Memilih lokasi pemakaman untuk keluarga adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan jangan mudah tergiur dengan berbagai penawaran menarik dari perusahaan.

Anda harus pintar memilih lokasi yang nyaman dan aman sebagai makam. Artikel ini akan memberikan tips memilih lahan pemakaman untuk keluarga Anda.

Tips Memilih Lokasi atau Lahan Pemakaman Keluarga

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat ingin menemukan lahan yang aman untuk pemakaman keluarga.

1. Mengetahui Luas Makam

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu mengetahui luas makam dari perusahaan yang menawarkan. Pada umumnya, setiap makam memiliki luas dan tipe beragam, mulai dari single hingga family. Jika Anda membutuhkan makam untuk keluarga, maka pilihlah yang memiliki luas lebih besar.

Dalam memilih luas lahan, Anda juga perlu menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Karena lahan tipe family memiliki luas beragam dengan kapasitas 6 hingga 7 orang.
Jika keluarga Anda lebih dari 7 orang, maka Anda bisa membeli 2 lahan tipe family yang lokasinya berdekatan.

2. Memilih Lokasi Strategis

Tidak hanya mempertimbangkan luas makam, namun untuk menentukan lahan makam, Anda juga harus pintar memilih lokasi yang strategis. Artinya lokasi yang Anda pilih tidak jauh dari tempat tinggal Anda dan mudah Anda tempuh.

Pemilihan lokasi yang strategis akan membuat Anda menjadi mudah saat ingin berkunjung atau berziarah makam. Tidak hanya itu, lokasi yang dekat, akan membuat Anda lebih sering berziarah tanpa menunggu waktu yang lama.

Jika Anda terbiasa mengendarai kendaraan roda empat, sebaiknya pilih lokasi yang bisa Anda akses menggunakan mobil, hal ini untuk mempermudah Anda dalam mengunjungi makam.

3. Menentukan Lokasi yang Sesuai dengan Agama

Pada umumnya, tempat pemakaman keluarga memiliki karakter agama masing-masing. Contohnya konsep makam dari Feng Shui yang mengangkat keyakinan Tionghoa, pemakaman konsep Kristiani, dan pemakaman konsep agama Islam.

Oleh sebab itu, untuk menentukan lahan pemakaman, Anda harus memahami karakter tempat pemakaman tersebut. Meskipun banyak makam yang memiliki konsep campuran dari berbagai agama, namun sebaiknya pilih sesuai agama, karena bisa saja pihak penyedia makam tidak memiliki akomodir lengkap terkait agama Anda.

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan, terutama untuk agama Islam yang memiliki banyak ketentuan dalam proses pemakaman. Seperti proses pemandian sesuai syariat, posisi kubur menghadap kiblat, dan lain sebagainya. Jika Anda memilih tempat makam umum, maka bisa jadi pelayanan tidak sesuai syariat Islam.

4. Pertimbangkan Biaya Makam

Mengetahui biaya pemakaman keluarga juga menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui dalam pemilihan lokasi lahan. Pada umumnya, lokasi strategis dan nyaman akan membutuhkan biaya lebih besar terutama jika terdapat pelayanan yang baik dan memuaskan untuk para pengguna makam.

Namun hal yang perlu Anda perhatikan yaitu harga mahal belum tentu bisa memberikan pelayanan atau fasilitas yang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati dan mencari berbagai promo yang ditawarkan untuk menghemat pengeluaran. Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk harga peti jenazah untuk menyesuaikan budget.

5. Pilih Makam yang Bebas Biaya Sewa dan Biaya Perawatan Harian

Sebelum membeli lahan pemakaman untuk keluarga, Anda perlu mempertimbangkan biaya sewa dan biaya perawatan harian. Pastikan jangan memilih lokasi yang mengharuskan Anda untuk membayar sewa tahunan, karena jika terlambat akan menumpuk. Pilih makam bersertifikat dengan biaya perawatan sepanjang masa.

6. Lakukan Survey Lokasi Lahan Makam

Jika Anda ingin membeli sesuatu, tentu lebih baik melihat produk yang akan dibeli, tidak hanya melihat dalam bentuk gambar saja. Sama halnya seperti membeli lahan makam, sebaiknya Anda melakukan kunjungan atau survey ke lokasi tersebut.

Beberapa tempat memang menyediakan toko online agar pembeli bisa melakukan pemesanan secara online, tetapi informasi tentu akan lebih lengkap jika dijelaskan langsung di lokasi sembari melihat lahan yang ingin Anda beli.

Saat melakukan survey, Anda juga memiliki kesempatan untuk menanyakan banyak hal seperti harga, akses lokasi, ukuran makam, arah mata angin, dan lain sebagainya. Pastikan sebelum melakukan survey, Anda membuat janji temu terlebih dahulu dengan petugas marketing.

Anda juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau kerabat yang sudah berpengalaman membeli lahan pemakaman. Hal itu perlu Anda lakukan untuk lebih mengetahui tata cara pembelian sehingga tidak melakukan kesalahan.

Saat survey lokasi, Anda juga perlu mengambil foto-foto lahan yang menjadi pilihan, kemudian diskusikan bersama keluarga untuk menentukan lahan mana yang akan dibeli.

Hukum Membeli Lahan Pemakaman

Setelah mengetahui apa saja tips pemilihan lahan makam, Anda juga perlu mengetahui bagaimana hukum membeli lahan untuk keluarga yang belum meninggal, terutama bagi Anda yang beragama Islam.

Pada dasarnya, pembelian makam untuk orang yang belum meninggal hukumnya adalah dikembalikan sesuai dengan niatnya. Jika tujuannya hanya untuk memisahkan makam keluarga dari pemakaman umum, maka hal ini tidak berjalan sesuai syariat.

Namun jika tujuannya yaitu agar jenazah bisa mendapatkan doa dari orang lain yang berkunjung, maka hal itu boleh saja Anda lakukan. Tujuan baik yang lainnya yaitu jika Anda membeli lahan makam karena ingin menyiapkan pemakaman yang baik untuk keluarga. Hal ini bisa Anda lakukan jika pemakaman umum sudah tidak layak.

Bagi Anda yang beragama Islam, jika ingin tetap menyesuaikan syariat, maka jangan bercampur dengan makam agama lain. Tidak hanya hukum membeli lahan pemakaman, sebaiknya Anda juga mempelajari berbagai tata cara menguburkan jenazah untuk memastikan jasa penyedia makam sudah memberikan pelayanan yang tepat.

Sudah Mengerti Tips Menemukan Lahan Pemakaman untuk Keluarga?

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan jika ingin membeli lahan untuk pemakaman keluarga. Pastikan membeli di tempat terpercaya seperti kamboja yang akan memberikan pelayanan terbaik untuk makam Anda beserta keluarga.

Semoga bermanfaat

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman