Melihat seseorang yang terkasih untuk terakhir kalinya sebelum ia dimasukkan ke dalam liang lahat memang merupakan momen terberat. Walaupun tulisan karangan bunga duka cita sebagai bentuk belasungkawa telah terpajang di depan rumah almarhum, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa orang tersebut telah pergi.

Ya, akan sangat sulit menghibur keluarga yang almarhum tinggalkan. Namun, ucapan belasungkawa yang tulus akan membuat keluarga almarhum merasa diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa contoh ucapan belasungkawa yang dapat Anda jadikan referensi.

Referensi Tulisan Karangan Bunga Duka Cita

Umumnya, kabar duka akan menumbuhkan rasa simpati, sehingga orang yang ingin mengirimkan ucapan duka akan berusaha menghibur keluarga yang berduka. Dengan perasaan yang demikian, ucapan belasungkawa yang tulus pun akan dapat tersampaikan dengan baik kepada keluarga almarhum.

Namun tak jarang masyarakat sekitar masih merasa kaget akan kepergian seseorang secara tiba-tiba. Sehingga masyarakat kerap kali tak dapat berpikir dengan jernih mengenai apa yang harus mereka lontarkan untuk menghibur keluarga almarhum.

Oleh karena itu, disini Anda dapat melihat beberapa tulisan karangan bunga duka cita yang dapat Anda jadikan referensi.

  1. Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian almarhum terkasih. Semoga ketenangan dan kekuatan dapat terus menyertai keluarga di saat sulit seperti ini.
  2. Semoga dukungan ini mampu mengobati duka yang sangat dalam.
  3. Semoga bunga ini dapat menyampaikan kasih sayang kami kepada almarhum dan keluarga. Turut berduka cita.
  4. Doa tulus kami akan selalu mengiringimu dan keluarga. Semoga dia yang terkasih dapat beristirahat dalam damai.
  5. Semua yang hidup pasti akan menemui akhirnya. Dengan kabar duka ini, kami mengirimkan bunga sebagai ucapan belasungkawa yang mendalam. Kami berharap keluarga mampu menemukan ketenangan hati dan mengikhlaskan kepergian yang tercinta.
  6. Kiranya karangan bunga ini mampu menjadi sedikit penghibur bagi keluarga almarhum. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa selalu memberikan kekuatan bagi keluarga.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips untuk Anda yang ingin memberikan tulisan karangan bunga duka cita. Sebab, karangan bunga duka cita perlu Anda perhatikan baik-baik cara peletakan katanya, dan bunganya tidak boleh yang terlalu mencolok layaknya karangan bunga untuk wisuda. Apa saja tips tersebut?

Tips Memberi Karangan Bunga Duka Cita dengan Sopan

Bagi Anda yang hendak beli karangan bunga bagi keluarga yang sedang berduka, mungkin Anda akan memerlukan tips penting berikut ini.

1. Berikan Karangan Bunga Segar

Tips pertama yang wajib Anda perhatikan adalah kualitas bunga. Pastikan Anda memberi keluarga yang sedang berduka bunga yang masih segar. Sebab, bunga yang segar memiliki aroma yang harum, sehingga akan memberikan sedikit penghiburan kepada keluarga almarhum.

Apabila Anda ingin mendapatkan bunga yang beraroma semerbak, Anda bisa memilih bunga mawar, bunga lily, atau bunga anyelir. Pilihan bunga ini juga cukup populer untuk keluarga pajang di depan rumah duka, sebab didominasi dengan warna putih. Warna putih sendiri berarti murni, damai, dan cinta kasih.

2. Sesuaikan dengan Agama Almarhum

Tips kedua adalah dengan memperhatikan agama almarhum. Memang, memberi keluarga almarhum sebuah tulisan karangan bunga duka cita merupakan hal yang wajar, tetapi ada beberapa agama yang tidak mewajarkan hal ini. Contohnya saja agama Yahudi.

Agama Yahudi menganggap apabila seseorang memberikan tulisan karangan bunga duka cita, itu berarti pemberi telah mematikan kehidupan bunga dari tumbuhan. Oleh karena itu, baiknya Anda mengetahui dengan pasti agama yang keluarga almarhum anut, sehingga takkan terjadi kesalahpahaman.

3. Perhatikan Jarak Kedekatan dengan Almarhum

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan jarak atau jenis kedekatan Anda dengan almarhum atau keluarganya. Sebab, peletakan tulisan karangan bunga duka cita akan disesuaikan dengan hubungan pemberi dengan keluarga almarhum.

Contohnya, keluarga dekat almarhum seperti orang tua, anak-anak, atau saudara, akan meletakkan karangan bunga di tempat yang dekat dengan tubuh almarhum. Sedangkan karangan bunga dari keluarga yang jauh atau teman-teman almarhum, akan diletakkan di sekitar rumah duka atau pemakaman.

4. Sematkan Kartu Ucapan Duka

Terakhir, Anda juga perlu menuliskan ucapan duka pada suatu kartu kecil. Nantinya, kartu tersebut dapat Anda sematkan pada karangan bunga. Dengan demikian, keluarga almarhum akan mengetahui siapa yang memberi karangan bunga tersebut, dan apa hubungan pemberi dengan almarhum.

Jangan lupa pula untuk mengungkapkan rasa peduli Anda terhadap keluarga yang almarhum tinggalkan. Kemudian, akan lebih baik apabila Anda menuliskan rasa duka Anda dengan tulisan tangan.

Setelah mempelajari tips saat memberi karangan bunga duka cita ini, Anda mungkin akan perlu mengetahui cara memilih tulisan karangan bunga duka cita yang baik. Apa yang perlu diperhatikan saat memilih tulisan duka tersebut?

Kiat Memilih Rangkaian Tulisan Duka

Anda perlu tahu bahwa rangkaian tulisan duka harus didesain dengan penuh seksama, sebab Anda wajib memperhatikan estetika dan kualitasnya. Terdapat tiga kiat penting dalam memilih rangkaian bunga duka. Perhatikan ketiga cara tersebut berikut ini.

1. Pilih Jenis Bunga yang Sesuai

Pertama, Anda perlu memperhatikan jenis bunga yang akan dibuat karangan. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bunga yang cocok untuk dibuat karangan adalah bunga yang memiliki dominasi warna putih. Bunga yang memiliki dominasi warna putih adalah krisan, anyelir, lily, dan gladiol.

Anda juga dapat memilih keempat jenis bunga tersebut, dan meminta florist untuk merangkainya secantik mungkin. Sebab variasi bunga yang banyak akan membuat karangan bunga semakin cantik dan semerbak. Namun perlu Anda ketahui, rangkaian bunga seperti itu akan membuat harganya semakin mahal.

Pastikan pula bahwa bunga yang dirangkai merupakan bunga asli. Sebab tak jarang ada florist yang menyelipkan bunga sintetis untuk memangkas biaya.

2. Cermati Kualitas Desain, Model serta Tulisan Karangan Bunga

Selanjutnya, Anda perlu mencermati kualitas desain, model, dan tulisan karangan bunga duka cita itu sendiri. Sebab tidak hanya karangan bunga untuk kepentingan lain saja yang harus cantik, namun bunga untuk menyampaikan belasungkawa juga wajib terlihat estetik.

Tulisan karangan bunga duka cita wajib terlihat simpel dan sederhana, namun tidak boleh asal-asalan dalam pembuatannya. Karangan bunga tersebut disarankan tidak menggunakan ornamen berlebihan, dan wajib menggunakan desain sederhana. Akan tetapi, florist dapat memperbanyak bunga untuk menaikkan nilai estetikanya.

3. Perhatikan Ukuran Papan Bunga Duka Cita

Terakhir, Anda perlu memperhatikan ukuran papan bunga duka cita yang tepat. Caranya adalah dengan menyimak sejumlah opsi ukuran standar yang florist tetapkan. Contohnya, ada papan bunga yang berukuran 1x2 meter, 1,5x2,5 meter, dan ada pula yang berukuran 1,5x3 meter.

Untuk memilih ukuran papan bunga yang tepat, Anda perlu memperhatikan anggaran keuangan Anda. Pastikan harga papan bunga sesuai dengan isi kantong Anda.

Saat berusaha selektif dalam pemilihan ukuran papan bunga duka cita, Anda juga perlu memastikan toko bunga yang akan Anda pesan jasanya. Pilihlah toko yang memiliki reputasi baik, sehingga kualitas karangan bunga pesanan Anda dapat terjamin.

Sudah Paham Tulisan Karangan Bunga Duka Cita yang Baik?

Setelah membaca tulisan di atas, apakah sekarang Anda memahaminya? Meskipun tulisan duka tidak dapat terlihat oleh almarhum, namun arti dari karangan bunga tersebut berharga di mata keluarganya.

Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan karangan bunga duka cita yang akan Anda berikan kepada keluarga almarhum. Pastikan Anda memberikan karangan bunga duka cita terbaik untuk mereka.

Sebagai tambahan, bagi Anda yang membutuhkan jasa pemakaman yang praktis dan terjamin kualitasnya, Anda dapat mengecek layanan on demand service Kamboja. Layanan pemakaman ini memiliki fasilitas lengkap dan terpercaya, mulai dari jasa pengurusan jenazah, konsumsi, hingga pengurusan akta kematian.

Kamboja senantiasa disisi anda dalam menyediakan jasa proteksi pemakaman profesional dalam memberikan dukungan emosional dan perencanaan.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0