Beberapa Pemakaman Ini Dijadikan Lokasi Khusus Pemakaman Jenazah Covid- 19

Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Per hari Rabu 21 Juli 2021, penambahan kasus positif mencapai 33.772 orang. Total kasus di Indonesia sendiri telah mencapai 2.95 juta, terhitung sejak kasus pertama diumumkan. Persoalan ini membuat angka kematian akibat Covid juga terus bertambah. Angka kematian sejak tanggal 20-21 Juli terhitung 1.383 pasien Covid yang meninggal dunia.

Data tersebut bukan hanya sekadar statistik belaka, namun ada nyawa yang hilang dan keluarga yang ditinggalkan. Pandemi yang terus berlangsung ini juga menyebabkan lahan pemakaman semakin berkurang. Untuk mengurangi kasus kematian akibat Covid, Pemerintah terus berusaha menanganinya, salah satunya dengan vaksin. Selain itu, Pemerintah juga telah membuat lahan pemakaman khusus untuk pasien Covid yang meninggal dunia.

Berikut beberapa lokasi TPU yang menjadi tempat khusus pemakaman jenazah Covid-19.

 

Pemakaman Jenazah Covid- 19

1. TPU Rorotan, Jakarta Utara

Beberapa waktu lalu, TPU Rorotan sempat viral di media sosial lantaran terlihat ambulance sedang mengantre mengantarkan jenazah. Kejadian ini membuat netizen merasa iba atas pandemi yang tak kunjung berakhir. TPU Rorotan sendiri berlokasi di Cilincing, Jakarta Utara dan telah berfungsi sebagai Tempat pemakaman  jenazah Covid-19 sejak bulan Maret lalu. Hingga saat ini, sudah ribuan jenazah yang dikuburkan di TPU ini.

Sementara ini, total lahan yang telah difungsikan sebagai pemakaman jenazah Covid-19 ada 3 hektare. Kemudian beberapa waktu lalu, Pemerintah berencana memperluas lahan pemakaman Covid menjadi 10 hektare. Peluasan lahan ini dilakukan setelah terjadi lonjakan jumlah kasus positif Covid di Jakarta.

Pemprov DKI menjelaskan, hingga saat ini peluasan lahan dilakukan secara bertahap. Sejauh ini sudah ada kurang lebih 6 hektare yang sedang diselesaikan. Nantinya, peluasan lahan ini akan menyesuaikan dengan kasus Covid-19 di Jakarta.

 

Pemakaman Jenazah Covid- 19

2. TPU Selapajang, Tangerang

Salah satu TPU lain yang menjadi lokasi pemakaman jenazah Covid-19 adalah TPU Selapajang. TPU Selapajang berlokasi di Neglasari, kota Tangerang. Lokasi TPU ini telah diperluas satu bulan lalu, namun hanya 3000 meter saja. Kenaikan angka positif dan kematian akibat Covid membuat lokasi lahan TPU Selapajang hampir penuh. Hal ini membuat Pemerintah Kota Tangerang membuka kembali lahan TPU di tempat lain sebagai alternatif.

Baca juga : Tips Membeli Karangan Bunga Duka Cita - Kamboja

Pemakaman baru yang dikhususkan untuk jenazah Covid-19 berlokasi di Kedawung Wetan, Kota Tangerang. Berdasarkan informasi, lahan pemakaman di TPU Kedawung Wetan memiliki luas 2,8 hektare. Lokasi ini juga telah dipastikan dapat diakses oleh kendaraan roda empat atau mobil jenazah untuk memudahkan akses menuju pemakaman. Sementara ini, TPU Selapajang masih beroperasi untuk memprioritaskan pemakaman jenazah Covid-19. Setelah pemakaman baru di TPU Kedawung Wetan sudah dibuka, TPU Selapajang dapat kembali memakamkan jenazah yang tidak terpapar Covid-19.

 

Pemakaman Jenazah Covid- 19

3. TPU Cikadut

TPU Cikadut sempat menjadi perbincangan dalam beberapa waktu lalu, sebab adanya kasus dugaan pungutan liar (pungli). Namun saat ini kasus tersebut telah selesai ditangani oleh Kepolisian setempat. Perihal terjadinya kasus pungli beberapa waktu lalu, diduga akibat kurangnya petugas lapangan sedangkan kasus pasien meninggal akibat Covid terus meningkat. Kurangnya petugas tersebut membuat warga sekitar ikut menawarkan bantuan. Untuk mengantisipasi kasus serupa, saat ini sudah ada personel polisi dan Satpol PP yang berjaga di TPU Cikadut.

Sejauh ini jumlah ketersediaan lahan pemakaman di TPU Cikadut masih mencukupi. Sampai hari ini luas lahan yang tersedia masih ada sekitar 3 hektare, dengan jumlah makam yang disediakan sekitar 5000 petak. Sisa lahan yang belum terpakai untuk pemakaman jenazah Covid masih bisa digunakan jika sewaktu-waktu lahan yang sudah disediakan penuh. Namun, Pemkot dan petugas pemakaman berharap pandemi ini cepat berakhir agar lahan tersebut tidak digunakan.

Itulah beberapa lokasi TPU yang menjadi tempat pemakaman khusus Covid-19. Sejak awal pandemi, Pemerintah telah menyediakan lahan khusus untuk jenazah yang terpapar Covid. Hal ini dikarenakan penyebaran virus sangat cepat, sehingga dikhawatirkan lokasi pemakaman umum tidak menerima jenazah yang terpapar Covid. Namun, saat ini lahan yang disediakan perlahan semakin berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya kita selalu patuh dengan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi agar pandemi ini cepat berakhir.

Artikel Lainnya

Mengenal Hukum Waris yang Berlaku di Indonesia

7 Tempat Pemakaman Termahal Di Indonesia, Elit dan Bertaraf Internasional

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman