Orang yang meninggal sudah seharusnya dikubur secara layak sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Orang yang meninggal tidak akan membawa hartanya, mereka hanya akan dikubur dengan memakai kain kafan dalam sebuah liang kubur. Tetapi ketika sudah meninggal dan membutuhkan ketenangan di alam kubur, mereka masih harus mengeluarkan biaya rutin, yaitu untuk membayar retribusi makam.

Sesuai dengan tradisi masyarakat, maka orang yang sudah meninggal menjadi kewajiban anggota keluarganya untuk mengurus semua biaya pemakaman keluarga yang telah meninggal. Termasuk juga biaya pemakaman dan sewa makam. Mungkin banyak orang yang mengeluh, beban biaya pemakaman bagi orang yang sudah meninggal.

Di artikel ini kita akan membahas kisaran biaya perawatan makam yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan, terlebih dahulu kita akan membahas beberapa jenis pemakaman yang ada di Indonesia.

Jenis Pemakaman

Di Indonesia, hingga saat ini masih terdapat dua jenis pemakaman yaitu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah daerah, dan pemakaman mewah dari pihak swasta.

Perbedaan kedua jenis pemakaman tersebut tentunya berbeda pada bagian harga dan iuran yang harus Anda berikan kepada pihak pemerintah daerah atau pihak pengelola swasta.

Pada umumnya, tempat pemakaman mewah oleh swasta rata-rata membutuhkan biaya yang relatif mahal sesuai dengan kualitas perawatannya yang lebih baik daripada TPU.

Beberapa contoh pemakaman swasta yang populer di Indonesia antara lain yaitu Al-Azhar Memorial Garden dan San Diego Hills.

Aturan Biaya Pemakaman Umum

Berdasarkan Perda DKI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Retribusi Daerah, biaya pengurusan makam umum untuk wilayah Jakarta maksimal yaitu Rp275.000,00.

Biaya perawatan makam tersebut meliputi sewa lahan selama 3 tahun dengan kisaran harga maksimal Rp100.000,00, biaya sewa ambulan Rp100.000,00, hingga perawatan jenazah sebesar Rp75.000,00.

Sewa lahan untuk makam biasanya akan terbagi sesuai dengan kategori blok dalam jangka waktu 3 tahun. Kemudian jika Anda ingin memperpanjang sewa, maka membutuhkan biaya sebesar 50% dari tarif retribusi awal. Jika Anda tidak membayar biaya perpanjangan, maka tanah tersebut bisa menjadi makam untuk jenazah baru.

Aturan Biaya Pemakaman Swasta

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa pemakaman swasta pasti tarifnya lebih mahal. Karena, pengelola tidak hanya menyediakan lahan untuk kuburan saja, melainkan penataan dengan konsep taman asri yang bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung atau keluarga. Selain itu juga terdapat fasilitas keamanan selama 24 jam.

Untuk kisaran biaya makam swasta sebagai gambaran misalnya pada makam San Diego Hills. Harga atau biaya yang mereka patok yakni mulai dari Rp115.412.000 untuk kategori single burial dan harga Rp8.257.000,00 untuk 1 kavling yang memuat 18 slot makam.

Kemudian untuk pemakaman Al-Azhar Memorial Garden, kisaran harganya sekitar Rp21.903.750 untuk kategori single, dan harga Rp199.224.500 untuk kategori family yang bisa Anda gunakan untuk tempat peristirahatan terakhir keluarga.

Kisaran Biaya Pemakaman di Jakarta

Biaya paling tinggi yaitu untuk tipe makam blok AA I yaitu sebesar Rp100.000,00 untuk jangka waktu selama 3 tahun. Kemudian untuk blok AA II sebesar Rp80.000,00, lalu ada blok A II Rp40.000,00 hingga Rp60.000,00.

Selain itu, untuk penggunaan kendaraan jenazah dan perlengkapannya berbeda antara dalam kota dan luar kota. Dalam kota membutuhkan biaya Rp100.000,00 dalam sekali pakai, sedangkan untuk luar kota Rp1.500,00 per kilometer.

Tata Cara Mengurus Pemakaman Agar Terhindar dari Calo

Pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah menerapkan sistem online untuk masyarakat yang ingin mengurus perizinan penggunaan tanah makam. Agar Anda tetap terhindar dari calo, maka sebaiknya pahami prosedur dan tata cara pengurusan makam secara online sebagai berikut:

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan sebelum mengurus biaya perawatan makam antara lain :

  • KTP dan KK ahli waris atau pemohon, dan KTP almarhum.
  • Surat pengantar dari kelurahan.
  • Surat pemeriksaan jenazah yang bisa Anda dapatkan dari puskesmas atau rumah sakit.
  • Surat keterangan kematian dari kantor kelurahan.

2. Mendatangi Kantor Tempat Pemakaman Umum (TPU)

Jika Anda sudah menyiapkan semua dokumen dengan lengkap, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor TPU untuk memilih lahan makam.
Anda tidak perlu khawatir karena akan ada petugas yang mengantar dan mengarahkan. Lalu, Anda sebagai ahli waris atau pihak keluarga akan mendapatkan surat pengantar ke PTSP kelurahan.

3. Mendatangi PTSP Kelurahan

Setelah ke kantor TPU, langkah selanjutnya yaitu mendatangi PTSP Kelurahan supaya Anda memperoleh Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) sesuai dengan Blok Petak Makam yang sudah Anda pilih. Lakukan registrasi dan verifikasi melalui sistem TPU secara online di PTSP Kelurahan tersebut.

4. Pembayaran Retribusi di Bank

Untuk mengurus biaya perawatan makam, Anda harus melakukan pembayaran retribusi terlebih dahulu melalui bank. Anda akan mendapatkan nomor validasi yang bisa Anda serahkan kembali kepada pihak PTSP untuk memperoleh IPTM yang akan berlaku selama tiga tahun dan bisa Anda perpanjang sesuai keinginan.

5. Mendatangi Tempat Pemakaman Umum Terdekat

Setelah Anda berhasil menyelesaikan administrasi pembayaran dan melengkapi semua dokumen persyaratan. Anda bisa langsung datang menuju TPU terdekat untuk mendapatkan pelayanan jasa penguburan jenazah lengkap beserta fasilitas seperti sound system, tenda, kursi, dan jasa gali tutup.

Jasa Pemakaman Terpercaya

Tidak hanya dalam urusan dunia saja, bahkan orang yang sudah meninggal juga layak untuk mendapatkan perawatan makam yang terbaik. Anda sebagai ahli waris atau keluarga dari almarhum yang meninggal dunia, seharusnya bisa memilih jasa terpercaya dengan biaya pemakaman yang tetap terjangkau.

Perawatan pada makam orang meninggal bertujuan agar makam keluarga atau kerabat yang sudah berpulang duluan tetap terurus dengan baik. Selain itu, pemilihan biaya jasa pemakaman yang terjangkau bertujuan agar ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan tidak terbebani dengan anggaran yang memberatkan mereka.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jasa pemakaman dengan biaya perawatan makam yang terjangkau antara lain :

  • Transportasi jenazah.
  • Fasilitas untuk melakukan perawatan terhadap jenazah.
  • Rumah duka yang nyaman.
  • Tempat pemakaman umum (TPU) yang layak.
  • Uang santunan untuk keluarga.
  • Transportasi untuk keluarga jenazah.
  • Konsumsi di hari duka.
  • Dokumentasi foto saat proses pemakaman berlangsung.
  • Dekorasi rumah duka atau papan bunga yang tersedia.
  • Peralatan makam seperti peti jenazah, guci abu, atau batu nisan.
  • Kebutuhan lain untuk para pelayat seperti pemuka agama, perlengkapan ritual, dan lain-lain.
  • Buku kenangan atau buku yasin.
  • Fasilitas pengurusan surat-surat seperti akta kematian dan surat keterangan meninggal.
  • Pemeliharaan makam dalam jangka waktu tertentu.

Selain memperhatikan hal tersebut, Anda juga bisa memilih jasa perawatan makam yang menyediakan fitur surat wasiat yang bisa Anda tulis sebelum meninggal. Kemudian fitur wishlist untuk mempersiapkan segala kebutuhan pemakaman Anda kelak.

Lalu, pilihlah jasa yang bisa menjamin perlindungan keluarga dengan mendaftarkan keluarga Anda pada jasa tersebut baik anak maupun anggota keluarga lain. Tujuannya, agar saat meninggal sudah mendapatkan pengurusan dan perawatan jenazah yang layak dan terbaik.

Kamboja adalah salah satu jasa yang menyediakan proteksi pemakaman terpercaya di indonesia. Kamboja menyediakan layanan perencanaan, penyelenggara dan pendanaan pengurusan pemakaman bagi setiap anggota keluarga.

Tim profesional Kamboja siaga 24/7 dalam menerima laporan atas kematian, pengurusan hingga pengaturan pemakaman anda kelak.

Segala sesuatu kebutuhan mengenai pemakaman anda akan didiskusikan sebelumnya bersama keluarga & ahli waris untuk memastikan segalanya akan berjalan lancar sesuai keinginan anda.
Anda dapat menghubungi kontak Kamboja untuk melakukan berbagai diskusi terlebih dahulu.

Sudahkah Anda Mengetahui Biaya Perawatan Makam?

Demikian ulasan mengenai kisaran biaya perawatan makam yang umum di wilayah Jabodetabek. Kemudian untuk wilayah luar Jabodetabek, tentu tidak jauh berbeda, sehingga Anda juga bisa menyesuaikan dan mempersiapkannya dari sekarang.

Pastikan untuk menghindari proses ilegal yang meminta biaya perawatan makam dengan harga yang tidak sesuai. Oleh sebab itu, sebelum membayar, Anda harus mempelajari terlebih dahulu ketentuan resmi dari pemerintah mengenai biaya retribusi agar tidak menjadi korban oknum yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Lainnya

Jasa Cargo Jenazah: Definisi, Persyaratan, dan Cara Memilihnya

Cara Mengurus dan Klaim Asuransi Kematian yang Benar

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman