Mendapat kabar duka dari teman atau kerabat yang kehilangan orang terdekatnya pasti membuat kita ikut merasakan kesedihan. Berbagai ucapan belasungkawa sudah pasti banyak mereka dengar. Perasaan duka akibat kehilangan seseorang akan membuat perasaan lebih sensitif. Belum tentu ucapan belasungkawa yang kita ucapkan ingin mereka dengar. 

Sebagai orang terdekat, kita harus mengerti bahwa sedih adalah respon normal saat kehilangan seseorang yang berarti. Seseorang yang sedang berduka memang membutuhkan semangat untuk mengurangi rasa sedihnya. Namun, tidak semua ucapan itu pantas diungkapkan pada saat berduka. Agar tidak salah mengucapkan belasungkawa, ada baiknya pikirkan dahulu kata-kata yang ingin diungkapkan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ketika ingin mengucapkan belasungkawa.

 

bagaimana ucapan belasungkawa terbaik

1. Memahami apa yang dirasakan ketika kehilangan seseorang

Kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup pasti sangat menyedihkan. Sebelum memberikan ucapan belasungkawa kepada teman atau kerabat, sebaiknya pahami dahulu apa yang mereka rasakan. Jangan meminta mereka untuk berhenti menangis, apa lagi sampai memintanya untuk tidak bersedih. Ucapan ini justru bisa memperburuk suasana hatinya.

Berikan waktu untuknya supaya bisa menenangkan diri. Jika menangis bisa membuat perasaannya lebih lega, cukup temani dan pahami apa yang mereka rasakan. Lebih baik katakan "Aku turut merasakan kehilangan seperti yang kamu rasakan. Tidak apa-apa jika mau menangis, aku yakin kamu bisa lebih tegar." Lalu biarkan ia menenangkan dirinya sampai merasa lebih stabil.

 

bagaimana ucapan belasungkawa terbaik

2. Tidak bertanya perihal kejadian yang telah terjadi

Saat suasana duka, perasaan seseorang akan cenderung tidak stabil. Jika mereka mendapat pertanyaan tentang kejadian yang sudah berlalu, bisa saja ini akan mengganggu suasana hatinya. Alih-alih mengucapkan belasungkawa, malah mencari tahu penyebab seseorang meninggal adalah tindakan yang salah.

Tidak semua orang mampu mengingat saat-saat tersulit dalam hidupnya. Tak terkecuali saat kehilangan orang tercinta. Bertanya perihal kronologi kejadian bisa membuat seseorang merasa tertekan. Sebaiknya bantu mereka menenangkan diri, cukup ucapkan "aku disini untuk menemani kamu, aku ada jika kamu butuh teman cerita." Bila sudah lebih tenang, biarkan ia bercerita dengan sendirinya jika mau.

bagaimana ucapan belasungkawa terbaik

3. Memberikan dukungan tanpa perlu menasehati

Saat seseorang sedang bersedih, sering kali kita ingin mencoba untuk menghibur mereka. Tak jarang menasehati agar mereka tidak terus bersedih. Namun cara ini kurang tepat jika dilakukan pada saat berduka.

Setiap orang akan berbeda ketika menyikapi rasa kehilangan. Jika menasehati pada saat seperti ini, bisa jadi malah membuat seseorang merasa tersudut dan bersalah. Sebaiknya cukup berikan dukungan seperti "Kamu pasti bisa melewati ini semua. Rasanya memang sulit, tapi masih ada aku jika kamu perlu sesuatu."

bagaimana ucapan belasungkawa terbaik

4. Membantunya tanpa perlu bertanya apa yang dibutuhkan

Menawarkan bantuan kepada seseorang yang sedang bersedih memang tidak ada salahnya. Namun tak jarang seseorang akan menolak atau tidak menjawab ketika ditanya membutuhkan apa. Sebaiknya langsung berikan bantuan yang pasti mereka butuhkan. Misalnya, menemaninya sampai proses pemakaman selesai, atau bantu menyediakan suguhan untuk tamu yang hadir. Jika tidak sempat, bantu keluarganya saat mengurus proses pengajian. Memberikan bantuan seperti ini bisa lebih berarti baginya.

bagaimana ucapan belasungkawa terbaik

5. Memberikan perhatian untuk menghiburnya

Kehilangan orang dicintai memang menjadi situasi paling sulit bagi seseorang. Pengalaman ini bisa saja membuat seseorang berubah karena membutuhkan waktu untuk terbiasa. Jangan berkata jika sikapnya berubah dan memaksanya untuk baik-baik saja. Ucapan ini justru akan melukainya. Sebaiknya pahami situasi yang menimpanya, kejadian itu tidaklah mudah. Jika ia butuh waktu menyendiri, cukup berikan perhatian seperti mengirimkan makanan atau vitamin supaya kesehatannya tetap terjaga. Dengan begitu, ia merasa tidak benar-benar sendirian karena masih ada yang memperhatikan.

Nah cara-cara tersebut bisa menjadi solusi saat ingin mengucapkan belasungkawa yang baik. Selalu perhatikan sekitar dan berpikir sebelum berbicara. Melalui hal kecil kita bisa membantu orang lain atau justru melukainya.

Sebagai informasi, Kamboja menawarkan berbagai layanan mulai pengurusan pemakaman, pengurusan pihak ketiga, serta santunan untuk keluarga. Semua proses tersebut bisa Anda dapatkan tanpa memerlukan waktu lama.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman