Papan bunga duka cita merupakan simbol penghormatan dan ungkapan empati bagi keluarga, sahabat, teman, atau kerabat yang telah berpulang ke alam baka. Ungkapan penghormatan dan empati ini melampaui batas bahasa dan budaya.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa terdapat berbagai jenis ukuran papan bunga. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa ukuran papan bunga agar tidak salah pilih.

Jenis-Jenis Bunga pada Papan Duka Cita

Sebelum mengetahui ukuran-ukuran papan bunga yang tersedia, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis papan bunga yang sering digunakan sebagai ucapan belasungkawa.

Papan bunga duka cita bukanlah sekadar tumpukan bunga yang dibentuk sembarangan. Masing-masing unsur bunga dan warna yang terkandung di dalam memiliki simbol tersendiri.

Biasanya ada enam jenis bunga yang umum sebagai karangan bunga duka cita. Kenali jenis bunga dan pembahasannya berikut ini.

1. Bunga Anyelir

Anyelir memiliki karakteristik yang menenangkan, dengan warnanya yang putih dan harum. Bunga ini terasa sangat cocok sebagai salah satu penyusun dari rangkaian papan duka cita. Secara simbolis, bunga anyelir dapat mewakilkan segala asa yang terasa.

2. Bunga Lily

Bunga lily juga memiliki karakteristik yang menenangkan karena bunga ini berwarna putih. Dengan adanya rangkaian bunga lily pada papan duka cita diharapkan mampu mengantarkan pesan dengan baik kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sebenarnya ada banyak warna dari bunga ini, namun yang paling umum digunakan sebagai rangkaian papan duka cita adalah bunga lily yang berwarna putih.

3. Bunga Mawar

Selain menjadi lambang rasa cinta dan kesetiaan, bunga mawar dapat menjadi salah satu pengisi rangkaian papan duka cita. Sehingga dalam papan duka cita terdapat kombinasi rasa cinta dan kesetiaan dengan rasa sedih yang mendalam.

4. Bunga Anggrek

Bunga anggrek memiliki karakteristik yang mewah, anggun, dan cantik. Penggunaan bunga anggrek pada rangkaian papan duka cita akan memberikan kesan rasa hormat yang tulus dan indah.

5. Bunga Krisan

Bunga krisan memiliki karakteristik yang murni dan bersih. Sehingga, bunga ini sering dipilih untuk mengungkapkan doa tulus dan rasa penghormatan.

6. Bunga Gladiol

Bunga gladiol melambangkan rasa berduka atas berpulangnya sosok yang paling berkesan dalam hidup mereka yang ditinggalkan. Sehingga bunga ini dapat menjadi pilihan sebagai salah satu pengisi pada rangkaian papan duka cita.

Jenis-Jenis Ukuran Papan Bunga Duka Cita

Ukuran papan bunga bisa sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Beberapa ukuran yang umum dari papan bunga untuk duka cita adalah:

1. Ukuran Papan Bunga Kecil

Jika Anda ingin membuat papan bunga meja atau sebagai tambahan dari papan bunga utama, ukuran ini akan sangat cocok untuk kebutuhan Anda.

Secara umum, ukuran kecil ini berkisar antara 60-90 cm. Namun, Anda bisa saja memesan papan bunga sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan.

Jika Anda ingin meletakkannya di dalam ruangan, Anda bisa memesan papan bunga yang tidak terlalu besar.

2. Ukuran Papan Bunga Jumbo

Pada umumnya, ukuran papan bunga jumbo memiliki lebar 4 meter. Namun, sebenarnya ukuran jumbo ini memiliki ukuran yang tidak pasti. Papan bunga dengan lebar 4 meter sudah sangat lebar dan memenuhi tempat.

Jika Anda hendak memesan papan bunga berukuran jumbo, Anda tentu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada papan bunga berukuran kecil. Kisaran harga papan berukuran jumbo bisa sampai empat juta lebih.

3. Ukuran Papan Bunga Rustic

Papan bunga rustic merupakan karangan bunga yang terbuat dari kayu yang disusun dengan ciri khas yang kontras dan mencolok. Papan bunga yang satu ini memiliki bentuk, kesan, dan warna yang berbeda dari papan bunga yang lain. Selain memiliki ciri khas yang kontras dan mencolok, papan ini juga terkesan keren dan antik.

Pada umumnya, papan bunga rustic berukuran mulai dari 2 x 1,25 meter hingga 2 x 2 meter, Anda tentu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi, memperhatikan ukuran papan bunga duka cita sebelum Anda memesannya adalah hal yang penting agar tidak salah pilih ukuran. Jika Anda ingin beli karangan bunga duka cita, Anda bisa konsultasikan dulu ukuran kepada penjual.

Tips Membeli Papan Bunga Duka Cita

Sekarang Anda sudah mengetahui berbagai jenis ukuran papan bunga. Jika Anda hendak memesan papan bunga, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya:

1. Pertimbangkan Lokasi dan Fungsi

Pertimbangkan tata letak papan bunga Anda. Apakah Anda akan menaruhnya di dalam ruangan atau di luar ruangan, di dalam rumah duka, atau di area pemakaman? Kemudian, pilih ukuran papan bunga yang sesuai dengan lokasi dan fungsinya. Jangan sampai terlalu lebar atau terlalu kecil.

2. Sesuaikan dengan Budaya dan Tradisi

Setiap budaya dan tradisi memiliki pandangan yang berbeda mengenai papan bunga. Pastikan untuk memilih jenis dan bunga yang sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan keluarga yang sedang berduka.

3. Pilih Desain yang Sederhana dan Elegan

Ketika hendak memilih papan bunga, pilihlah desain yang sederhana dan elegan. Hindari desain yang terlalu mencolok dan berlebihan karena papan bunga duka cita harus mencerminkan kesopanan dan penghormatan.

4. Tambahkan Sentuhan Personal

Anda bisa menambahkan sentuhan personal, seperti kartu ucapan atau nama almarhum di papan bunga Anda. Dengan menambahkan beberapa hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda memberikan papan bunga dengan penuh kasih sayang dan perhatian.

5. Pembelian Sesuai Waktu

Alangkah baiknya untuk membeli papan bunga sesegera mungkin setelah mendapat kabar tentang kematian seseorang sebagai wujud penghormatan yang tepat waktu.

6. Berkonsultasi dengan Florist

Jika Anda masih merasa bingung dalam pemilihan papan bunga, berkonsultasilah dengan florist berpengalaman. Florist akan membantu Anda dalam memilih papan bunga serta ukuran yang sesuai dengan keinginan dan anggaran yang Anda miliki.

7. Pastikan Penjual Mampu Mengirimkannya Tepat Waktu

Pastikan Anda memesan dari penjual yang dapat menjamin pengiriman tepat waktu tanpa kerusakan.

Jasa Pemakaman On Demand Service Kamboja

Jika Anda membutuhkan jasa pemakaman, Anda bisa menggunakan jasa proteksi pemakaman dari Kamboja. Terdapat tiga paket funeral manager di Kamboja, salah satunya adalah jasa paket kremasi.

Dengan biaya mulai dari Rp50.000.000,00, Anda sudah mendapat layanan pemakaman termasuk pengurusan jenazah, transportasi jenazah, kremasi komplit standar, penyimpanan abu premium, dekorasi bunga rumah duka, peti jenazah, konsumsi, transportasi keluarga, dan layanan lainnya.

Apakah Sudah Yakin dengan Pesanan Papan Bunga Anda?

Itu dia penjelasan lengkap terkait jenisnya dan ukurannya. Memilih jenis dan ukuran yang sesuai adalah cara Anda untuk memberikan penghormatan terakhir dan ungkapan simpati kepada keluarga yang berduka. Jadi, sebelum memesan, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dengan florist Anda.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0