Ambulans adalah transportasi penting yang seringkali dibutuhkan oleh keluarga mendiang untuk mengantarkan jenazah ke tempat persemayaman. Transportasi ambulans jenazah  bisa Anda sewa dengan cara menghubungi pihak rumah sakit atau penyewa ambulans terpercaya.

Masalahnya, tak jarang biaya sewa menjadi kendala. Namun tenang saja, kini sudah ada jasa ambulans jenazah gratis di Jakarta yang bisa Anda gunakan. Bagaimana cara menyewanya? Mari simak!

Jenis-Jenis Ambulans yang Biasa Digunakan

Sebelum masuk ke tarif sewa, ada baiknya Anda harus mengetahui apa perbedaan mobil ambulans untuk pasien dengan ambulans jenazah supaya tidak salah memilih.

Mobil ambulans adalah alat transportasi medis yang biasanya digunakan untuk membantu menangani keadaan darurat. Misalnya, kalau ada pasien mengalami serangan jantung mendadak, ada kecelakaan, membutuhkan perawatan pertama, atau yang lain.

1. Ambulans Pasien

Sesuai namanya, ambulans untuk pasien berguna untuk mengantar pasien yang membutuhkan perawatan. Ambulans ini dilengkapi peralatan medis yang sederhana hingga ada yang sangat lengkap. Dari sini ambulans pasien bisa terbagi menjadi tiga kategori, yakni:

  • Ambulans dasar, dilengkapi dengan berbagai peralatan medis dasar yang berguna untuk membantu pasien dalam mendapatkan perawatan pertama. Kondisi pasien ambulans ini relatif stabil dan jaraknya dengan fasilitas kesehatan cukup dekat.
  • Ambulans transportasi, yang berguna untuk memindahkan pasien dari rumah sakit satu ke rumah sakit terdekat yang lain. Perlengkapan medisnya cukup lengkap daripada ambulans sebelumnya.
  • Ambulans lengkap, yakni ambulans yang dilengkapi peralatan sangat lengkap dan fungsinya mengangkut pasien gawat darurat untuk dibawa ke rumah sakit yang jaraknya cukup jauh.

2. Ambulans Jenazah

Berbeda dengan ambulans pasien, mobil jenazah ini tidak dilengkapi peralatan medis khusus karena pasiennya adalah orang yang sudah meninggal. Di dalamnya hanya terdapat tempat untuk meletakkan jenazah dan kursi untuk pendamping.

Perbedaan lainnya juga terletak pada luas ruangannya. Mobil jenazah memiliki space ruangan lebih kecil daripada ambulans untuk pasien, karena ambulans pasien membutuhkan ruang lebih besar untuk membawa peralatan medis. Jadi pastikan tidak salah memilih saat akan menyewa ambulans.

Harga Sewa Ambulans Jenazah di Jakarta

Sesuai dengan Peraturan Daerah Tahun 2015 tentang Retribusi, tarif penyewaan mobil jenazah di Jakarta sebesar Rp100.000,00 sekali pakai untuk dalam kota Jakarta. Sedangkan sewa ambulans luar kota, tarifnya Rp1.500 per kilometer.

Ini berbeda dengan tarif ambulans standby (gawat darurat) di Jakarta yang tarifnya lebih mahal dari mobil jenazah, yakni:

  • Layanan tanpa dokter, hanya 1 petugas medis tanpa fasilitas tambahan selama 1-6 jam Rp650.000,00, sedangkan durasi 6-12 jam tanpa dokter dan hanya 1 petugas medis tarifnya sebesar Rp1.300.000,00.
  • Layanan dokter 12 jam dengan biaya tambahan sebesar: bidan atau perawat Rp350.000,00, dokter umum Rp600.000,00, dokter spesialis Rp1.000.000,00, dan tenaga kesehatan lain Rp300.000,00.
  • Jika ingin menambah fasilitas, biayanya Rp20.000,00 untuk oksigen per m3, syringe pump Rp50.000,00, inkubator Rp80.000,00, ventilator Rp350.000,00, penggunaan AED Rp300.000,00.
  • Pelayanan luar kota didampingi dokter tarifnya sebesar Rp1.900.000,00, sedangkan luar kota tanpa dokter Rp950.000,00.

Bagaimana Cara Sewa Ambulans Jenazah Gratis?

Tarif sewa ambulans untuk jenazah memang cukup mahal, sehingga seringkali menjadi masalah bagi orang-orang yang membutuhkannya namun kurang mampu.

Oleh  karena itulah pemerintah Jakarta bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk memberikan keringanan berupa penyediaan fasilitas ambulans bagi warga.

Tidak hanya itu, pemerintah DKI Jakarta juga menyediakan pelayanan pengurusan jenazah secara cuma-cuma alias gratis tanpa biaya apapun. Lalu, bagaimana cara memesannya?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan berkas seperti:

1. Siapkan KTP Pemohon

Jika Anda adalah orang atau kerabat yang bertanggung jawab atas kepengurusan jenazah, maka Anda wajib melampirkan KTP sebagai dokumen identitas diri pemohon untuk mendapatkan pelayanan sewa mobil jenazah gratis.

2. Siapkan KTP Jenazah

Selain KTP pemohon, siapkan juga KTP jenazah untuk mendata identitas diri jenazah yang akan diantar.

3. Kartu Keluarga

Anda  juga harus menyiapkan dokumen Kartu Keluarga (KK) sebagai persyaratan mendapatkan fasilitas mobil jenazah gratis. Nantinya dokumen ini sebagai bukti bahwa jenazah benar mempunyai keluarga dan termasuk keluarga tidak mampu.

4. Surat Keterangan Tidak Mampu

Surat Keterangan Tidak Mampu biasanya untuk persyaratan mendaftar fasilitas gratis dari pemerintah, salah satunya fasilitas sewa ambulans jenazah. Anda bisa mendapatkannya dari pemerintah setempat seperti kantor kelurahan atau desa sebagai bukti bahwa jenazah benar-benar dari kalangan kurang mampu.

5. Surat Keterangan Kematian

Surat ini bisa Anda dapatkan dari pihak rumah sakit setelah pasien benar-benar dinyatakan meninggal dunia. Fungsinya supaya bisa menyegerakan proses pemulangan jenazah agar jenazah segera dimakamkan.

6. Kartu BPJS

Jika Anda memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), bisa disertakan juga bersama dokumen lainnya supaya permohonan pemakaian mobil jenazah gratis bisa cepat diterima.

Setelah menyiapkan dokumen tersebut, langkah selanjutnya adalah:

  • Hubungi nomor 112 atau 119.
  • Berikan informasi mengenai pasien.
  • Berikan alamat atau lokasi pasien.
  • Laporan nantinya akan diteruskan oleh Dinas Kesehatan.
  • Tunggu sampai bantuan tiba.
  • Serahkan dokumen pada petugas ambulans.

Sewa Ambulans Jenazah Gratis dari Lembaga Swasta

Tidak hanya bantuan dari pemerintah Jakarta, beberapa lembaga swasta seperti Dompet Dhuafa juga menyediakan layanan mobil jenazah gratis bagi kaum dhuafa.

Selain itu, ada juga Palang Merah Indonesia (PMI) yang menyediakan layanan ambulans gratis sebagai bentuk komitmennya dalam melaksanakan kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan.

PMI telah bekerja sama dengan beberapa layanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, dan poliklinik untuk menjalankan tugasnya. Nah, dari informasi ini Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan layanan sewa mobil jenazah gratis dari kedua lembaga tersebut.

Cara mendaftar ambulans gratis PMI, Anda cukup menghubungi nomor resmi (021) 3908422 atau mengisi formulir pada website resmi PMI. Sementara itu untuk Dompet Dhuafa, ada beberapa posko layanan ambulans gratis di wilayah Jabodetabek, yakni:

  • Jakarta Timur;
  • Parung Bogor;
  • Jajaran Selatan;
  • Tambora Jakarta Barat;
  • Cinere Depok;
  • Islamic Center Bekasi; dan
  • Batu Ceper Tangerang.

Mengapa Harus Sewa Ambulans Gratis?

Sewa ambulans jenazah gratis merupakan layanan bantuan pengantaran jenazah untuk warga kurang mampu. Layanan ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih untuk menyewa ambulans pengantar jenazah, sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Kontak Sewa Ambulans Jakarta

Beberapa kontak berikut mungkin bisa membantu Anda mendapatkan fasilitas ambulans untuk jenazah agar bisa segera ditangani, seperti:

  • Sewa Ambulance Indonesia: 085211551088
  • Trans Mulia Ambulance: 085216675553
  • Mitra Medical Service: 08119992118
  • Ambulans Emergensi Jakarta: 081380312739

Sudah Tahu Cara Sewa Ambulans Jenazah Gratis di Jakarta?

Itulah cara sewa ambulans jenazah gratis di Jakarta. Jika Anda juga sedang mencari informasi jasa pemakaman yang mempunyai layanan on demand service, pilihlah jasa dari Kamboja.

Kamboja akan membantu Anda mengurus pemakaman melalui jasa on demand servicenya, mulai dari pengurusan jenazah, penyediaan nisan atau peti, transportasi jenazah, hingga penjamuan pelayat.

Artikel Lainnya

Mengenal Apa Itu Autopsi, Jenis, dan Langkah Prosedurnya

permalink

Mengenal Apa Itu DNR beserta Pandangan dan Hukumnya

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 4.9/5.0