Setiap orang tua di dunia ini pasti akan mencurahkan kasih sayang dan memberikan segala yang terbaik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya sebagai anak harus berbakti kepada orang tua. Bahkan, ketika orang tua meninggal pun seorang anak masih bisa menunjukkan sikap bakti mereka kepada keduanya.

Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Setiap anak diwajibkan untuk berbakti kepada orang tuanya dan tidak ada alasan apapun yang membolehkan anak untuk durhaka atau melawan orang tua. Bahkan berbakti kepada orang tua menjadi salah satu wujud beramal dengan balasan yang luar biasa.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada manusia yang abadi di dunia ini, begitupun orang tua. Akan ada saatnya di mana orang tua yang sangat kita sayangi akan bertemu Sang Pencipta dan meninggalkan kita semua. Momen seperti ini tentu akan sangat menyayat hati dan meninggalkan luka kesedihan yang mendalam.

Akan tetapi, bukan berarti ketika orang tua sudah meninggal lantas Anda tidak mempunyai kesempatan lagi untuk berbakti kepada mereka. Baik masih hidup atau sudah meninggal, kewajiban sebagai anak agar berbakti kepada orang tua tetap harus dijalankan.

Sering kali banyak orang yang tidak memahami cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Padahal bakti kepada orang tua meninggal itu tetap perlu agar mereka senantiasa diberikan ampunan dan perlindungan oleh Allah. Tidak hanya melalui doa saja, tetapi berbakti dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Dalam satu riwayat, Nabi Muhammad pernah ditanya tentang cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Kemudian beliau pun menjawab:

“Masih ada kebaikan yang dapat dilakukan, yakni mendoakan orang tua, memohonkan ampunan atas dosa-dosa mereka, memenuhi janji mereka, menjalin hubungan silaturahmi dengan kerabat kedua orang tua, dan memuliakan teman-teman mereka.” (H.R. Abu Dawud).

Hadis di atas menjelaskan bahwa kepergian orang tua tidak harus menjadikan lupa untuk senantiasa berbakti kepada mereka. Oleh karena itu, jangan terlalu larut dalam kesedihan ketika orang tua meninggal karena ada cara mengatasi perasaan sedih Anda akibat kehilangan keduanya, yaitu dengan tetap bisa berbakti pada mereka.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ketika orang tua meninggal dan Anda merasa belum bisa mengabdikan diri secara penuh kepada keduanya ketika masih hidup, maka Anda dapat melakukan beberapa cara ini agar tetap bisa berbakti kepada keduanya, antara lain:

1. Senantiasa Mengirimkan Doa untuk Orang Tua

Salah satu bentuk bakti anak kepada orang tua itu adalah dengan mendoakan keduanya, baik ketika masih hidup maupun telah tiada. Doa yang dapat kita panjatkan ketika orang tua telah tiada adalah dengan memohonkan ampunan atas dosa-dosa keduanya.

Selain itu, Anda juga dapat memohon kepada Allah agar orang tua mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya, serta memohon agar Allah memberikan perlindungan pada keduanya.
Meskipun secara raga Anda sudah tidak bisa bertemu dengan orang tua, namun hati akan senantiasa terpaut dengan keduanya karena adanya doa.

2. Menepati Janji atau Melunasi Utang Orang Tua

Bentuk bakti selanjutnya yang dapat Anda lakukan ketika orang tua sudah meninggal yaitu dengan menepati janji atau membayarkan utang keduanya. Ketika orang tua meninggal dalam keadaan masih memiliki utang, maka kewajiban anak adalah melunasinya, sebagai bentuk melapangkan jalan mereka menuju ke akhirat.

Dengan adanya utang atau janji yang belum terbayarkan akan membuat jalan orang tua semakin berat. Oleh sebab itu, ketika Anda tidak mengetahui apakah orang tua Anda mempunyai utang atau tidak, maka segeralah menanyakan kepada orang terdekat atau orang yang merasa memberikan utang dan segeralah melunasinya.

3. Menjaga Tali Silaturahmi dengan Keluarga dan Teman Orang Tua

Sebagai seorang anak yang sudah kehilangan orang tua, menjaga persaudaraan dengan sanak keluarga dan teman orang tua menjadi kewajiban Anda. Menjaga hubungan silaturahmi dengan saudara dan teman orang tua dapat Anda lakukan dengan cara menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah mereka.

Selain itu, Anda juga dapat menunjukkan bentuk perhatian terhadap mereka dengan sering melakukan komunikasi baik secara langsung maupun melalui media sosial. Tetap terjalinnya silaturahmi dengan keluarga dan teman orang tua menjadi salah satu bentuk bakti seorang anak kepada orang tua yang telah meninggal.

4. Bersedekah atau Beramal atas Nama Orangtua

Setiap manusia yang bersedekah adalah bentuk tabungan di akhirat kelak, karena memupuk kebaikan dan mendapatkan pahala. Selain itu, sebagai seorang manusia sudah sepantasnya untuk saling berbuat baik dan memanusiakan antar sesama manusia.

Meskipun orang tua Anda meninggal, akan lebih baik sebagai anak tetap bersedekah mengatasnamakan mereka, sebagai bentuk amal jariyah untuk keduanya. Selain itu, segala bentuk amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang anak, maka orang tua pun juga akan turut mendapatkan pahalanya.

Selain itu, rezeki yang Anda gunakan untuk bersedekah bukan malah berkurang, melainkan akan diganti oleh Allah dengan berlipat ganda. Maka, jangan pernah ragu untuk bersedekah, karena dengan bersedekah dapat memperlancar rezeki dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

5. Senantiasa Menjaga Nama Baik Orang Tua

Bentuk bakti lain yang dapat Anda lakukan ketika orang tua telah tiada adalah dengan tetap menjaga nama baik keduanya. Menjaga citra orang tua menjadi kewajiban seorang anak.
Anda dapat menjaga nama baik orang tua dengan tetap merahasiakan aib, menunjukkan citra yang baik, tidak mengumbar kejelekan keduanya kepada orang lain, dan menghindari timbulnya fitnah pada orang tua yang meninggal. Menjaga nama baik orang tua sama dengan menjaga perasaan mereka.

6. Berziarah ke Makam Orang Tua

Kesempatan seorang anak untuk berbakti kepada orang tua yang telah tiada menjadi salah satunya adalah dengan mengunjungi makam mereka. Berziarah ke makam orang tua menjadi obat rindu yang dapat Anda lakukan. Berziarah menjadi salah satu cara untuk mengenang orang tua yang telah tiada.

Pada saat ziarah, selain berdoa Anda juga dapat membersihkan dan merawat makam orang tua agar senantiasa terlihat rapi dan tidak gersang. Terlebih lagi, makam yang bersih akan jauh dari kesan angker.

Sudahkah Anda Berbakti kepada Orang Tua yang Meninggal?

Berbakti kepada orang tua yang meninggal memang masih bisa dilakukan. Tetapi, selagi masih ada kesempatan untuk berbakti kepada keduanya ketika hidup, maka gunakan sebaik mungkin. Salah satu caranya dengan melakukan persiapan hari tua dan menghubungi penyedia jasa pemakaman terbaik untuk persiapan masa depan seperti Kamboja.

Kamboja senantiasa disisi anda dalam memberikan jasa pemakaman profesional dan layanan proteksi pemakaman bagi anda dan keluarga tercinta anda saat hari itu tiba.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Pengiriman Jenazah Jakarta dan Sekitarnya

permalink

Apa Saja Peran dan Tugas Unit Penyelenggaraan Jenazah

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0