan kesan menyeramkan.

Selain itu, setiap makam yang ada juga tidak saling berhimpitan, apalagi berantakan. Semuanya tertata secara rapi. Landscape luas dan hijau semakin membuat tempat pemakaman ini semakin indah. Para pengunjung pun akan merasa nyaman dan bahkan mereka mungkin tidak sadar jika sedang mengunjungi makam.

8. Privasi Terjaga

Berikutnya, kuburan Al Azhar menawarkan privasi yang terjaga. Di sini hanya ada 1 akses pintu. Penjaganya pun merupakan tim profesional yang akan mengawasi selama 24 jam. Jadi, keamanan Anda akan terjamin selama Anda berada di Al Azhar.

Para peziarah tidak perlu khawatir akan kendaraan maupun privasinya. Anda bisa fokus berziarah dan karena privasinya terjaga inilah memungkinkan para peziarah mampu berdoa secara khusyuk. Belum lagi dengan kondisi makam yang bersih dan tenang.

9. Perawatan Rutin

Hampir setiap hari, para pekerja di Al Azhar akan melakukan perawatan terhadap setiap makam dan fasilitas yang ada. Anda tidak akan menemukan sampah, daun kering, rumput liar, atau hal-hal lain yang mengganggu. Ini bertujuan agar pemakaman tersebut selalu nyaman bagi para peziarah.

Tertarik Menggunakan Fasilitas Kuburan Al Azhar?

Demikian informasi seputar kuburan Al Azhar Memorial Garden. Selain di Al Azhar, Anda juga bisa memanfaatkan pemakaman Bogor. Di sana terdapat jasa pemakaman terpercaya, yaitu Kamboja.

Kamboja siap memberikan pelayanan terkait pengurusan makam secara lengkap. Informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi Kontak Kamboja untuk berdiskusi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman