Harga tanah pemakaman di Indonesia banyak dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat. Hal itu tidak lain karena di beberapa daerah biaya pengurusan pemakaman cenderung tinggi. Terlebih lagi apabila orang tersebut menggunakan calo maka harganya jauh lebih tinggi bahkan hingga jutaan.

Tak hanya itu, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang harus mengeluarkan biaya pemakaman hingga belasan juta khususnya bagi mereka yang menggunakan pemakaman secara adat dengan beragam upacara pemakaman.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Oleh Pihak Keluarga

Seseorang yang telah meninggal, tentunya akan memberikan beban lainnya kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Hal itu tidak lain karena biasanya pihak keluarga yang ditinggalkan akan mengeluarkan beberapa biaya sebagai biaya proses pemakaman biaya catering dan lainnya. Tidak heran biaya pemakaman tersebut cukup tinggi.

Tak hanya itu saja masih ada biaya lainnya yang harus anda keluarkan selama proses pemakaman? Seperti rincian biaya di bawah ini yang mungkin akan Anda keluarkan.

1. Rangkaian Upacara

Di beberapa daerah di Indonesia, tidak heran Apabila Anda akan menemukan biaya pengurusan pemakaman dengan harga selangit. Hal itu tidak lain karena adanya Upacara pemakaman adat dengan proses yang panjang.

Salah satu yang bisa anda temukan adalah upacara Ngaben di Bali. Jika dilihat, upacara ngaben ini memiliki proses yang tidak singkat dan tidak sederhana seperti yang ada di bayangan anda. Pasalnya ternyata perlengkapan dan peralatan yang digunakan untuk menggelar upacara ngaben tidaklah murah.

Rangkaian upacara dengan proses yang tidak sederhana inilah yang biasanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya banyak.

2. Harga Tanah Kuburan

Hal berikutnya yang harus anda ketahui adalah harga tanah kuburan itu sendiri. Seperti pengurusan pemakaman yang ada di Jakarta dimana seseorang harus menyewa tanah kuburan per 3 tahun dengan biaya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan.

3. Biaya transport jenazah

Selain mempertimbangkan biaya sewa tanah kuburan dan rumah duka, Anda juga harus mempertimbangkan biaya transport jenazah. Bagi yang tidak tinggal di dekat pemakaman, tentu akan membutuhkan transportasi untuk mengantarkan jenazah.

Transportasi Untuk mengantarkan jenazah ini memiliki harga yang berbeda-beda dan biasanya biaya transport jenazah untuk luar kota memiliki harga yang jauh lebih mahal.

4. Biaya sewa peti

Sebelum mempertimbangkan biaya selama proses pemakaman, anda biasanya juga akan memikirkan biaya untuk sewa peti jenazah. Jangan salah ternyata biaya sewa peti jenazah ini tidaklah murah bahkan bisa mencapai hingga puluhan juta.

Biaya tersebut bahkan hampir sama dengan biaya sewa kursi pelaminan. Bahkan tidak sedikit pula seseorang yang menyewa jasa sewa merias jenazah. Jasa sewa rias jenazah juga tergolong mahal karena sedikitnya orang yang menyediakan jasa ini.

5. Biaya Catering

Masih ada biaya lainnya yang harus anda keluarkan yaitu biaya catering. Biasanya pihak yang ditinggalkan oleh seseorang yang telah meninggal akan mengadakan beberapa acara seperti menggelar doa.

Dan disinilah biasanya mereka harus memberikan jamuan kepada para tamu yang hadir. Semakin banyak tamu yang akan anda undang, biaya catering yang akan anda keluarkan juga akan semakin tinggi.

Dengan banyaknya biaya yang harus anda keluarkan di atas? Maka anda harus menyiapkan dana dalam jumlah yang banyak sehingga ketika ada anggota keluarga yang meninggal, Maka anda bisa mempersiapkan dana.

Proteksi Pemakaman Sebagai Jawabannya


Agar anda tidak khawatir dan dapat merasa tenang, dalah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menabung di proteksi pemakaman. Dengan mendaftar sebagai nasabah Kamboja Anda bisa mengurusi biaya pemakaman. Mengingat biaya pemakaman di Indonesia tidaklah murah.

Seperti pengurusan pemakaman Jakarta dimana tidak hanya mengeluarkan biaya sewa tanah kuburan tetapi ada juga akan mengeluarkan biaya sewa tenda, catering dan lainnya. Saat ini sudah tidak sulit lagi untuk menemukan proteksi pemakaman di Jakarta yang akan membantu anda untuk meringankan biaya pemakaman seperti biaya pemakaman Jakarta.

Dengan menjadi nasabah proteksi pemakaman ini, Anda bisa mempersiapkan dana jika suatu waktu ada anggota keluarga yang meninggal. Salah satu perusahaan yang menawarkan proteksi pemakaman adalah kamboja.co.id.

Kamboja.co.id merupakan proteksi pemakaman pertama yang ada di Indonesia yang bisa anda manfaatkan untuk membantu anda dalam meringankan dana proses pemakaman. Inilah Kenapa pentingnya untuk memiliki proteksi pemakaman.

Selain itu proteksi ini juga akan membantu anda dalam mengurusi alokasi biaya seperti biaya pemakaman, biaya transport jenazah, biaya catering hingga biaya cetak buku kenangan. Lantas Kapankah Anda membutuhkan proteksi pemakaman ini?

Sebenarnya, Kapankah Anda harus memiliki proteksi pemakaman? Jawabannya adalah apabila anda telah memiliki tanggungan dalam hidup. Hal ini diterangkan karena, Anda bisa memberikan tanggung jawab terhadap pihak keluarga yang ditinggalkan terutama dalam hal financial.

Kendati demikian, tidak jarang orang-orang yang telah memiliki proteksi pemakaman sebelum mereka berumah tangga. Mendaftar proteksi pemakaman sejak awal tentu jauh lebih menguntungkan karena anda bisa mempersiapkan dana untuk anggota yang ditinggalkan.

Dengan memiliki proteksi pemakaman inilah, Anda bisa mempermudah anggota keluarga yang ditinggalkan untuk mendapatkan dana bersama kamboja.co.id.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman