Kehilangan seseorang adalah pengalaman yang sulit dan penuh emosi. Ketika seseorang meninggal di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya, proses pemulangan jenazah menjadi perhatian utama bagi keluarga yang berduka.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tata cara merawat jenazah, prosedur pemulangan jenazah, hingga syarat yang harus terpenuhi sebelum memulangkan jenazah.

Tata Cara Merawat Jenazah dalam Agama Kristen

Perawatan jenazah merupakan salah satu kegiatan wajib dalam semua agama, termasuk agama Kristen. Bagi umat beragama Kristen, merawat jenazah adalah bentuk penghormatan terakhir bagi orang yang telah meninggal dunia.

Proses perawatan jenazah dalam agama Kristen mengikuti berbagai tradisi dan tata cara yang berakar dari ajaran Alkitab. Berikut ini adalah tata cara merawat jenazah dalam agama Kristen.

1. Pemandian Jenazah

Proses pemandian jenazah juga ada dalam agama Kristen. Pemandian adalah tahapan pertama sebelum berlanjut ke proses pemakaman lainnya.

Pemandian jenazah dilakukan oleh orang-orang terdekat atau keluarga yang ditinggalkan. Namun, petugas yang memiliki pengalaman dalam ini juga dapat membantu memandikan jenazah.

2. Pemakaian Jas/Gaun Putih

Setelah proses pemandian, jenazah akan dipakaikan jas bagi yang laki-laki dan gaun putih untuk yang perempuan. Biasanya jenazah juga akan dirias agar terlihat lebih tampan dan cantik.

Umat Kristen percaya bahwa merias jenazah adalah suatu persiapan terbaik ketika jenazah bertemu Tuhan, mereka ada dalam kondisi dan penampilan baik.

3. Memasukkan Jenazah ke dalam Peti

Setelah jenazah sudah dalam kondisi terbaik, jenazah akan dimasukkan ke dalam peti. Dalam agama Kristen, jenazah sudah berada di dalam peti tidak langsung ditutup, melainkan terbuka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pelayat dapat melihat wajah jenazah untuk yang terakhir kalinya.

4. Ibadah Penghiburan

Dalam agama Kristen, terdapat ibadah penghiburan yang bisa memberikan dukungan secara emosional terhadap keluarga yang berduka. Ibadah penghiburan ini merupakan proses yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan.

Saat prosesi ini berlanjut, para pelayat akan mendengarkan khotbah dari pendeta dan memuji Tuhan. Selain itu, para pelayat juga melakukan penghiburan kepada keluarga yang berduka agar tidak mengalami kesedihan yang berlarut-larut.

5. Ibadah Penutupan Peti

Setelah prosesi penghiburan selesai, selanjutnya adalah menutup peti jenazah. Prosesi ini adalah bentuk pelepasan sebelum akhirnya jenazah dikuburkan. Kemudian, para pelayat dan petugas pemakaman akan mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

6. Ibadah Penguburan

Prosesi yang terakhir, yaitu penguburan. Pemuka agama Kristen akan melakukan khotbah, sebelum akhirnya peti jenazah masuk ke liang lahat.

Setelah peti jenazah terkubur, pelayat serta keluarga akan menaburkan bunga di atas tanah orang yang telah meninggal. Kemudian, pemuka agama akan memberikan khotbah dan membacakan doa.

Layanan On Demand Service Kamboja

Ketika salah satu anggota keluarga pergi terlebih dahulu, tentu akan meninggalkan rasa sedih dan emosi yang sangat mendalam. Oleh karena itu, penting untuk keluarga dalam menyiapkan pemakaman terbaik agar proses pemakaman jenazah dapat berjalan lancar dan aman.

Anda bisa menggunakan jasa on demand service oleh Kamboja yang siap membantu Anda dalam pengurusan jenazah dari awal hingga selesai. Dengan biaya mulai dari Rp15.000.000,00, Anda dapat memperoleh jasa pemakaman jenazah secara lengkap.

Anda juga dapat menggunakan jasa cargo jenazah dari Kamboja jika Anda ingin melakukan pemulangan jenazah dari luar negeri. Namun, sebelum Anda hendak memulangkan jenazah dari luar negeri, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi berikut ini.

Syarat Pemulangan Jenazah

Jika Anda hendak melakukan repatriasi jenazah dari luar negeri ke Indonesia, Anda harus mengetahui syarat-syarat wajib berikut ini:

  • Surat permohonan mengekspor jenazah dari agensi resmi.
  • Paspor jenazah.
  • Paspor pengiring jenazah yang berlaku.
  • MCCD (Medical Certificate of Cause of Death) dari rumah sakit.
  • Surat izin ekspor otoritas setempat.
  • Certification of Sealing dari rumah sakit otoritas.
  • Certification of Embalming dari rumah sakit otoritas.

Setelah syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di negara tersebut akan berkoordinasi dengan otoritas berwenang untuk mengurusi jenazah.

Apabila Anda hendak mengirim jenazah dari luar negeri ke Indonesia, Anda memerlukan biaya sekitar $300 atau setara dengan Rp4.500.000,00 untuk jenazah yang sudah menjadi abu kremasi.

Sedangkan estimasi biaya pengiriman jenazah yang masih utuh adalah kisaran USD10-20 ribu atau 145-290 juta rupiah.

Apabila pihak keluarga yang ditinggalkan kurang mampu secara finansial, Kemlu melalui KBRI dan KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) akan membantu dalam menanggung biaya pemulangan jenazah.

Bagi pihak keluarga yang kurang mampu, maka harus membuat surat keterangan tidak mampu untuk diberikan kepada Kemlu. Jika pihak keluarga yang mampu menanggung biaya pemulangan, KBRI dan KJRI hanya akan membantu mengurus administrasinya.

Jasa Cargo Jenazah

Terkait dengan repatriasi jenazah, Anda juga perlu memperhatikan apakah akan menggunakan jalur udara untuk memulangkan jenazah atau jalur lainnya? Jika Anda hendak menggunakan jalur udara, maka jenazah akan dipulangkan melalui cargo udara, dan Anda harus memperhatikan beberapa pertimbangan yang ada.

Anda bisa menggunakan jasa cargo jenazah yang siap membantu mengurus persyaratan pengiriman atau pemulangan, pengurusan dokumen, dan asuransi peti jenazah.

Ingat untuk selalu menggunakan jalur resi untuk memulangkan jenazah kembali ke tanah air agar terhindar dari tindak kriminal, seperti penyelundupan obat dan barang terlarang.

Selain obat dan barang terlarang, jika Anda menggunakan agensi yang belum resmi, terdapat kemungkinan terjadinya praktik yang membawa dampak buruk bagi kesehatan, terutama apabila jenazah mengidap penyakit menular.

Oleh karena itu, pemerintah sudah melakukan upaya untuk selalu menggunakan agensi resmi dan terpercaya

Sudah Paham dengan Syarat Pemulangan Jenazah?

Anda harus memenuhi beberapa persyaratan wajib yang berlaku agar proses pemulangan jenazah dapat berjalan lancar dan aman sampai di Indonesia. Selalu pastikan untuk memeriksa dan melengkapi berbagai dokumen persyaratan yang berlaku.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0