Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah untuk warganya adalah layanan ambulance yang bisa masyarakat gunakan secara gratis. Layanan ini sendiri pada dasarnya juga bisa Anda gunakan dalam kondisi gawat darurat.

Salah satu daerah yang sudah memberikan layanan ini adalah DKI Jakarta. Nantinya, hanya dengan menunjukan KTP yang berdomisili di Jakarta, maka para warga sudah bisa menggunakan ambulance secara gratis.

Layanan Ambulance Gratis

Pemberian layanan ini benar-benar membantu, terutama dalam kondisi mendesak. Pelayanan ambulance gratis ini sendiri sesuai dengan peraturan pemerintah, dalam praktiknya, penggunaan layanan ini bisa untuk:

  • Pemindahan pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan ataupun sebaliknya.
  • Pengantaran korban dari TKP (Tempat Kejadian Perkara) ke fasilitas kesehatan.
  • Membawa kebutuhan antar fasilitas kesehatan.

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Ini?

Bagi Anda yang membutuhkan layanan ambulance gratis ini, cara memesannya pun cukup mudah. Berikut adalah cara yang Anda perlukan:

  • Hubungi nomor 112 atau 119.
  • Jelaskan kepada petugas tentang kondisi darurat yang Anda hadapi.
  • Berikan alamat lengkap tentang posisi pasien berada.
  • Laporan yang Anda buat akan masuk ke tim AGD Dinas Kesehatan.
  • Setelah membuat laporan, tunggu hingga bantuan tiba.
  • Siapkan dokumen kependudukan, KTP, atau KK. Dokumen ini nantinya akan Anda gunakan sebagai bukti jika Anda adalah warga DKI Jakarta.

Itu adalah langkah yang perlu Anda lakukan ketika akan menggunakan layanan ambulance gratis. Jika masih ada pertanyaan, maka Anda bisa menghubungi call center SIJAKA di 082-111-999-812.

Penggunaan Ambulance untuk Kondisi Gawat Darurat

Penggunaan ambulans sendiri tentu saja tidak bisa sembarangan. Layanan ambulance ini hanya bisa digunakan dalam kondisi gawat darurat. Berikut adalah contoh kondisi gawat darurat yang membutuhkan ambulance:

  • Pasien membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin.
  • Mengalami patah tulang atau lumpuh, dalam hal ini pasien tidak bisa menggerakan anggota tubuhnya.
  • Pasien mengalami penurunan kesadaran.

Bagaimana Penggunaannya untuk Warga Non Jakarta?

Pertanyaan yang banyak orang tanyakan adalah apakah pelayanan ambulance ini bisa digunakan oleh warga non Jakarta atau yang tidak memiliki KTP Jakarta? Jawabannya adalah bisa.

Hanya saja, untuk warga non Jakarta atau yang tidak memiliki KTP Jakarta tidak bisa menggunakan layanan gratis. Jika ingin menggunakan layanan dari Pemprov DKI ini maka harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Layanan Ambulance Gratis Lainnya

Selain yang dibuat oleh Pemprov DKI, adakah layanan ambulance lainnya yang bisa digunakan dengan gratis? Jawabannya adalah ada. Salah satu lembaga yang memiliki layanan ini adalah Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI merupakan salah satu lembaga yang memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan di bidang sosial kemanusiaan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu penderita kecelakaan, kebutuhan kesehatan yang darurat, dan juga evakuasi ke fasilitas kesehatan yang ada.

Tim ambulance PMI ini juga sudah sesuai dengan standar yang tertulis dalam buku Panduan Ambulans PMI. Beberapa kriteria standar tersebut antara lain:

  • Memiliki kelengkapan persyaratan sertifikasi Pertolongan Pertama minimal 40 jam.
  • Mampu melakukan tindakan pertolongan pertama.
  • Memiliki latar belakang medis, khusus untuk dokter, perawat, dan paramedis.
  • Telah bergabung dengan PMI Cabang setempat minimal selama satu tahun.
  • Paham tentang PMI.

Jenis-Jenis Ambulance

Pada penggunaanya, ambulance di Indonesia sendiri terbagi ke dalam 3 jenis. Hal ini yang mungkin belum banyak disadari oleh masyarakat umum. Masih banyak yang mengira jika semua mobil ambulance sama, baik spesifikasi maupun fasilitas di dalamnya.

Jika merunut pada aturan Kementerian Kesehatan, maka jenis mobil ambulance ini dibedakan berdasarkan fungsi. Hal ini juga akan membuat perbedaan pada peralatan yang ada di dalam layanan ambulance tersebut.

Jika merujuk pada fungsinya, setidaknya ada tiga fungsi utama dari penggunaan ambulance, yaitu:

  • Pengangkutan pasien gawat darurat ke rumah sakit ataupun antar fasilitas kesehatan.
  • Membawa korban gawat darurat dari suatu TKP ke rumah sakit.
  • Kendaraan yang penggunaannya untuk transportasi rujukan.

Sementara itu, berikut adalah tiga jenis ambulance yang digunakan saat ini:

1. Ambulance Transport

Ini adalah jenis ambulance paling standar dan termasuk ke dalam jenis ambulance darat. Layanan ambulance ini juga tidak dilengkapi dengan alat bantuan untuk hidup atau life support.

Fungsi utama dari jenis ambulance ini adalah mengantar pasien dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan pengobatan.

Pada kondisi tertentu, ambulance ini juga bisa berjenis fly car, response unit, atau quick response vehicle. Nantinya, petugas ambulance tersebut akan melakukan pengamanan di lokasi dan tidak membawa pasien dengan kendaraan tersebut.

Ini merupakan jenis ambulance yang banyak digunakan oleh yayasan atau lembaga untuk membantu masyarakat. Biasanya jenis kendaraan yang digunakan adalah mobil van atau mobil yang telah dimodifikasi agar bisa membawa pasien.

2. Ambulance Gawat Darurat

Jenis lainnya adalah layanan ambulance gawat darurat. Ini merupakan mobil ambulance yang di dalamnya sudah tersedia berbagai alat pertolongan untuk life support, life saving, ataupun bantuan yang bermanfaat lainnya.

Jenis mobil ambulance ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian layanan darurat atau emergency medical service. Kru yang ada di dalamnya juga merupakan orang terlatih dengan keahlian khusus, seperti:

  • Petugas ambulance yang sudah mendapatkan dan memiliki kemampuan life saving.
  • Pengemudi yang sudah mendapatkan pengetahuan basic life support dan pelatihan untuk mengemudi dengan aman.
  • Di dalam ambulance ini juga tersedia perawat yang sudah siap untuk melakukan tindakan medis yang sesuai prosedur. Pada penggunaannya, ambulance gawat darurat ini juga terdapat dua perbedaan, yaitu ambulance gawat darurat general dan ambulan gawat darurat khusus.

Pada jenis mobil ambulance gawat darurat khusus, maka di dalam mobil tersebut juga sudah memiliki peralatan medis khusus. Perlengkapan ini akan menyesuaikan dengan kondisi atau layanan untuk penyakit tertentu.

3. Kereta Jenazah

Kereta jenazah adalah jenis layanan mobil ambulance lainnya. Fungsi utama dari jenis layanan ini adalah untuk mengangkut jenazah sampai dengan melakukan proteksi pemakaman.

Pada penggunaanya juga, mobil ambulance untuk kebutuhan ini bisa berupa jenis mobil apa saja. Jika menurut aturan Kementerian Kesehatan, maka jenis kendaraan yang difungsikan sebagai kereta jenazah bisa menyesuaikan dengan kondisi daerah.

Supaya beda dengan jenis ambulance lainnya, maka biasanya jenis ambulance satu ini menggunakan mobil berwarna hitam. Selain itu, di dalam ambulance ini juga terdapat pengunci keranda yang bertujuan untuk menjaga keranda tetap stabil.

Pernah Menggunakan Layanan Ambulance Gratis?

Beberapa daerah di Indonesia juga sebenarnya sudah memiliki layanan ambulance gratis. Pelayanan ambulance gratis bisa disediakan baik dari pemerintah daerah setempat, lembaga swasta, maupun lembaga non profit lainnya.

Ketentuan tentang pelayanan ambulance ini memang berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya. Namun pada akhirnya, pelayanan ambulance gratis ini memang sangat membantu masyarakat umum dan setempat, terutama saat mengalami kondisi gawat darurat.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman