Setiap memperingati Hari Pahlawan Nasional, Taman Makam Pahlawan tidak akan sepi oleh peziarah. Banyak diantaranya mengadakan berbagai acara untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Tak hanya upacara saja, acara tabur bunga juga seringkali menjadi rutinitas pada hari-hari tertentu.

Namun, tahukah Anda siapa saja yang berhak dimakamkan di taman makam pahlawan? Lalu, daerah mana saja yang memiliki tempat makam pahlawan? Baca penjelasan berikut.

Apa itu Taman Makam Pahlawan?

Taman Makam Pahlawan (TMP) adalah suatu tempat pemakaman yang didedikasikan khusus untuk para pahlawan atau tokoh-tokoh yang dianggap memiliki jasa besar dalam sejarah, kemerdekaan, atau pembangunan suatu negara.

TMP biasanya merupakan tempat yang dihormati dan dijaga dengan baik, sering kali menjadi tujuan wisata sejarah, dan menjadi simbol penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

Di Indonesia, Taman Makam Pahlawan (TMP) adalah tempat pemakaman yang diresmikan oleh pemerintah untuk menghormati dan memperingati para pejuang dan pahlawan kemerdekaan yang gugur dalam perjuangan melawan penjajah, baik dalam perang kemerdekaan maupun konflik-konflik lainnya.

TMP sering kali menjadi tempat ziarah dan upacara peringatan yang diadakan pada tanggal-tanggal bersejarah, seperti Hari Pahlawan.

TMP biasanya dilengkapi dengan monumen atau tugu peringatan yang mengenang para pahlawan, serta makam mereka yang sering dihiasi dengan bendera, karangan bunga, dan tanda penghormatan lainnya.

Tempat ini memiliki nilai historis dan simbolis yang penting dalam budaya dan sejarah suatu bangsa, dan sering kali menjadi pusat kebanggaan nasional.

Syarat Pemakaman di Taman Makam Pahlawan

Tak hanya pahlawan saja yang diperbolehkan untuk dimakamkan di TMP, orang-orang yang telah berjasa terhadap bangsa dan negara dengan syarat khusus yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2010 juga boleh. Berikut beberapa syaratnya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bergelar Pahlawan Nasional.
  • WNI yang memiliki Tanda Kehormatan Bintang Republik.
  • WNI yang memiliki Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera.
  • Prajurit TNI, Polri, Purnawirawan, Wredatama, dan PNS.
  • Warga Negara yang gugur dalam pertempuran pada daerah operasi melawan musuh negara.

7 Taman Makam Pahlawan Indonesia

TMP di Indonesia memiliki beberapa titik lokasi. Umumnya, hampir di semua pulau yang ada, meliputi Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan memiliki beberapa TMP. Berikut merupakan 7 TMP yang tersebar di Indonesia:

1. TMP Sepuluh November

Pertama adalah TMP Sepuluh November. Taman makam ini berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono No.190, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur. Tak seperti taman makam lainnya yang memiliki kesan mistis, taman makam ini justru memiliki gedung perpustakaan di dalamnya.

Tak hanya gedung perpustakaan, dalam kompleks pemakaman ini juga terdapat museum, taman bunga, dan prasasti-prasasti yang berisi dengan nama tokoh yang bersemayam pada tempat makam tersebut. Jadi, Anda dapat berziarah dan juga belajar mempelajari sejarah sekaligus.

Suasana yang ada pun juga sangat tenang dan sejuk karena banyaknya pohon di sekelilingnya. Berikut merupakan beberapa pahlawan yang disemayamkan di TMP Sepuluh November:

  • Bung Tomo
  • Wage Rudolf Supratman
  • Dr. Soetomo
  • K.H Mas Mansoer

2. TMP Giri Tunggal Semarang

Selanjutnya adalah taman makam yang berada di Semarang, Jawa Tengah dengan nama TMP Giri Tunggal. Giri Tunggal memiliki arti gunung tunggal yang bermakna kesatuan dan kebersamaan dalam perjuangan.

Dalam Taman Makam Pahlawan ini terdapat monumen perjuangan yang menggambarkan semangat juang para pahlawan. Monumen ini ada untuk mengenang jasa pahlawan. Jika ingin mengunjunginya, Anda tak perlu kebingungan karena letaknya sangat strategis, yaitu di pusat Kota Semarang.

Adapun pahlawan yang dimakamkan di sini, antara lain:

  • Mgr. A. Soegijapranata.
  • Tjipto Mangoen Koen Koesoemo.
  • Jenderal Gatot Subroto.

3. TMP Kalibata

Taman makam ini merupakan gagasan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Lokasinya di Jalan Raya Kalibata No.14, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Pada bagian atas setiap pemakaman, Anda akan melihat pemandangan helm. Helm tersebut apabila Anda angkat akan ada bola lampunya.

Lampu tersebut akan menyala saat malam 17 Agustus pukul 12.00 saat upacara. Selain itu, seperti pada umumnya TMP, Kalibata juga mempunyai tembok yang berisi profil singkat kehidupan pahlawan yang gugur dalam perjuangan. Beberapa tokoh yang dimakamkan di sini adalah sebagai berikut:

  • K.H Agus Salim.
  • Ir. H. Djuanda Kartawijaya.
  • B. J. Habibie.
  • Marsekal Muda TNI Halim Perdanakusuma.
  • Sayuti Melik.
  • B. M. Diah.

4. TMP Kusuma Negara

Kompleks pemakaman yang berada di Jalan Kusumanegara, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi tempat peristirahatan terakhir para pahlawan, pejabat penting, dan anggota militer yang telah gugur.

Taman makam ini lokasinya dekat dengan dengan Kampung Wisata Kerajinan Batik Jumputan, Ecoprint, dan Sibori. TMP Kusuma Negara juga terbuka untuk umum, mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Setelah berziarah, Anda pun dapat berwisata di kampung wisata.

Berikut beberapa pahlawan yang dimakamkan di sin:

  • Jenderal Besar TNI Anumerta Raden Soedirman.
  • Brigjen TNI Anumerta Katamso Darmokusumo,
  • Letjen TNI Oerip Soemohardjo.

5. TMP Bukit Barisan

Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Pasar Merah Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Taman makam ini memiliki luas mencapai 7,8 hektare.

Kompleks pemakaman ini memiliki 2 bagian, yaitu Taman Bahagia dan Makam Pahlawan. Keduanya sama-sama tempat pemakaman, perbedaannya Makam Pahlawan untuk memakamkan mereka yang bergelar Bintang Gerilya dan wafat setelah pensiun.

Sedangkan Taman Bahagia merupakan tempat pemakaman untuk mereka yang bergelar Bintang Nararya dan gugur saat sedang menjalankan tugasnya. Tokoh pahlawan yang dimakamkan di sini, yaitu:

  • Brigjen TNI Abdul Manaf Lubis, Pangdam I Bukit Barisan.
  • Mayjen TNI (Purn) Marah Halim Harahap, Gubernur Sumatera Utara.
  • Mananti Sitompul, Menteri Pekerjaan Umum dan Perhubungan pada Kabinet Halim.

6. TMP Tanjung Karang

Keenam, yaitu TMP Tanjung Karang yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Bandar Lampung. Taman makam ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan dulunya telah diresmikan oleh Presiden pertama, Soekarno pada tahun 1948.

Adapun tokoh-tokoh yang menggunakan peristirahatan terakhir ini antara lain:

  • Abdoel Moeloek, pelopor Kesehatan Indonesia.
  • Raden Muhammad Mangundiprojo, mantan kepala Residen Lampung.
  • Samaun Bakri.
  • Mr. Gele Harun.

7. TMP Cikutra

Terakhir adalah TMP yang ada di Bandung. TMP Cikutra sudah dibangun sejak tahun 1958. Ciri khasnya adalah pada monumen “Esa Hilang Dua Terbilang”. Nah, berikut adalah beberapa makam pahlawan yang ada di Cikutra:

  • Abdul Muis.
  • Kolonel Udara Sulaiman.
  • Ernest Douwes Dekker.
  • Kolonel Alex Evert Kawilarang.

Sudah Tahu Apa Saja Taman Makam Pahlawan di Indonesia?

Itu beberapa TMP yang tersebar di Indonesia. Kedukaan memang hal yang pasti dan tidak bisa dihindari oleh semua makhluk hidup. Jika membutuhkan jasa pemakaman, Anda bisa menggunakan Kamboja. Kamboja merupakan jasa pelayanan kedukaan yang menawarkan solusi pengurusan pemakaman terjangkau dan terpercaya.

Kamboja menyediakan berbagai pelayanan lengkap mulai dari pengurusan jenazah, transport, peti, batu nisan, tempat pemakaman, hingga perawatan pemakaman. Tidak hanya itu, Kamboja juga menyediakan paket sesuai dengan keyakinan. Kini memberikan penghormatan terakhir akan lebih mudah bersama Kamboja.

Anda bisa menghubungi kontak Kamboja untuk berdiskusi dengan salah satu tim Kamboja dan dapatkan informasi penting lainnya.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0