Tabungan pensiun merupakan salah satu cara untuk membuat masa pensiun Anda tenang dan sejahtera. Akan tetapi, banyak yang masih belum memprioritaskan dana pensiun ini.

Padahal, manfaatnya akan Anda rasakan ketika sudah tidak aktif bekerja, termasuk tidak sampai merepotkan anak atau anggota keluarga lainnya.

Pengertian Tabungan Pensiun

Tabungan atau dana pensiun adalah kumpulan dana yang Anda peroleh berdasarkan iuran tetap seseorang serta ditambah penyisihan dari penghasilan perusahaan. Melalui tabungan tersebut, Anda memperoleh hak untuk memperoleh sebagian keuntungan ketika pensiun.

Menurut UU No. 11 Tahun 1992, dana pensiun merupakan badan hukum yang bertugas mengelola serta menjalankan program berdasarkan janji manfaat pensiun. Melalui penjelasan di atas, ini merupakan dana yang dikumpulkan lembaga tertentu.

Jadi, proses pengumpulannya dengan melalui lembaga tertentu. Nanti, iuran tersebut juga akan kembali pada para pekerja ketika sudah memasuki masa pensiun. Dana pensiun ini sangat penting untuk tabungan masa depan Anda.

Fungsi Tabungan Pensiun

Agar dapat mempersiapkan hari tua secara lebih baik, Anda perlu memahami apa saja fungsi dari tabungan pensiun ini. Adapun fungsinya terbagi menjadi tiga hal, yaitu bagi perusahaan, karyawan, serta penyelenggaraan program dana tersebut.

1. Untuk Perusahaan

  • Memberikan penghargaan terhadap karyawan yang telah mengabdi dan memberikan dedikasinya terhadap perusahaan.
  • Meningkatkan citra perusahaan pada saat menjalankan bisnis.
  • Sebagai motivasi bagi karyawan yang akan membuat produktivitasnya meningkat.
  • Memberikan rasa aman bagi karyawan. Dengan begitu, tingkat karyawan yang memutuskan berhenti bekerja akan menurun.

2. Untuk Karyawan

  • Biasanya, ketika sudah memasuki hari tua, cenderung sulit bekerja. Pendapatan selama bekerja bisa tergantikan melalui dana yang Anda kumpulkan sejak lama.
  • Untuk penerima dana yang sudah meninggal, nanti dana akan diwariskan ke keluarga yang merupakan ahli warisnya dan masih hidup.

3. Untuk Penyelenggara Program

  • Mempunyai kesempatan mengelola dana, sehingga mampu menghasilkan keuntungan. Iuran tersebut bisa masuk ke dalam kategori investasi.
  • Mendukung program pemerintah di dalam mengadakan dana pensiun.
  • Sebagai aktivitas dalam menjalankan bakti sosial terhadap para peserta iuran.

Jenis Tabungan Pensiun

Berdasarkan UU Nomor 11 tahun 1992, terdapat tiga jenis tabungan pensiun yang berlaku di Indonesia, yaitu:

A. Tabungan untuk Pemberi Kerja

Tabungan atau dana tersebut berasal dari orang, badan, atau perusahaan yang mempekerjakan karyawan. Manfaat yang Anda terima juga pasti, karena program dana pensiun ini juga berjalan secara pasti, baik untuk kepentingan sebagian maupun seluruh karyawan yang menjadi peserta.

B. Tabungan untuk Lembaga Keuangan

Pada jenis yang kedua ini, dana pensiun berasal dari bank maupun perusahaan asuransi jiwa. Mereka memberlakukan program ini baik untuk perorangan, karyawan, maupun para pekerja mandiri.

C. Tabungan Pensiun Berdasarkan Keuntungan

Dana pensiun dari pemberi kerja yang menjalankan program dana pensiun iuran pasti. Untuk iurannya hanya berasal dari pemberi kerja, dengan mengacu pada rumus yang berkaitan dengan keuntungan dari pemberi kerja.

Pentingnya Tabungan Pensiun

Setidaknya, terdapat tiga alasan mengapa tabungan pensiun harus Anda siapkan sejak dini, yakni:

1. Untuk Menjalani Masa Tua

Ketika Anda memasuki masa pensiun, hal yang umum, yaitu penghasilan Anda tidak sebanyak ketika masih aktif bekerja. Namun, terkadang kebutuhan Anda tidak berkurang, sehingga Anda harus tetap memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Tentu, ketika Anda sudah mempersiapkan dana pensiun sejak awal, Anda tidak perlu terbebani untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Meskipun demikian, sebagaimana ketika Anda memperoleh penghasilan saat bekerja, dana pensiun juga harus Anda atur secara baik.

Jangan sampai dana pensiun Anda cenderung lebih mudah habis! Bahkan untuk pengeluaran yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

2. Sebagai Modal Usaha

Banyak orang yang sudah pensiun, namun masih tetap ingin produktif. Mereka tidak ingin hanya berdiam di rumah sambil menikmati tabungan pensiun yang telah dikumpulkan. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk memanfaatkan dana tersebut sebagai modal membuka usaha.

Dana pensiun yang Anda terima memang bisa Anda manfaatkan sebagai modal usaha. Ini akan jauh lebih efektif, produktif, dan pastinya lebih baik daripada sekadar Anda habiskan begitu saja. Untuk itu, Anda perlu merencanakan hal ini, bahkan sebelum Anda pensiun.

Siapkan rencana dan bagaimana langkah-langkah untuk mengeksekusi rencana Anda tersebut. Ketika persiapan sudah matang, maka mewujudkan impian Anda menjadi lebih mudah.

3. Sebagai Dana Darurat

Manfaat berikutnya, tabungan pensiun juga bisa Anda gunakan sebagai dana darurat. Akan tetapi, pastikan Anda mampu mengelola dana tersebut secara baik. Adapun maksud dana darurat di sini, yaitu uang Anda tidak Anda gunakan untuk kebutuhan apa pun.

Anda hanya akan menggunakannya ketika ada kondisi darurat yang memang memerlukan dana pensiun Anda. Biasanya, kebutuhan akan dana darurat ini nominalnya cukup besar.

Jadi, Anda juga memerlukan perencanaan yang matang dan memperkirakan estimasi dana yang Anda gunakan untuk kebutuhan darurat tersebut.

Cara Menyimpan Tabungan Pensiun

Setelah tahu seberapa pentingnya tabungan pensiun, berikut beberapa tips untuk menyimpannya:

A. Menentukan Waktu Pensiun

Tips pertama yang harus Anda lakukan, yaitu menentukan kapan Anda harus berhenti kerja serta memperoleh penghasilan rutin. Secara umum, usia pensiun di dunia sekitar 57 tahun. Semakin dini persiapan dana pensiun Anda, maka semakin ringan juga usaha Anda di dalam mempersiapkan dana tersebut.

B. Menghitung Jumlah Dana

Anda juga perlu menghitung kira-kira berapa total dana pensiun yang ingin Anda kumpulkan. Misalnya, Anda telah menetapkan bahwa akan pensiun di usia 60 tahun. Anda perlu memperkirakan berapa dana yang berhasil Anda kumpulkan nanti.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan apa saja kebutuhan selama Anda pensiun. Beberapa kebutuhan tersebut, misalnya biaya listrik, servis kendaraan, biaya cek kesehatan, biaya hidup, biaya pemakaman, dana darurat, dan sebagainya.

Berkaitan dengan biaya pemakaman, Kamboja merupakan penyedia jasa pemakaman terpercaya. Jadi, tabungan pensiun yang Anda miliki juga bermanfaat untuk kebutuhan pemakaman. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyusahkan keluarga yang lain.

C. Jaga Kesehatan Finansial

Untuk mewujudkan masa tua yang sejahtera, sejak dini, Anda harus menjaga kesehatan finansial. Di sini Anda perlu bijak di dalam memilih alokasi gaji yang Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian, Anda juga harus konsisten menabung, baik untuk tabungan pensiun atau dana darurat.

Tidak kalah penting, hindari berhutang untuk hal yang sifatnya konsumtif. Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk asuransi kesehatan dan jiwa. Meskipun Anda sudah pensiun, tidak ada salahnya untuk tetap memikirkan bagaimana cara memperoleh tambahan penghasilan dari berbagai sumber.

Sudah Lebih Paham Perihal Tabungan Pensiun?

Jadi, tujuan tabungan pensiun ini akan kembali ke Anda sendiri. Untuk itu, siapkan dana pensiun Anda mulai sekarang, untuk masa pensiun yang indah dan sejahtera.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman