Berbagai upacara selalu dipengaruhi oleh suku, ras dan agama. Alhasil, Anda akan temui beberapa upacara adat di Indonesia dengan berbeda-beda tema. Contohnya yang bisa Anda lihat adalah seberapa kontras adat pemakaman masyarakat Bali dan Jawa. Serta salah satu yang unik di Indonesia adalah pemakaman Tionghoa.

Upacara pemakaman keturunan Tionghoa adalah salah satu upacara yang sangat unik dan kompleks. Di Indonesia sendiri, Anda banyak menemukan keturunan Cina-Indonesia, terutama di Jakarta. Untuk mempermudah persiapan pemakaman, banyak dari ras mereka yang menggunakan jasa pemakaman di Jakarta.

Jadi, serumit dan seunik apa pemakaman khas Tionghoa? Baca lebih lanjut untuk mengetahui istimewanya tradisi pemakamannya!

Tata Cara Proses Pemakaman Tionghoa

Pemakaman tradisional Tiongkok sangatlah rumit dengan berbagai tata cara akan aturan berpakaian, warna, dan etiket khusus selama kunjungan. Selain itu, masyarakat Tionghoa percaya bahwa upacara pemakaman harus sesuai dengan aturan adat dan istiadat.

Sebagai tambahan, Anda harus mengikuti aturan ini. Jika tidak, maka dapat menimbulkan nasib buruk bagi keluarga. Pada dasarnya, upacara penguburan ini dibagi menjadi 9 tahapan. Jadi mari kita pahami lebih lanjut tentang tahapan ini lebih lanjut.

1. Keluarga Mengatur Pemakaman

Tahapan pertama untuk pemakaman adalah mempersiapkan bantuan dari imam, biarawan atau pendeta berdasarkan agama. Selain itu, perlu Anda ketahui, bahwa masa berkabung adalah 1 tahun lamanya. Tetapi, hal ini dapat berbeda sesuai keadaan.

Meskipun pada dasarnya adalah 1 tahun, untuk anak putra sulung adalah 3 tahun. Di samping itu, beberapa masyarakat Tionghoa modern akan berkabung selama 49 hari. Dalam kurun waktu tersebut, anggota keluarga harus berdoa setiap minggu untuk orang yang mereka cintai.

2. Memilih Hari Sebelum Proses Pemakaman Tionghoa

Tahap selanjutnya adalah memilih hari dan waktu pemakaman berdasarkan fengsui. Anda juga dapat mempertanyakan mengenai pemilihan properti, orientasi, dan lokasi pemakaman berdasarkan konsultasi dengan ahli fengsui.

Mendiang juga dapat menggunakan pakaian terbaik atau jubah pemakaman putih traditional. Selain itu, mendiang juga dapat menggunakan pakaian merah atau warna-warni lainnya. Tetapi, peraturan ini hanya berlaku untuk mendiang yang hidup selama 80 tahun atau lebih.

3. Penuh Berdoa Saat Hari Upacara Pemakaman

Pada hari pemakaman, doa-doa akan dikumandangkan dan peti ditutup rapat. Ini melambangkan perpisahan dari yang meninggal dan hidup. Kemudian, anggota keluarga harus membelakangi sang mendiang.

Setelah itu, pada saat mereka menurunkan peti ke liang kubur, keluarga dan teman-teman harus memunggunginya. Alasannya adalah jika orang yang dia sayangi melihatnya, maka arwahnya akan terperangkap di dalam peti.

4. Pakaian yang Harus Dikenakan

Seperti yang Anda ketahui bahwa mendiang akan menggunakan pakaian putih atau merah. Sedangkan untuk keluarga dan tamu pemakaman adat Tionghoa dapat memakai pakaian goni putih atau coklat polos.

Khusus untuk anak laki-laki dan menantu laki-laki, mereka harus menggunakan ban lengan hitam. Terlebih lagi, jika mendiang berumur lebih dari 80 tahun, maka para tamudapat mengenakan pakaian merah atau merah muda yang menandakan perayaan umur panjang.

5. Menggunakan Bunga Pemakaman

Saat pemakaman adat Tionghoa, Anda akan sering menemui banyak rumah duka yang dihiasi dengan bunga krisan. Bunga krisan putih atau kuning ini sering mereka gunakan untuk berkabung karena melambangkan kesedihan. Namun, jika mendiang berusia lebih dari 80 tahun, maka akan menggunakan bunga berwarna merah.

Anda juga dapat menemukan karangan bunga besar untuk menyampaikan duka. Selain itu, wanita yang memiliki hubungan dalam keluarga akan menggunakan bunga duka di rambut mereka. Untuk anak, istri, dan menantu akan menggunakan putih. Sedangkan cicit warna biru dan cicit-cicit warna merah.

6. Memberikan Dupa dan Kertas Joss

Saat upacara pemakaman adat Tionghoa, keluarga dapat membakar dupa. Selain itu, Anda dapat membakar kertas joss yang banyak kita ketahui sebagai mata uang hantu dan roh. Tradisi ini ditujukan untuk mendiang seakan membawa barang yang dicintainya dan membawanya ke akhirat.

7. Mempersembahkan Hadiah Uang untuk Keluarga

Selain mempersembahkan bunga krisan, pengunjung juga harus memberikan uang kepada keluarga yang berduka pada saat pemakaman. Uang akan dimasukkan ke dalam amplop putih yang kemudian akan dimasukkan ke kotak sumbangan. Anda juga dapat menulis nama atau tanpa nama juga tidak masalah.

8. Setelah Proses Pemakaman Tionghoa

Setelah menurunkan peti mendiang ke tanah atau di krematorium, maka kebaktian akan berakhir. Selanjutnya, keluarga akan memberikan amplop merah dengan koin di dalamnya kepada para tamu. Aksi ini dipercaya dapat memastikan tamu kembali ke rumah dengan selamat.

Selain itu, anggota keluarga juga dapat membagikan sapu tangan dan sepotong permen yang harus Anda konsumsi sebelum pulang. Ingat bahwa amplop berisi koin, manisan, dan sapu tangan sangat pantang untuk dibawa pulang.

Barang terakhir yang diberikan adalah seutas benang merah. Tamu dapat membawa pulang benang tersebut, kemudian menggantungkannya pada knop pintu rumah mereka. Penaburan ini bertujuan untuk mengusir roh jahat.

9. Kembalinya Roh ke Rumah

Kepercayaan masyarakat tiongkok mengatakan bahwa jiwa yang meninggal akan kembali ke rumah pada 7 hari setelah meninggal dunia. Maka dari itu, setelah pemakaman Anda harus menempatkan sebuah plakat merah dengan prasasti yang tepat di luar rumah agar jiwa mendiang tidak tersesat.

Pada hari itu, anggota keluarga mendiang tidak diperbolehkan meninggalkan kamar. Di samping itu, Anda harus menaburkan tepung atau bedak di lantai dari pintu masuk rumah. Orang-orang Tionghoa percaya bahwa hal ini dapat mendeteksi kunjungan roh mendiang.

Mari Laksanakan Pemakaman Tionghoa dengan Benar!

Proses pemakaman berdasarkan adat Tionghoa memang cukup rumit dan unik. Namun setiap proses dan aturannya memiliki makna yang cukup berarti. Selain itu, proses pemakaman juga dapat berjalan cukup lama dan banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pihak keluarga.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusnya atau ingin berfokus pada perpisahan dengan mendiang, Anda dapat menyerahkan persiapannya pada ahli. Banyak event organizer pemakaman di berbagai daerah tertentu yang menyediakan jasa tersebut, entah itu untuk pemakaman Jakarta Selatan atau sekitarnya.

Salah satunya Kamboja, yang merupakan penyedia jasa pengurusan pemakaman dan proteksi pemakaman. Servis Kamboja akan mengatur segala proses pemakaman agar berjalan lancar dan khidmat. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa Kamboja agar pemakaman Tionghoa orang terdekatmu lancar? Kunjungi laman resminya sekarang!

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0